24 Nama-Nama Pedang Hebat yang Muncul di One Piece



source: hdwallpaperim.com

Selamat malam gaes. Jumpa lagi bersama saya di blog MogiMogy ini. Pada kesempatan kali ini, saya pengen mengulas mengenai pedang-pedang kuat yang telah muncul dalam anime One Piece. Pedang adalah salah satu senjata untuk pertempuran yang bersifat seperti pisau tajam yang panjang dan terbuat dari metal atau baja yang kuat.

Dalam cerita One Piece, pedang merupakan senjata utama khususnya bagi seorang master atau pendekar pedang. Jenis pedang yang muncul dalam serial ini pun ada berbagai macam, seperti katana atau pedang samurai, pedang tipe saber, pedang kukiri, dan lain-lain. Namun, terdapat pula pedang yang memiliki kualitas yang sangat tinggi dan sudah terkenal yang disebut sebagai Meito. Pedang tipe ini pun memiliki berbagai tingkatan atau klasifikasi, yaitu Saijo O Wazamono (Supreme Grade Sword), O Wazamono (Great Grade Sword), Ryo Wazamono (Skillful Grade Sword), dan Wazamono (Grade Sword).

Nah, itu tadi sebagai pengantar saja gaes. Langsung saja yuk kita masuk inti pembahasan

1. Yoru


Yoru adalah salah satu pedang hitam atau Kokuto yang termasuk ke dalam klasifikasi Saijo O Wazamono. Pedang ini dimiliki oleh pendekar pedang terbaik di dunia One Piece, Dracule Mihawk. Penamaan pedang ini juga diambil dari dari istilah dalam bahasa Jepang yang berarti malam, sesuai dengan warna hitam pada pedang ini.

Panjang dari pedang ini adalah sekitar 2,20 meter dan memiliki ornamen permata hijau pada batang silang atau crossguard dan pangkal pedang. Selain itu, pedang ini juga memiliki gagang pedang yang cukup panjang. Kekuatan dari pedang ini tidak perlu kita ragukan. Didukung dengan keterampilan berpedang Mihawk, pedang ini mampu membelah sebuah kapal Galeon dengan mudah dan juga mampu menebas apapun.

2. Gryphon


Gryphon adalah pedang salah satu Yonkou, yaitu Akagami no Shanks. Pedang ini adalah pedang saber dan belum diketauhi tingkat klasifikasinya. Namun, pedang ini diasumsikan memiliki kualitas yang sangat tinggi dan setingkat dengan Meito terkenal di dunia. Shanks kemungkinan memilih menggunakan pedang ini untuk menyesuaikan dengan gaya bertarungnya.

Dengan pedang ini, Shanks mampu mengimbangi serangan Sirohige. Efek dari konfrontasi mereka adalah terbelahnya langit saking dahsyatnya kekuatan kedua orang tersebut. Dalam kesempatan yang lain, pedang ini juga mampu menahan serangan magma Akainu yang terbilang brutal. Sekadar informasi juga, nama pedang ini mungkin terinspirasi dari salah satu makhluk mitologi dunia yaitu makhluk yang berkepala dan bersayap rajawali, tetapi memiliki tubuh singa.

3. Shusui


Shusui adalah pedang hitam atau kokuto yang merupakan pedang milik samurai legendaris, Ryuma. Pedang ini juga termasuk salah satu Meito kelas O Wazamono. Disebutkan bahwa Shusui adalah harta karun Wano yang telah dicuri, kemungkinan pencuri itu adalah Moria dan kawan-kawan. Saat ini, Shusui dipegang oleh Zoro. Ia mendapatkan pedang itu pasca pertarungannya melawan zombie Ryuma di Thriller Bark.

Pedang Shusui cukup berat dan tebal dibandingkan dengan pedang Zoro yang lain. Pedang ini juga kuat dan memiliki daya rusak yang tinggi. Batang silang pada pedang ini juga cukup unik, yaitu berbentuk seperti bunga, serta bagian sisi pedang memiliki desain merah yang mengilat. Sama seperti pedang yang lain, nama dari pedang ini juga memiliki arti yang sedikit puitis “Autumn Water” atau air musim gugur jika diterjemahkan secara harfiah.

Dalam arc Wano juga dijelaskan bahwa pedang ini pada awalnya bukanlah pedang hitam. Namun, pedang ini berubah menjadi hitam setelah melewati berbagai pertarungan. Kemungkinan besar, penghitaman ini adalah imbas dari penggunaan bushosoku no haki dari sang pengguna pedang tersebut, yaitu Ryuma.

4. Shodai Kitetsu



Shodai Kitetsu adalah pedang kitetsu pertama yang terkenal karena disebut sebagai pedang terkutuk. Secara etimologi, kitetsu dapat diartikan sebagai “demon piercer” atau penusuk iblis. Pedang ini merupakan pedang yang termasuk salah satu Meito kelas Saijo O Wazamono. Asal usul kutukan dari pedang ini masih belum dijelaskan secara pasti dalam cerita One Piece. Konon, pengguna pedang ini akan mati secara misterius karena kekuatan negatif dari pedang ini. Namun, terdapat pula beberapa pengguna pedang yang mampu mengendalikan kekuatan negatif dari pedang terkutuk ini.

Pengguna dari Shodai Kitetsu ini ialah salah satu anggota Gorosei yang botak dan berkacamata. Meskipun kekuatannya masih misterius, namun diasumsikan bahwa dia adalah pendekar pedang yang sangat kuat. Pedang ini juga memiliki motif yang unik pada sisi pedang, seperti api yang menyala-nyala. Di samping itu, batang silang pedang ini sama seperti pedang kitetsu lainnya, berbentuk oval dan berwarna emas dengan empat irisan pada setiap bagiannya.

5. Wado Ichimonji



Wado Ichimonji merupakan salah satu Meito kelas O Wazamono. Pedang ini dulunya adalah milik Kuina, teman masa kecil Zoro. Setelah kematian Kuina, Zoro meminta kepada gurunya Kyoshiro untuk memberikan pedang itu kepada Zoro. Pedang ini termasuk salah satu pedang dengan kualitas yang sangat tinggi. Hal ini terbukti ketika Zoro bertarung dengan Mihawk di Baratie. Serangan pedang Mihawk mampu menghancurkan kedua pedang Zoro, namun pedang Wado Ichimonji masih tetap utuh.

Pedang ini apabila diartikan adalah “jalan menuju harmoni’. Berdasarkan penafsiran, jalan di sini dapat merujuk pada jalan ke negara Wano, negeri para samurai. Keharmonisan ini juga direpresentasikan oleh sarung pedang yang berwarna putih. Salah satu keunikan lain dari pedang ini adalah motif bilah pedang yang memunculkan keindahan dan keserdahanaan, bagian dalam agak gelap dan di tepiannya putih mengkilat.

Baca juga: 10 Karakter Paling Bucin di One Piece

6. Nidai Kitetsu


Nidai Kitetsu adalah pedang kitetsu generasi kedua yang sama-sama memiliki kutukan. Pedang ini dimiliki oleh salah seorang pandai besi asal Wano, yaitu Tenguyama Hitetsu. Meskipun dia memiliki pedang itu, Hitetsu tidak berani menggunakannya karena kutukan yang dimiliki pedang itu. Konyolnya, pedang itu malah diambil seenaknya oleh Luffy sebagai simbol agar ia terlihat seperti samurai sungguhan.

Sama seperti Wado Ichimonji, pedang ini termasuk salah satu Meito kelas O Wazamono. Desain Kitetsu ini juga kurang lebih hampir sama dengan kitetsu generasi pertama. Perbedaannya, warna utama sarung pedang dan gagang pedang adalah ungu. Terlepas dari hal itu, Nidai Kitetsu merupakan pedang yang memiliki serangan kuat apabila digunakan oleh pengguna pedang yang kuat.

7. Kikoku


Kikoku adalah pedang yang digunakan oleh Law dalam bertarung. Pedang ini termasuk salah satu pedang Yoto atau pedang terkutuk, sama seperti Kitetsu. Berbeda dengan lain, jenis pedang ini termasuk salah satu pedang nodachi, salah satu jenis pedang yang digunakan oleh samurai selain katana. Secara etimologi, kata kikoku dapat merujuk pada tangisan hantu Jepang.

Kekuatan pedang ini terlihat sangat kuat apabila dikombinasikan dengan kekuatan buah Ope Ope milik Law. Pedang ini cukup panjang dan Law lebih senang membawanya di atas pundaknya daripada di dekat pinggangnya. Sarung pedang ini memiliki warna utama hitam dengan motif salib. Di samping itu, Law juga menambahkan tali apda sarung pedangnya sehingga ia dapat menggunakannya untuk membawa sesuatu, contoh kasus saat ia membawa Chopper di Punk Hazard.

8. Durandal



Durandal adalah pedang berjenis rapier yang digunakan oleh Cavendish dalam bertarung. Pedang ini juga termasuk ke dalam klasifikasi pedang Meito, namun belum dikonfirmasi tingkat kelas pedang ini. Kemungkinan besar, nama Durandal diambil dari salah satu pedang legendaris dari ksatria terkenal Roland dalam sejarah literatur Perancis.

Pedang ini memiliki desain yang sangat cantik dan elegan sesuai dengan kepribadian Cavendish. Gagang dari pedang ini terlihat stylish dengan kombinasi warna ungu dan putih serta batang silang pedang yang dibentuk dengan detail sempurna dan berwarna emas. Bilah pedang terlihat putih dan kadang bersinar layaknya cahaya matahari. Terlepas dari keindahannya, pedang ini memiliki ketahanan yang kuat. Terbukti ketika Cavendish menahan serangan kepala Chinjau yang terkenal sangat kuat.

9. Sandai Kitetsu


Sandai Kitetsu adalah pedang kitetsu generasi ketiga. Sama seperti pedang kitetsu lainnya, pedang ini juga memiliki kutukan. Sandai Kitetsu termasuk ke dalam klasifikasi Meito kelas Wazamono. Pedang ini dijelaskan juga sangat tajam dengan motif seperti api pada bagian sisi pedang. Saat ini, pengguna dari Sandai Kitetsu adalah Roronoa Zoro.

Zoro mendapatkan pedang ini ketika dia berada di Logue Town. Awalnya, Ippon Matsu sang penjual pedang mencegah Zoro untuk menggunakan pedang itu karena pengguna dari pedang ini dari waktu ke waktu mati secara misterius. Pedang ini juga sangat haus akan darah dari musuh-musuhnya. Hal ini diungkapkan oleh Zoro ketika ia melawan para pemburu bayaran dari Whiskey Peak. Namun, Zoro akhirnya mampu menaklukkan hasrat negatif dari pedang itu.

10. Shirauo


Shirauo adalah pedang berjenis Nodachi yang digunakan oleh salah satu pendekar terbaik di bajak laut Big Mom, “Demon Lady” Charlotte Amande. Pedang ini termasuk salah satu Meito, namun belum diketahui kelas dari pedang ini. Secara etimologi, pedang ini memiliki arti “Icefish” atau ikan es. Nama ini sesuai dengan nama-nama bajak laut Big Mom yang bertemakan makanan.

Berbeda dengan pedang lainnya yang bentuknya agak bengkok, pedang ini bentuknya lurus. Sesuai dengan namanya, batang silang pada pedang ini berbentuk ikan dan gagangnya berwarnna biru dengan motif seperti sirip. Amande sendiri menggunakan pedang ini dengan cara yang anti mainstream. Ia memotong musuhnya dengan sangat lambat namun mematikan. Hal ini dilakukan untuk memberikan sakit yang luar biasa pada musuhnya.

11. Raiu


Raiu adalah pedang yang digunakan oleh Shilliew, mantan penjaga Impel Down yang saat ini menjabat sebagai salah satu kapten divisi bajak laut Kurohige. Pedang ini berjenis Nodachi dan termasuk salah satu Meito, namun kelas pedang ini belum diketahui secara pasti. Meskipun demikian, pedang ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Secara etimologi, kata raiu bermakna “thunder storm” atau hujan petir. Nama ini sesuai dengan kekuatan pedang ini yang brutal.

Ketika masih berada di Impel Down, Shilliew menggunakan pedang ini untuk membunuh para tahanan demi memuaskan hasrat membunuhnya. Alhasil, pedang ini menjadi berlumuran darah para tahanan. Pedang ini memiliki desain yang sederhana namun bagus. Gagangnya berwarna merah yang merepresentasikan darah dan batang silang pedang ini berbentuk persegi. Sarung pedang ini juga terlihat menarik, yaitu berwarna merah seperti bercak darah yang dikombinasikan dengan warna putih.

Baca juga: 5 Musuh yang Mendapatkan Respek dari Kru Topi Jerami

12. Yubasiri


Yubasiri adalah pedang milik Zoro yang telah hancur berkarat pasca pertarungannya melawan kapten Shu pengguna buah setan Sabi Sabi no Mi. Zoro mendapatkan pedang ini bersamaan dengan Sandai Kitetsu di Logue Town. Pedang ini termasuk salah satu Meito kelas Ryo Wazamono. Secara etimologi, pedang ini berarti “snow race/snow run” atau balapan salju.

Pedang ini memiliki desain yang elegan. Gagangnya berwarna hitam dan batang silang pedang ini berbentuk silang sempurna yang simetris dan simple. Sarung pedang ini juga sangat cantik, yaitu berwarna dasar hitam dengan bagian sisi yang agak berwarna putih. Salah satu keunggulan dari pedang ini adalah ringan untuk digunakan. Hal ini telah diungkapkan Zoro pada saat pertama kali mencoba kekuatan pedang ini di Whiskey Peak.

13. Shigure


Shigure adalah pedang yang digunakan oleh Tashigi, salah satu angkatan laut yang mirip dengan teman masa kecil Zoro. Pedang ini termasuk salah satu Meito kelas Wazamono. Secara etimologi, pedang ini memiliki arti yang sedikit puitis, yaitu “Late Autumn Rain” atau hujan musim gugur yang terlambat.

Tashigi memiliki kepercayaan penuh terhadap pedang ini. Dengan pedang ini, dia berkeyakinan untuk merebut pedang-pedang terbaik di dunia dari tangan para penjahat. Gagang pedang ini berwarna hijau dan bilah pedang Shigure juga tergolong standar. Namun, keunikan pedang ini terletak pada sarung pedangnya yang termasuk salah satu sarung pedang terbaik di dunia. Desainnya sangat epik dan rapi sehingga terlihat indah. Pedang ini mampu menangkis bola meriam tanpa perlu dilapisi haki pelindung. Hal ini membuktikan bahwa pedang ini memiliki ketahanan yang kuat.

14. Pretzel



Pretzel adalah pedang milik Cracker, salah satu komandan manis Big Mom yang telah dikalahkan Luffy. Pedang ini merupakan longsword yang masif dan memiliki kapabilitas destruktif yang mematikan. Meskipun panjang dan besar, Cracker terlihat mampu menggunakan pedang ini dengan sangat baik.

Secara etimologi, kata Pretzel merujuk pada nama kue yang berasal dari Jerman, berbentuk seperti tiga simpul atau belitan. Pedang ini memiliki panjang yang lumayan yaitu sekitar tiga meter dan memiliki gagang pedang yang sederhana sehingga mudah digenggam dan diayunkan. Batang silang pedang ini mirip seperti halnya biskuit. Pedang ini tidak memiliki sarung pedang dan Cracker biasanya menempatkan pedang ini di belakang punggungnya atau dipegang di atas pundaknya. Dengan pedang ini, Cracker mampu melukai tangan Luffy yang menggunakan gear 4th. 


Baca juga: Mengenal Anggota Bajak Laut Shirohige

15. Funkfreed


Funkfreed adalah pedang yang dimiliki Spandam, mantan ketua CP9. Pedang ini termasuk spesial karena telah dimodifikasi oleh Dr. Vegapunk dan dikombinasikan dengan pkemampuan buah setan Zou Zou no Mi. Dengan kemampuan buah setan itu, pedang Funkfreed ini dapat berubah menjadi seekor gajah.

Pedang ini berjenis pedang saber. Bentuk dari pedang ini pun juga terlihat merepresentasikan ciri-cri seekor gajah. Terdapat ekor kecil yang pada pangkal pedang dan sepasang gading mungil pada batang silang pedang ini. Pedang ini juga dapat berubah menjadi semacam cambuk yang tajam dengan bentuk semi gajah yang memilikis serangan lumayan cepat.

16. Oto & Kogarashi


Oto dan Kogarashi adalah sepasang pedang yang digunakan oleh Shiki untuk menggantikan kakinya yang buntung. Shiki memotong kakinya sendiri untuk membebaskan diri dari penjara terkuat Impel Down. Oto dan Kogarashi merupakan pedang kembar yang termasuk salah satu Meito, namun belum diketahui kelasnya. Secara etimologi, kata Oto memiliki arti seribu sakura. Sedangkan, Kogarashi memiliki makna angin musim dingin.

Pedang ini tidak memiliki sarung pedang. Warna dari gagang ini tidak diketahui secara pasti, namun batang silang pedang ini berbentuk silang yang simetris. Meskipun pedang ini terlihat seperti katana, namun pisau pedang ini lebih terlihat seperti tombak yang berbentuk segitiga. Selain digunakan sebagai kaki pengganti, Shiki juga dapat memberikan serangan tebasan melalui kaki pedangnya ini.

17. Kaken


Kaken adalah dua pedang kembar berjenis rapiers yang digunakan oleh Vista, salah satu komandan bajak laut Shirohige. Dengan pedang ini, Vista menggunakan teknik nitoryuu dalam pertarungan. Secara etimologi, istilah kaken dapat diartikan sebagai pedang bunga. Hal ini sesuai dengan julukan penggunanya, Kaken no Vista.

Pedang ini terlihat sangat elegan dengan gagang biru dan batang silang yang berwarna emas dengan sedikit ornamen. Di samping itu, kedua pedang ini sangat identik dan memiliki panjang serta bentuk yang nyaris sama. Sarung pedang ini berwarna merah dengan lilitan perban. Vista membawa kedua pedang ini di pinggangnya. Kekuatan dari pedang ini pun tidak perlu diragukan karena Vista mampu mengimbangi serangan pedang Yoru milik Mihawk ketika berada di Marineford.

18. Same-Kiri



Same-Kiri ialah pedang berjenis cleaver yang digunakan oleh wakil admiral Bastille untuk bertarung. Pedang ini berukuran cukup besar menyesuaikan dengan ukuran tubuh Bastille yang cukup gede juga. Secara etimologi, pedang ini dapat diartikan sebagai pemotong hiu. Dengan pedang ini, Bastille mampu memotong ikan hiu layaknya memotong ikan kecil. Pedang ini juga mampu memotong bangunan layaknya memotong sebuah margarin.

Pedang ini memiliki bentuk seperti pisau pemotong daging dengan panjang beberapa meter. Gagang dari pedang ini lumayan panjang sehingga mudah untuk digenggam dan juga terdapat sebuah tali warna oranye pada pangkal pedang. Bastille biasanya membawa pedang ini di pundaknya. Sayangnya, pedang ini dihancurkan oleh Sabo pada saat pertarungan di Dressrosa.

19. Warabide


Warabide ialah pedang yang digunakan oleh Hawkins dalam bertarung. Berbeda dengan pedang normal pada umumnya, pedang ini memiliki kemampuan khusus ketika dikombinasikan dengan kekuatan buah setan Wara Wara no Mi milik Hawkins. Pedang ini mampu berubah menjadi semacam cambuk dari jerami dan berubah menjadi semacam monster raksasa berbentuk boneka voodo yang sarat dengan kekuatan paranormal.

Kekuatan pedang ini diperlihatkan secara sekilas pada pertarungan antara Zoro dan Luffy di negeri Wano. Kemampuan Hawkins cukup membuat Zoro kewalahan dan dia mendapat sedikit goresan luka. Maklum, Hawkins adalah salah satu supernova yang hampir setingkat dengan Luffy.

20. Soul Solid


Soul Solid adalah pedang milik Brook yang berjenis shikomizue. Secara etimologi, pedang ini berasal dari kata Soul  dan Solid  yang merujuk pada frasa solid ice. Namun, jika melihat dari huruf kanji pedang ini, maka pedang ini dapat berarti pedang duka dari jiwa. Pedang ini mungkin adalah seperti pedang normal pada umumnya, tetapi pedang ini menjadi sangat potensial setelah dikombinasikan dengan kemampuan bertarung serta buah setan Yomi Yomi milik Brook.

Brook sendiri pernah berkata bahwa pedang ini telah dipertajam oleh suku tangan panjang. Tidak hanya itu, pedang ini juga bersifat dingin seperti es, sehingga musuh yang terkena tebasan Brook menjadi membeku. Brook sendiri berkata bahwa hawa dingin pedang ini berasal dari alam kematian.

21. Napoleon


Napoleon adalah pedang yang panjang sekaligus hoomies ciptaan Big Mom berbentuk topi bicorn yang selalu digunakannya. Secara etimologi, pedang ini mungkin terinspirasi dari pemimpin militer asal Perancis Napoleon Bonaparte yang juga menggunakan topi bicorn.

Pedang ini memiliki beberapa macam bentuk tergantung dari situasi dan kondisi Big Mom. Bentuk terkuat dari pedang ini adalah ketika berada dalam mode Cognac. Dalam mode ini, Napoleon berubah menjadi pedang yang sangat panjang dengan tiga duri di ujungnya. Selain itu, pedang ini juga memiliki tebasan yang sangat dahsyat, didukung dengan kemampuan Big Mom yang di luar nalar sehat. Tebasan pedang ini konon mampu menebas sebuah gunung dalam satu kali serangan.

22. Henry Blazer


Henry Blazer adalah pedang elektrik milik Niji. Niji pun memanggil pedang ini dengan istilah “light-speed-sword” yang membuatnya mampu menebas apapun dengan kecepatan yang luar biasa. Apabila ditulis dengan huruf kanji, pedang ini dapat berarti Electromotive Light Sword.

Pedang ini memiliki baterai di dalam gagangnya yang dapat diisi ulang dan dapat menyalurkan kekuatan listrik milik Niji. Satu serangan pedang ini dapat menyetrum dan memberikan efek kejut bagi musuh yang terkena serangannya. Hal ini sudah dibuktikan oleh Niji pada saat bertarung melawan kroco-kroco Big Mom.

23. Kiribachi


Kiribachi ialah pedang yang digunakan oleh Arlong sebagai salah satu senjata dalam pertarungan. Pedang ini terlihat seperti gergaji dengan pisau segitiga berjumlah enam yang merepresentasikan taring seekor hiu. Secara etimologi, istilah Kiribachi ini dapat diartikan sebagai alat petik pengiris karena bentuk dari pisau yang seperti alat pemetik gitar.

Arlong cukup terampil dalam menggunakan senjata ini. Dia dapat dengan mudah menghancurkan bangunan yang ada di Arlong Park dengan tangkas. Selain itu, Arlong juga tidak tampak kesusahan mengayunkan serangan pedang ini yang terbilang berat. Sayangnya, salah satu pisau dari pedang ini dihancurkan oleh cengkeraman tangan Luffy saat mereka bertarung.

24. Kashu


Kashu adalah pedang yang termasuk salah satu Meito kelas Ryo Wazamono. Pedang ini pada awalnya dimiliki oleh Mr. 11, salah satu agen Baroque Works. Setelah dikalahkan dan ditangkap oleh Smoker, Tashigi mengambil pedang ini dari tangannya. Secara etimologi, pedang ini memiliki makna “Flower Province”. Meskipun pedang ini memiliki kualitas yang baik dibanding Shigure, Tashigi lebih memilih untuk menggunakan Shigure dalam bertarung.
****
Nah, mungkin itu saja gaes, beberapa nama pedang yang telah muncul di One Piece. Saya merasa masih ada pedang-pedang lain yang belum saya ulas, seperti Eisen Whip milik Ohm, Kirisame milik Hodi, dan lain-lain. Di samping itu, masih ada juga pedang-pedang milik tokoh terkenal yang belum memiliki nama, seperti pedang milik Momonga dan Kinemon.

Sebenarnya pengen saya ulas artikel ini lebih jauh. Namun karena keterbatasan waktu, saya kira hanya pedang-pedang yang familier dan penting saja yang perlu saya ulas. Semoga artikel ini menambah informasi kalian tentang One Piece, ya. Thanks.

Sumber referensi: thelibraryofohara.com


EmoticonEmoticon