10 Kartun Animasi Indonesia yang Keren dan Patut Mendapatkan Apresiasi


Selamat siang, gaes. Kali ini saya pengen mengulas sepuluh kartun animasi terbaik karya asli Indonesia yang populer di masyarakat khususnya kalangan anak-anak. Animasi berikut ini patut mendapatkan apresiasi karena mengandung nilai edukasi sekaligus merupakan contoh yang bagus demi kemajuan film animasi Indonesia ke depan.

Animasi-animasi ini perlu kita dukung agar anak-anak kita nanti mendapatkan tayangan yang layak dan edukatif. Apalagi saat ini banyak tayangan-tayangan yang tidak senonoh dan cenderung merusak moral anak-anak kita. Oleh sebab itu, tayangan-tayangan positif seperti kartun memang perlu digencarkan lagi agar anak-anak kita mendapat hiburan yang tepat.
Nah, daripada kita berbasa-basi lebih lama, langsung saja yuk kita ulas sepuluh kartun animasi buatan anak bangsa yang patut kita apresiasi.

1. Adit Sopo Jarwo


wikipedia.org

Adit Sopo Jarwo adalah serial animasi yang diproduksi oleh MD Animation dan pertama kali tayang di MNC TV. Animasi ini menceritakan kehidupan sehari-hari Adit dan kawan-kawan. Adit ini adalah anak yang berkarakter dan senang sekali memotivasi teman-teman mereka.

Namun, usaha Adit seringkali diganggu oleh Sopo dan Jarwo yang suka berbuat keributan. Mereka memiliki pemikiran yang benar-benar berbeda. Untungnya, perseteruan antara Adit dan Sopo Jarwo dapat dilerai oleh Haji Udin, ketua RW yang telah menjabat selama belasan tahun. Dia selalu menjadi penengah atas perseteruan antara Adit dan Sopo Jarwo.

2. Keluarga Somad


http://laboratoriumbahasa.asia

Keluarga Somad merupakan serial animasi yang diproduksi oleh Dreamtoon dan ditayangkan oleh Indosiar. Animasi ini bercerita tentang keluarga Pak Somad dan juga keseharian keluarga tersebut. Pak Somad adalah seorang pegawai pabrik yang memiliki seorang istri bernama Inah dan dua orang anak yang bernama Dudung dan Nunung.

Kedua anaknya memiliki sifat yang jauh berbeda. Dudung adalah anak yang pemalas dan Nunung merupakan anak yang sopan dan penurut. Karena kemalasan dan kenakalannya, Dudung seringkali dihukum oleh orang tua maupun gurunya. Selain bercerita tentang kehidupan keluarga, animasi ini juga bercerita tentang lingkungan yang ada di sekitar keluarga tersebut.

3. Entong


hargabarang.co

Entong adalah animasi yang diadaptasi dari sinetron asli yang terkenal di MNC TV. Animasi ini masih bercerita tentang Memed dan teman-temannya yang suka bermusuhan dengan Entong. Entong sendiri adalah anak yang baik, tampan, cerdik dan memiliki banyak teman. Sementara itu, Memed merupakan anak yang bandel dan suka berbuat onar.

Karakter-karakter lain yang juga muncul dalam serial ini adalah Mpok Fatimah si ibu Entong, Mamake, Ustad Somad, Mpok Lela, dan teman-teman Entong lainnya, seperti si Ipeh, Kiki, Salon, Samin dan Jalu.

Baca juga: 10 Kartun Nickelodeon yang Populer di Indonesia

4. Dodo dan Syamil


gallery.mobile9.com

Dodo dan Syamil termasuk salah satu animasi yang populer di kalangan anak-anak Indonesia khususnya di bulan Ramadhan. Animasi ini bercerita tentang dua orang sahabat. Dodo sendiri adalah anak yang gendut, lucu, sembrono, dan suka salah kaprah tentang agama. Sementara itu, Syamil merupakan anak yang berperawakan sedang, setia kawan, jujur, dan amanah serta lebih paham mengenai ilmu-ilmu agama.

Animasi ini bagus untuk anak-anak karena mengandung nilai-nilai islami dan edukasi. Anak-anak lebih tertarik belajar tentang Islam dan tata cara beragama, seperti salat, puasa, wudhu, dsb.

5. Si Juki the Movie


imdb.com

Juki adalah karakter komik yang dibuat oleh Faza Ibnu Ubaidillah yang lebih dikenal dengan nama Faza Meonk. Dia membuat karakter ini karena kegelisahannya terhadap karakter komik lokal yang kurang populer di Indonesia. Nama Juki sendiri merupakan singkatan dari Juru Hoki. Oleh sebab itu, meski perbuatannya sering kali konyol dan kurang senonoh, Juki selalu saja beruntung.

Pada awalnya, komik Juki hanya diterbitkan secara online. Lambat laun, komik ini perlahan diterbitkan oleh penerbit Bukune. Melihat kesuksesan dan kepopuleran di masyarakat, komik Juki ini diangkat ke layar lebar menjadi film animasi dan ditayangkan di bioskop pada akhir tahun 2017. Meskipun tidak tayang secara berseri di televisi, karakter Juki perlu kita dukung karena itu asli buatan Indonesia.

6. Petok si Ayam Kampung


dreamtoon.com

Petok si Ayam Kampung adalah serial animasi yang diproduksi oleh Dreamlight World Media yang dikerjakan serentak di Studio Ungaran, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Serial ini pernah ditayangkan di Indosiar. Cerita dari animasi ini berfokus pada Petok dan teman-temannya dan juga Pak Jalu. Alur ceritanya pun ringan dan menggambarkan kebiasaan unik si Petok, contohnya upacara bendera, latihan tentara, dsb.

Berbeda dengan animasi yang lain, serial ini menggunakan style yang berbeda, yaitu stop motion dan pernah mendapatkan penghargaan dari rekokr MURI sebagai animasi dengan gaya stop motion yang pertama.

7. Battle of Surabaya


genpi.co

Battle of Surabaya adalah film animasi 2D yang mengusung sejarah pertempuran 10 November di Surabaya. Film ini diproduksi oleh MSV Pictures sekaligus karya perdana dari sutradara muda Aryanto Yuniawan. Tokoh utama dari film ini adalah seorang anak muda yang bernama Musa. Dia bekerja sebaga seorang kurir yang mengantarkan surat dan kode-kode rahasia yang juga dikombinasikan dengan lagu keroncong melalui siaran Radio Republik Indonesia. Dalam perjalanannya, Musa kehilangan banyak harta benda dan juga kehilangan orang yang dikasihinya.

Berkat kualitas dan cerita film yang bagus, film ini mendapatkan banyak penghargaan. Beberapa penghargaan tersebut, yaitu Most People’s Choice Award IMTF 2012 dan Niminee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

8. Nussa dan Rara


idntimes.com

Nussa dan Rara adalah serial animasi yang memiliki nilai edukasi sekaligus mengusung tema-tema keislaman. Animasi ini pertama kali diperkenalkan melalui salah satu akun Instagram, yatu Nussa Edutainment Series dan bercerita tentang dua orang kakak beradik yanng bernama Nussa dan Rara. Kemudian, animasi ini digarap oleh rumah animasi The Little Giant dan berkolaborasi dengan @4stripe_productions.

Film animasi ini dikemas dengan gaya masa kini dan juga mengkombinasikannya dengan cerita-cerita islami yang sangat bagus untuk ditonton oleh anak. Saat ini, series ini ditayangkan di Youtube dan sudah dilihat oleh jutaan orang. Bahkan, animasi ini pernah menjadi trending nomor empat di Youtube. Makanya, jangan lupa nonton dan dukung terus ya gaes.

9. Uwa dan Rimba


http://prozonas.blogspot.com

Uwa dan Rimba adalah film animasi 3D yang diproduksi oleh Hicca Studios. Karakter utama dalam serial animasi ini adalah Uwa, seorang anak orang utan yang cerdas. Dia memiliki kawan-kawan lain, yaitu Mica, anak harimau yang suka menari, dan Pito, anak badak Ujung Kulon yang lucu dan baik hati.

Animasi ini mengajak anak-anak untuk bermain bersama, menari, dan menyanyi. Uwa dan teman-teman juga memperkenalkan permainan tradisional Indonesia kepada anak-anak. Di samping sebagai hiburan untuk anak, animasi ini juga memiliki nilai edukasi untuk mengenalkan satwa-satwa asli Indonesia kepada anak-anak.

10. Knight Kris



gotomalls.com

Knight Kris adalah film animasi yang diproduksi oleh Viva Fantasia Animation dan sekaligus merupakan proyek dari Deddy Corbuzier. Film ini mengusung tema yang menarik dan berbeda dari yang lain, yaitu tema pewayangan.  

Kisah utama dari film ini adalah tentang petualangan Bayu, seorang anak kecil dari desa yang bercita-cita untuk menjadi pahlawan. Kemudian, dia dan sepupunya dari kota yang bernama Rani terlibat dalam petualangan yang mengharuskan mereka menelusuri huta dan secara tidak sengaja menemukan sebuah candi tua. Di candi itu, terdapat sebuah keris yang tertancap dan Bayu mencabut keris itu lalu berubah menjadi ksatria harimau. Ia pun melalui petulangan menarik lainnya.

****
Nah, mungkin itu saja gaes beberapa kartun animasi Indonesia yang keren dan patut kita apresiasi. Saya yakin, masih ada banyak animasi-animasi karya anak bangsa yang lain di luar sana dan akan terus berkembang dari masa ke masa. Yang penting, kita harus selalu mendukung animasi karya asli Indonesia agar animasi kita mampu dikenal dan bersaing dengan animasi negara lain. Sekian dari saya. Thanks.


EmoticonEmoticon