Daftar Rider yang Muncul dalam Serial Kamen Rider Ryuki



Kamen rider Ryuki adalah serial kamen rider ketiga era Heisei yang tayang pada tahun 2002 hingga 2003 di TV Asahi. Berbeda dengan kamen rider lainnya, kamen rider Ryuki mengusung tema Battle Royal atau pertarungan antar rider untuk mewujudkan tujuan mereka masing-masing. Selain itu, para rider dalam serial ini juga harus bertarung melawan monster cermin untuk bertahan hidup.

Nah, kali ini saya pengen membagikan daftar rider yang muncul dalam serial Ryuki. Langsung saja yuk kita lihat bersama daftarnya.

1. Kamen Rider Ryuki


Shinji Kido adalah tokoh utama dalam serial kamen rider Ryuki. Dia merupakan seorang jurnalis magang yang bekerja di ORE Journal. Dia juga memiliki sikap yang sangat baik, tetapi juga naif dan gampang ditipu oleh orang lain. Shinji berubah menjadi kamen rider Ryuki setelah menemukan deck misterius di sebuah apartemen dan membuat kontrak dengan monster cermin naga, Drageder.

Berbeda dengan kamen rider lain, Sanji tidak bertarung untuk mewujudkan keinginannya. Ia bertarung untuk menghentikan pertempuran antar rider yang menurutnya tidak ada gunanya. Selama pertempuran antar rider, dia sempat berhadapan dengan karakter kuat, seperti Ouja. Shinji juga memiliki gaya bertarung yang asal-asalan. Akan tetapi, dia termasuk petarung seimbang dalam pertarungan jarak dekat maupun menengah. Selain itu, senjata-senjata yang dia gunakan juga berelemen api efek monster kontraknya. Untuk menggunakan Advent Card dalam pertarungan, kamen rider Ryuki menggunakan Drag Visor yang berada di tangan kirinya berbentuk kepala naga.

Yang khas dari kamen rider Ryuki adalah serangan finalnya yang bernama “Dragon Kick”. Pertama-tama dia membuat ancang-ancang lalu melompat ke udara dan memusatkan kekuatan pada kakinya dan Dragreder mengelilinginya. Setelah itu, Drageder mendorong Ryuki dengan nafas apinya ke arah target dengan seranan super kuat. Kamen rider Ryuki juga merupakan rider yang bisa berubah dalam mode survive dalam cerita ini.

2. Kamen Rider Knight


Ren Akiyama adalah salah satu karakter protagonis dalam cerita kamen rider Ryuki. Dia berubah menjadi kamen rider Knight untuk menyelamatkan kekasihnya yang bernama Eri Ogawa yang sedang koma di rumah sakit. Eri mengalami koma yang panjang dan juga misterius setelah diserang oleh monster cermin Darkwing. Ironisnya, Ren kemudian membuat kontrak dengan monster tersebut dan mengikuti pertempuran antar rider demi kekasihnya.

Kamen rider Kniht termasuk rider yang tangguh. Dia sempat berhadapan dengan beberapa karakter kuat, seperti Ouja dan Zolda. Selain itu, dia juga merupakan rider yang bisa bertahan sampai akhir. Untuk menggunakan Advent Card, kamen rider Knight menggunakan Dark Visor yang berupa pedang berjenis rappier yang biasa dia gunakan untuk bertarung.

Serangan final kamen rider Knight adalah Flying Lancer dengan mengkombinasikan Wing Lancer dan juga monster Darkwing. Untuk melancarkan serangan ini kamen rider Knight melompat ke udara terlebih dahulu kemudian memusatkan senjata Wing Lancer sejajar dengan kakinya kemudian ia berputar dengan sangat cepat seperti mesin bor ke arah targetnya. Kamen rider Knight juga termasuk rider yang bisa menggunakan mode survive dalam cerita Ryuki.

3. Kamen Rider Scissor


Kamen rider Scissor adalah rider ketiga yang muncul dalam serial kamen rider Ryuki. Masashi Sudo adalah seorang detektif polisi yang licik da menggunakan jabatannya untuk menutupi aktivitas ilegal. Untuk menjalankan aksinya, dia juga bekerja sama dengan pemilik toko antik bernama Tomoyuki Kaga. Karena terjadi perbedaan pendapat masalah uang, Masashi memutuskan untuk membunuh Tomoyaki dan pada saat itu Kanzaki Shiro menawarinya sebuah deck dan membuat kontrak dengan monster Volcancer sehinga ia berubah menjadi kamen rider Scissor.

Kamen rider Scissor menggunakan Scisssors Visor yang berbentuk seperti cakar untuk mengaktifkan Advent Card. Dia juga menggunakan Visor tersebut sebagai senjata. Serangan finalnya adalah Scissors Attack, monsternya melemparkan kamen rider Scissor ke udara dengan senjata cakarnya kemudian dia berputar-putar seperti bola sebelum menghantam lawan. Tragisnya, kamen rider Scissor hanya muncul sebentar dan dia dikalahkan oleh kamen rider Knight.

4. Kamen Rider Zolda


Suichi Kitaoka adala seorang pengacara ternama dalam serial kamen rider Ryuki. Dia bersedia menerima tawaran dari Kanzaki Shiro untuk berubah menjadi kamen rider Zolda karena dia ingin menyembuhkan penyakit kanker yang dideritanya. Selain itu, dia juga ingin hidup abadi dan menikmati kehidupannya yang serba mewah. Akan tetapi, Kitaoka juga sering mengalami pusing dan juga jatuh pingsan pada situasi tertentu.

Kamen rider Zolda merupakan rider petarung jarak jauh. Selain itu, kamen rider Zolda juga sangat pintar mengatur strategi dan memanfaatkan Advent Card miliknya semaksimal mungkin dalam pertarungan. Kebanyakan serangannya memberikan dampak kerusakan yang besar karena rata-rata dia menggunakan senjata berat, seperti bazooka. Untuk menggunakan Advent Card, kamen rider Zolda menggunakan Magna Visor yang berupa pistol mesin yang juga berfungsi sebagai senjata utama.

Kamen rider Zolda memiliki serangan final yang bernama End of World. Ketika hendak melancarkan serangannya, monster kontraknya Magnugiga muncul di hadapannya kemudian dia memasukkan Magna Visor tepat di belakang monster itu. Sekali Zolda menarik pelatuknya, Magnugiga akan mengeluarkan peluru bertubi-tubi yang mampu menghancurkan target sekaligus lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: 10 Tertiarry Rider Era Heisei Terkeren

5. Kamen Rider Ouja


Takeshi Asakura adalah seorang kriminal yang dipenjara karena dia pernah menghabisi nyawa orang lain. Dia juga memiliki kepribadian yang sangat sadis dan tidak pernah punya empati terhadap orang lain. Dia menerima tawaran menjadi kamen rider Ouja agar dia bisa keluar dari penjara. Namun, dia pun akhirnya menjadikan pertarungan antar rider sebagai ajang untuk bersenang-senang. Jika Asakura memenangkan pertempuran rider, dia malah berniat menghidupkan kembali para rider dan memulai pertarungan dari awal.

Dalam cerita ini, kamen rider Ouja bertarung dengan sangat brutal. Dia juga telah berhasil mengalahkan beberapa rider, seperti kamen rider Gai, kamen rider Raia, dan juga kamen rider Imperer. Untuk mengaktifkan Advent Card miliknya, Ouja menggunakan Veno Visor yang berbentuk seperti tongkat berkepala kobra. Serangan akhir milik Ouja juga hampir mirip dengan milik Ryuki. Bedanya, ular milik Ouja mengeluarkan racun,

Yang unik lagi dari kamen rider Ouja adalah dia juga memiliki tiga monster kontrak. Setelah kamen rider Gai dan Raia dikalahkan Ouja, monster kontrak mereka Metalgelas dan Evildiver menyerangnya. Namun, Ouja pun memutuskan untuk membuat kontrak dengan monster tersebut. Ouja juga memiliki monster baru yang merupakan gabungan dari tiga monster kontraknya yang bernama Genocider.

6. Kamen Rider Gai


Jun Shibaura adalah seorang mahasiswa tahun ketiga di universitas Meirin yang sangat berpengalaman dalam bidang komputer dan pemrograman. Dia memiliki sikap yang arogan dan kurang menghargai orang lain. Jun mengikuti pertempuran rider dan berubah menjadi kamen rider Gai hanya untuk bersenang-senang seperti bermain game. Tujuannya adalah menjadi pemenang dalam pertarungan ini.

Sebenarnya, kamen rider Gai termasuk rider yang cukup tangguh dalam serial Ryuki. Ketika bertarung melawan Ryuki, dia sempat membuat Shinji kewalahan. Kamen rider Gai menggunakan Metal Visor yang terletak di bahu kirinya. Dia juga memiliki serangan final bernama Heavy Pressure dengan menggunakan senjata Metal Horn dan bantuan dari monster kontraknya Metalgelas. Sayangnya, kamen rider Gai dikalahkan oleh kamen rider Ouja pada pertempuran rider yang melibatkan Ryuki, Knight, dan Zolda.

7. Kamen Rider Raia


Miyuki Tezuka adalah seorang peramal yang percaya dengan masa depan. Dia bertarung menjadi kamen rider Raia untuk menghentikan pertempuran para rider, sama seperti Shinji. Namun, dia bukan orang yang pertama menjadi kamen rider Raia. Dia bertarung untuk menggantikan temannya yang bernama Yuichi, seorang pianis yang telah dimakan oleh monster cermin bernama GuidThunder. Untuk membalaskan kematiannya, dia pun membuat kontrak dengan Evildiver dan berubah menjadi kamen rider Raia.

Kamen rider Raia memiliki Visor yang bernama Evil Visor berbentuk tameng di tangan kirinya. Selain itu, dia juga memiliki Advent Card khusus yang dapat digunakan untuk meng-copy senjata lawan. Serangan finalnya yang bernama Hide Venom cukup simple. Raia hanya perlu menunggangi monster kontraknya dan menabrak musuhnya. Raia juga sempat ditawari Survive Card oleh Kenzaki, tetapi dia menolak dan lebih memilih memberikannya kepada kamen rider Knight.

Tragisnya, kamen rider Raia mati setelah mendapat serangan mematikan dari kamen rider Ouja untuk melindungi kamen rider Ryuki. Dalam ramalannya, yang seharusnya mati adalah Shinji setelah mendapat serangan Ouja, tetapi dia pun mematahkan ramalannya sendiri. Raia melakukan itu karena dengan itu dia mungkin bisa mengubah masa depan.

8. Kamen Rider Tiger


Satoru Tojo adalah seorang pemuda yang memiliki respek yang sangat tinggi terhadap gurunya yang bernama Hideyuki Kagawa. Gurunya selalu mengajarkan Satoru mengenai definisi pahlawan yang membuat Satoru terobsesi untuk menjadi pahlawan. Menurut Kagawa, seorang pahlawan seharusnya mengorbakan satu nyawa untuk menyelamatkan jutaan nyawa. Hal itu kemudian disalahartiken oleh Satoru yang membuat nyawa Kagawa melayang.

Sebagai kamen rider Tiger, Satoru merupakan petarung yang cukup amatir. Dia tidak bisa dibandingkan dengan Asakura maupun rider yang lain. Kamen rider Tiger tidak terlalu berbakat dalam pertarungan satu lawan satu atau pertarungan yang fair. Dalam bertarung, Tiger menggunakan Visor bernama Dest Visor, yakni kapak yang dia gunakan sebagai senjata utama. Serangan finalnya bernama Crystal Break. Ketika menggunakan serangan itu, monster kontraknya yang bernama Destwilder menyeret musuh dan membawanya ke arah Tiger yang sudah siap dengan senjata Dest Claws miliknya.

Dalam cerita ini, Satoru tewas ketika dia menyelamatkan seorang anak kecil yang hendak tertabrak mobil. Di akhir hayatnya, dia pun masih mencari makna menjadi pahlawan yang sesungguhnya. Ironisnya, pada surat kabar keesokan hari, Satori disebut sebagai pahlawan karena telah menyelamatkan nyawa orang lain.

Baca juga: 10 Villain Kamen Rider yang Paling Cantik

9. Kamen Rider Imperer


Mitsuru Sano adalah seorang petugas parkir dan juga bekerja sebagai tukang bersih-bersih. Ia sebenarnya berasal dari keluarga kaya, tetapi ayahnya mengirimnya ke dunia yang kejam agar dia tahu kerasnya kehidupan. Namun, Sano baru mengetahui kenyataan itu setelah dia menjadi kamen rider Imperer. Sano bersedia mengikuti pertempuran rider karena dia ingin kekayaan. Dia juga berusaha untuk menjalin kerja sama dengan rider lain demi mendapatkan uang tambahan.

Sebagai kamen rider Imperer, Sano terbilang cukup kuat. Dia memiliki gaya bertarung seperti Muay Thai dengan menggunakan kakinya yang telah ditingkatkan menggunakan Gazelle Visor. Dia memiliki kontrak dengan monster Gigazelle. Uniknya, monster yang mengikutinya ada banyak. Dia mampu mengendalikan berbagi monster tipe Gazelle.

Kamen rider Imperer kemudian diserang habis-habisan oleh kamen rider Tiger. Sudah jatuh ketimpa tangga, ia juga diserang habis-habisan oleh kamen rider Ouja. Tragisnya, dia meninggal di dunia cermin dan dia hanya bisa melihat kekasihnya dari balik cermin tanpa bisa menepati janjinya.

10. Kamen Rider Odin


Kamen rider Odin merupakan musuh terakhir dalam serial kamen rider Ryuki. Kamen rider ini merupakan representasi dari Kanzai Shiro yang memiliki kekuatan luar biasa, kemampuan teleportasi selama pertempuran, dan juga Advent Card mematikan seperti Time Vent dan juga Survive Mugen. Selain itu, kamen rider Odin juga memiliki monster kontrak Goldphoenix yang memiliki serangan tingkat tinggi dibandingkan monster lain.

Dalam cerita Ryuki, kamen rider Odin dikalahkan oleh kamen rider Knight di akhir cerita. Meskipun demikian, kamen rider Knight sempat mengalami kekalahan berkali-kali karena kekuatan Odin. Setelah kamen rider Odin dikalahkan, Kanzaki Shiro pun mengabulkan keinginan Ren untuk membangkitkan kekasihnya dari koma. Selain itu, dia juga mereset ulang dunia para rider sehingga para rider yang telah meninggal bisa hidup kembali.

11. Kamen Rider Verde


Kamen rider ini tidak muncul dalam series utama Ryuki. Kamen rider Verde muncul dalam acara TV spesial 13 Riders. Sosok dari kamen rider ini adalah seorang pebisnis yang bernama Itsuro Takamizawa sekaligus kepala dari grup Takamizawa. Itsuro menerima tawaran Kenzaki untuk menjadi rider karena dia ingin menyembunyikan sisi jahatnya untuk menjaga potretnya. Selain itu, dia juga ingin mendapatkan kekuatan lebih dan menguasai dunia.

Dalam TV spesial ini, kamen rider Verde berhasil mengalahkan kamen rider Raia. Selain itu, dia juga sempat memberikan luka yang serius terhadap kamen rider Knight. Kamen rider Verde juga cenderung menyerang musuhnya ketika musuhnya sedang lengah. Verde memiliki Visor yang bernama Bio Viser yang terletak di area paha. Selain itu, dia juga memiliki senjata unik, yaitu Yo-Yo. Kemampuannya yang lain adalah dia bisa menghilang seperti halnya bunglon. Monster kontrak Verde adalah Biogrezza.

12. Kamen Rider Femme


Kamen rider Femme adalah satu-satunya rider perempuan dalam cerita ini. Sosok di balik kamen rider ini adalah perempuan cantik bernama Miho Kirishima. Dia bersedia menjadi kamen rider Femme untuk membalaskan dendam kakaknya yang telah dibunuh oleh Asakura Takeshi. Selain itu, dia juga ingin menghidupkan kakaknya kembali. Kamen rider Femme hanya muncul pada movie spesial Episode Final.

Dibandingkan rider yang lain, kamen rider Femme tidaklah terlalu kuat. Dia memiliki Visor bernama Blanc Visor yang berupa pedang rapier. Kamen rider Femme biasa menggunakan Visor tersebut sebagai senjata utama. Selai itu, Femme juga memiliki monster kontrak yang bernama Blancwing. Di akhir cerita, kamen rider Femme memang berhasil mengalahkan kamen rider Ouja yang telah melemah karena dihajar habis-habisan oleh Ryuga. Namun, Femme pun kemudian tewas kehabisan tenaga setelah bertarung hebat melawan Ryuga.

Baca juga: 10 Female Rider Heisei yang Paling Keren

13. Kamen Rider Ryuga


Kamen rider Ryuga adalah kamen rider kegelapan sekaligus sosok lain dari Shinji di dunia cermin. Shinji versi dunia cermin ini tidak bisa tinggal di dunia nyata. Dia hanya bisa bertahan di dunia nyata selama beberapa waktu sebelum kekuatannya memudar. Dalam film Ryuki Episode Final, Ryuga pun telah mengalahkan beberapa kamen rider, seperti Ouja dan Femme. Dia juga sempat merasuki Shinji dan bertarung melawan kamen rider Knight. Akan tetapi, pada akhirnya Ryuga bisa dikalahkan oleh Ryuki.

Dalam bertarung, kekuatan Ryuga kurang lebih hampir mirip dengan Ryuki. Hanya saja kamen rider Ryuga lebih tenang dalam bertarung dan dia juga sangat kuat. Kamen rider Ouja yang terkenal ganas sampai dibuat babak belur oleh Ryuga. Selain itu, Ryuga juga memiliki monster kontrak bernama Dragblacker, monster naga hitam yang mirip dengan naga milik Ryuki. Serangan finalnya pun hampir sama yang dinamakan Dragon Rider Kick. Bedanya, naga milik Ryuga mengeluarkan api hitam kebiru-biruan.

Other Rider
14. Kamen Rider Alternative Zero


Hideyuki Kagawa adalah identitas ali dari kamen rider Alternative Zero. Kagawa adalah seorang ilmuwan yang tertarik untuk meneliti dunia cermin dan juga kamen rider ciptaan Kenzaki Shiro. Dia pun bekerja sama dengan Satou dan Hajime untuk menciptakan sebuah duplikasi dari rider ciptaan Kenzaki Shiro. Dia pun berhasil menciptakan kamen rider Alternative.

Kagawa sendiri berubah menjadi kamen rider Alternative Zero yang merupakan prototype dari kamen rider Alternative. Uniknya, dia bisa memasuki dunia cermin dan sempat terlibat pertempuran dengan rider lain. Dia juga dapat menggunakan senjata, seperti Slash Dagger dan secara misterius, Alternative Zero juga memiliki monster kontrak yaitu monster Psycoroader yang juga bisa bertransformasi menjadi motornya. Sayangnya, Kagawa dibunuh oleh Satoru dalam cerita ini.

15. Kamen Rider Alternative


Hajime Nakamura adalah salah satu bawahan Prof. Ejima di Lab 401. Suatu hari ketika ia sakit, Kanzaki dan Ejima memulai eksperimen. Setelah menyadari apa terjadi, Namamura pun tidak memaafkan Kanzaki dan juga adiknya. Beberapa waktu kemudian, Nakamura bergabung dengan Kagawa untuk menghentikan perang rider sebagai kamen rider Alternative. Dia juga ingin membalaskan dengan Kagawa karena Satoru telah membunuhnya.

Nakamura akhirnya bisa berubah menjadi Alternative dalam bentuk yang sudah komplit. Penampilan antara kamen rider Alternative dan Alternative Zero kurang lebih hampir mirip. Selain itu, kemampuannya juga kurang lebih sama. Sebagai kamen rider Alternative, Nakamura dapat menggunakan senjata Slash Dagger dan memerintah monster Psycoroader. Ironisnya, kamen rider Alternative juga dikalahkan telak oleh kamen rider Tiger.

16. Kamen Rider Abyss


Kamen rider Abyss bukanlah kamen rider yang asli dari serial kamen rider Ryuki. Kamen rider ini merupakan kamen rider yang muncul dalam serial kamen rider Decade sebagai musuh utama. Sosok dibalik kamen rider ini adalah editor dari Atashi Journal yang bernama Kamata yang merupkaan Paradoxa Undead, monster Undead dengan kategori King.

Kamen rider Abyss memiliki kontrak dengan dua monster cermin yang bernama Abyssshammer dan Abyssslasher. Dia menggunakan Abyss Visor berbentuk kepala hiu di tangan kirinya untuk mengaktifkan Advent Card. Kamen rider Abyss dapat dikatakan sebagai rider yang tangguh. Ketika menggunakan Final Vent, kamen rider Abyss mampu menggabungkan dua monsternya hingga membentuk monster baru bernama Abyssodon. Namun, dia dihancurkan oleh kamen rider Decade. 

***
Nah, mungkin itu saja ya daftar kamen rider yang muncul dalam serial Ryuki. Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga menghibur dan menambah wawasan sobat sekalian ya. Thanks atas kunjungannya.

Baca juga: 17 Metal Heroes Jepang dari Masa ke Masa


EmoticonEmoticon