10 Tertiary Rider Era Heishei Terkeren


Halo gaes. Pada kesempatan ini saya ingin membahas tertiary rider atau rider ketiga yang muncul dalam series kamen rider. Kehadiran kamen rider ini seringkali menambah keseruan cerita. Mereka kadang berperan sebagai karakter anti hero dan melawan rider utama, namun pada akhirnya mereka membantu rider utama untuk mengalahkan monster terkuat di akhir series.

Memang, tidak semua series kamen rider menghadirkan sosok rider ketiga ini. Nah, saya sudah memiliki daftar tertiary rider paling keren. Siapa sajakah mereka? Langsung saja kuy kita bahas bareng-bareng.

1. Kamen Rider Grease


Grease adalah kamen rider yang muncul dalam series kamen rider Build. Orang yang menjadi kamen rider ini adalah Kazumin Sawatari, salah satu penduduk Hokuto sekaligus pemimpin dari Hokuto Three Crows. Pada awal kemunculannya, dia dengan motif politik merupakan musuh kamen rider Build dan Cross-Z. Dia menyerang Touto dan mencoba mencuri Fullbottle di sana.

Berbeda dengan kamen rider Build, Grease menggunakan Sclash Driver untuk berubah. Kazumin memasukkan botol Robot Sclashjelly ke dalam botol tersebut dan berubah menjadi kamen rider Grease. Dia pun juga lumayan kuat dan mampu mengimbangi kekuatan kamen rider Cross-Z dalam pertarungan. Ia pun juga memiliki tendangan yang sangat kuat sebagai serangan akhir. Serangan Grease secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu Sclash Driver finisher dan Twin Breaker finisher.

2. Kamen Rider Chalice


Kamen rider Chalice adalah villain utama yang dilawan oleh kamen rider Blade sekaligus rider ketiga yang muncul dalam series ini. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Hajime Aikawa. Hajima merupakan Undead yang menyamar menjadi manusia. Identitas asli dia adalah Joker yang merupakan Undead terkuat.

Meskipun demikian, Chalice kadang-kadang bertarung melawan Undead dan para rider tergantung situasi dan kondisi. Alasan dia bertarung juga untuk melindungi seorang anak kecil yang bernama Amane-chan. Motif desain utama dari kamen rider ini adalah Heart dan Belalang dan berwarna dasar hitam. Desain dari kamen rider ini menurut saya keren dan elegan. Senjata utama yang dia gunakan dalam bertarung adalah sebuah alat panah yang bernama Chalice Arrow.

3. Kamen Rider Zolda


Kamen rider Zolda adalah kamen rider yang muncul dalam series kamen rider Ryuki. Orang yang menjadi kamen rider ini adalah Shuichi Kitaoka, seorang pengacara yang memiliki sakit kronis dan tidak dapat disembuhkan. Alasan utama dia menjadi seorang rider adalah untuk menyembuhkan penyakitnya. Meskipun dia adalah rider yang muncul di urutan keempat setelah Ryuki, Knight, dan Scissor, namun Zolda memiliki porsi yang cukup besar dalam setiap cerita. Hal itulah yang membuat dia pantas disebut sebagai tertiary rider dalam serial ini.

Kitaoka berubah menjadi kamen rider Zolda dengan menggunakan Advent Deck dan V-Buckle yang juga digunakan sebagai alat untuk membuat kontrak dengan monsternya, Magnuniga. Senjatanya bernama Magna Visor yang berupa pistol mesin. Skill utama dari kamen rider ini adalah menembak. Di samping itu, kamen rider Zolda juga sering menggunakan senjata berat, contohnya Baazoka.

4. Kamen Rider Delta


Delta merupakan kamen rider ketiga yang muncul dalam serial kamen rider Faiz. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Shuji Mihara, salah satu mantan alumni Ryusei School yang pernah terlibat konlflik dengan Orpnoch. Shuji berubah menjadi kamen rider Delta dengan menggunakan beberapa perlengkapan seperti Delta Driver dan Delta Phone.

Kamen rider Delta memiliki warna desain utama hitam dan putih. Ia juga menggunakan senjata utama berupa Delta Blaster setelah menggabungkan Delta Phone dengan Delta Mover. Dibandingkan dengan kamen rider Faiz dan Kaixa, kamen rider Delta memiliki kekuatan dan kecepatan yang lebih baik. Sayangnya, persenjataan kamen rider ini tidak terlalu banyak.

5. Kamen Rider Ryugen


Ryugen adalah salah satu kamen rider yang muncul dalam series kamen rider Gaim. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Mitsuzane Kuresime, salah satu anggota grup dancer di kota Zawame. Pada mulanya, Mitzusane adalah teman baik Kouta, kamen rider Gaim. Namun, lambat laun dia berubah menjadi musuh karena memiliki sikap iri dan juga dibutakan oleh cinta.

Kamen rider Ryugen memiliki desain motif Naga China dan pasukan perang China. Untuk bertarung, Ryugen menggunakan tiga Lockseed utama, yaitu Budo, Kiwi, dan Yomotsuheguru. Dia menggunakan  beragam senjata sesuai dengan Lockseed dan armornya, namun dia lebih sering menggunakan armor Budo dan menggunakan senjata Budou Ryuhou, berupa pistol yang berfungsi untuk serangan jarak jauh. Salah satu finishing terbaiknya adalah Dragon Shoot.

6. Kamen Rider Woz


Kamen rider Woz adalah kamen rider ketiga yang muncul dalam serial kamen rider Zi-O. Sama seperti namanya, orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Woz, karakter yang berasal dari masa depan. Woz sendiri ada dua karakter dalam serial ini, yaitu Black Woz yang berniat melindungi Sougo, dan White Woz yang berpihak pada Geiz. Mereka dapat berubah menjadi kamen rider Woz dengan menggunakan Woz Miridewatch.

Berbeda dengan kamen rider Zi-O dan Geiz, kamen rider Woz menggunakan kekuatan para rider masa depan, seperti kamen rider Shinobi, Kikai, Quiz, dan yang terbaru adalah kamen rider Ginga. Selain itu, Woz juga menggunakan senjata seperti sabit yang biasa digunakan untuk menyerang para another rider. Dia juga memiliki serangan finisher yang kuat, yaitu Time Explosion. Teknik ini membuatnya mampu megirimkan sejumlah energi hijau dari dirinya ke arah musuh, kemudian menyerangnya dengan tendangan bak tornado.

7. Kamen Rider Necrom


Kamen rider Necrom adalah kamen rider ketiga yang muncul dalam serial kamen rider Ghost. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Alain, pangeran Gamma yang memiliki misi tertentu di dunia manusia. Pada awal kemunculannya, dia merupakan karakter antagonis dan sering melawan Takeru, kamen rider Ghost. Lambat laun, dia perlahan menjadi baik setelah tersentuh dengan kebaikan nenek-nenek yang suka memberinya takoyaki.

Kamen rider Necrom memiliki kacamata yang bervariasi dan membuatnya mampu melihat arah 360o. Selain itu, dia juga memiliki tanduk yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan musuh sejauh 8 km. Dalam bertarung, Necrom memiliki dua form utama, yaitu Grimm Damashii dan Sanzo Damashii,

8. Kamen Rider Sneip



Sneip adalah tertiary rider yang ada dalam kamen rider Ex-Aid. Orang yang menjadi kamen rider ini adalah Taiga Hanaya, seorang doktor muda di bidang Radiologi rumah sakit Seito University. Sayangnya, ia kehilangan lisensi kedokterannya setelah gagal menyelamatkan seorang pasien. Pada insiden Zero Day, dia berhadapan dengan Graphyte, meskipun pada waktu itu kekuatannya belum cukup untuk mengalahkan Graphyte.

Taiga berubah menjadi kamen rider dengan cara memasukkan Bang Bang Shooting Gashat ke dalam Gamer Driver. Ketika berada di level satu, dia dapat memberantas infeksi Bugster pada pasien dan mengekstrak virus tersebut dari tubuh pasien. Shooting Gamer 2 adalah form utama kamen rider Sneip. Form ini didasarkan pada game FPS (first-person-shooter). Kamen rider ini memiliki beberapa serangan akhir yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu Kimezawa Slot Holder finisher dan Gashacon Magnum finisher.

9. Kamen Rider Gills


Gills merupakan kamen rider ketiga yang muncul dalam serial kamen rider Agito. Kamen rider ini bertarung dengan sangat brutal dan beringas melawan para monster Unknown. Gills juga memiliki dua buah tanduk yang ada di kepalanya. Ryo Ashihara adalah orang yang berubah menjadi kamen rider ini. Dia merupakan atlet renang yang mengalami kecelakaan dan dia mengalami hal-hal aneh pasca kecelakaan tersebut.

Gills memiliki kekuatan fisik yang kuat dan mungkin dapat menandingi Agito dalam pertarungan satu lawan satu. Ia juga memiliki senjata biologi yang berupa Gills Claw atau cakar yang digunakan untuk menyerang lawannya. Dia juga menggunakan serangan akhir berupa tendangan yang kuat dan mampu membunuh monster Unknown.

10. Kamen Rider Chaser


Chaser adalah kamen rider ketiga yang muncul dalam serial kamen rider Drive. Dia adalah prototype kamen rider Drive yang gagal dan hilang ingatan setelah insiden Global Freeze. Kemudian, dia berubah menjadi Mashin Casher yang bertugas melawan para kamen rider yang telah membunuh para Roidmude. Sosok dari Chaser sendiri sangat dingin, kaku seperti robot, dan sangat kental dengan aroma pembunuhan.

Untungnya, Chaser sadar dengan kenyataan yang sesungguhnya. Ia pun terlahir kembali menjadi kamen rider Chaser dan kembali berpihak pada kamen rider Drive. Ia pun melawan para Roidmude yang membahayakan keberadaan manusia. Senjata yang dia gunakan dalam bertarung adalah Shingou-Ax, kapak yang sangat canggih. Tidak hanya itu, dia juga melengkapi persenjataannya dengan senjata tembak bernama Break Gunner di lengannya.

*****
Nah, barangkali itu saja teman-teman beberapa tertiary rider yang muncul dalam serial kamen rider era Heishei. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan. Saya harap, semoga artikel ini menghibur teman-teman sekalian. Thanks.


EmoticonEmoticon