17 Metal Heroes Jepang dari Masa ke Masa

pinterest.com

Metal Heroes merupakan serial tokusatsu produksi Toei dan Asatsu DK yang mengangkat tema polisi luar angkasa atau pahlawan dengan armor metal. Serial tokusatsu ini pertama kali tayang di Jepang pada tahun 1982 dan merupakan salah satu tokusatsu yang paling digemari selain Super Sentai dan Kamen Rider.

Berikut adalah daftar serial Metal Heroes dari masa ke masa, cek dimari gaes:

1.Uchuu Keiji Gavan

metalheroes.wikia.com

Gavan merupakan seri pertama dari Space Sheriff atau polisi luar angkasa yang tayang pada tahun 1982 di TV Asahi. Serial ini menceritakan tentang seorang polisi yang dikirim ke bumi untuk melawan para alien. Kekaisaran Makuu yang dipimpin oleh Don Horror menyerang bumi. Gavan yang berasal dari Planet Bird diminta untuk mempertahankan bumi. Dalam membasmi para musuhnya, Gavan dibantu oleh Mimi dan diberikan informasi oleh Qom, pemimpin Polisi Persatuan Galaksi. Gavan menyamar sebagai Retsu Ichijouji agar tidak dikenali oleh musuhnya.

2. Uchuu Keiji Sharivan

hangoutindo.com

Sharivan merupakan seri kedua dari trilogi Space Sheriff yang ditayangkan oleh TV Asahi pada tahun 1983 dan juga pernah tayang di Indosiar pada tahun 2003. Ceritanya mirip dengan Gavan yaitu tentang polisi luar angkasa yang bertarung melawan para alien.

Tokoh utama dari serial ini adalah Den Iga. Awal kemunculannya di serial Gavan ketika ia diserang oleh monster bernama Buffalo Doubler, anggota Mafia Makku. Den terluka parah dalam serangan itu dan diselamatkan oleh Gavan lalu membawanya ke Planet Bird untuk mendapat bantuan medis. Den muncul lagi di episode final Gavan, ia menyelamatkan Gavan dengan bentuk baru yang diperolehnya sebagai Sharivan selama pertarungan final. Setelah kekalahan Don Horror, Sharivan diberikan misi bersama partner-nya Lily di bumi untuk melawan sindikat kejahatan Madou.

3. Uchuu Keiji Shaider

pinterest.com

Serial ini merupakan seri ketiga sekaligus bagian terakhidr dari trilogi Space Sheriff. Sheider ditayangkan oleh TV Asahi pada tahun 1984. Serial ini menceritakan tentang Dai Sawamura, seorang ahli arkeologi di perguruan tinggi, yang berhasil mengungkap teka-teki lembah Nazac, di Peru. Galatic Union Police kemudian merekrut Sawamura untuk menjadi Space Sherrif bumi yang ketiga karena terkesan atas keberhasilan tersebut. Ia kemudian diberi nama Shaider. Nama tersebut diambil dari nama seorang kstaria kuno yang menaklukkan Fuuma dan meruntuhkan kekaisaran Mu 12.000 tahun lampau. Ketika Fuuma kembali, ia diberikan misi untuk melawan Fuuma di bumi.

Baca juga: Sedia Pristine Setelah Berenang!

4. Kyojuu Tokusou Juspion

tvtropes.org

Jaspion merupakan serial Metal Hero yang ke-4 yang dibuat oleh Toei. Serial ini tayang pada tahun 1985. Alur cerita dari serial ini bermula dari Ejin yang belajar tentang ramalan yang mengejutkan saat membaca Alkitab Galaksi yang menjelaskan bahwa alam semesta akan dirusak oleh monster raksasa yang penuh dengan kemarahan ketika Satan Gorth, Dewa Kegelapan terbangun. Ketika Satan Gorth muncul dan ramalan telah berjalan, Ejin memerintahkan Juspion, yang telah ia latih untuk menghentikan dan memerangi Megabeast yang jahat. Ia bersama teman-temannya berpetualang di Dandelion.

5.Jikuu Senshi Spielvan

pinterest.com

Spielvan merupakan serial metal hero ke-5 yang ditayangkan di Jepang pada tahun 1986. Serial ini menceritakan tentang The Waller Empire yang menghancurkan planet Klin untuk mencari air untuk Tuan mereka. Dua anak dari planet Clin, Spielban dan Diana, melarikan diri ke bumi dengan kapal Nasca. Keduanya tumbuh dalam perjalanan panjang dan mengenakan High Tech Crystal Suits untuk mengalahkan Waller yang telah tiba di bumi untuk mencari lebih banyak air. Spielvan harus membalaskan dendam atas kematian ibunya, Ana dan kampung halamannya. Ia juga mencari keberadaan ayah dan saudara perempuannya. Spielvan tidak tahu bahwa ayah dan saudaranya telah bergabung menjadi anggota dari Waller.

6.Choujinki Metalder

pinterest.com

Metalder merupakan serial Metal Hero ke-6 yang dibuat oleh Toei.  Serial ini ditayangkan pada tahun 1987 di TV Asahi dan pernah ditayangkan juga di RCTI pada tahun 1996. Metalder merupakan Metal Hero dengan desain yang cukup aneh, karena separuh badannya berwarna merah dan separuhnya berwarna biru.

Serial ini bercerita tentang seorang pemuda Cyborg yang bertarung melawan Kerajaan Neros yang berambisi untuk menguasai bumi. Metalder memiliki peralatan canggih ketika melancarkan aksinya serta dibantu oleh partner anjingnya yang bernama Springer. Ia juga dibantu oleh tentara yang membelot dari kerajaan Neros, Top Gunter.

7.Sekai Ninja Sen Jiraiya

pinterest.com

Jiraiya merupakan serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiraiya adalah serial tokusatsu ke-7 dari serangkaian Metal Hero. Serial ini ditayangkan di TV Asahi pada tahun 1988 dan juga pernah ditayangkan di Indosiar pada tahun 1997. Di Indonesia serial ini mendapat sambutan yang luar biasa, meski kepopulerannya masih kalah dengan Kamen Rider atau Ultraman. Namun, ide cerita yang unik dalam serial ini menjadi daya tarik tersendiri.

Serial ini bercerita tentang Toha Yamaji yang berusaha melindungi warisan turun temurun keluarganya. Warisan tersebut berwujud sebuah kepingan yang aslinya merupakan kepingan peta untuk menunjukkan lokasi keberadaan benda luar angkasa berkekuatan dahsyat bernama Pako. Kepingan peta Pako sendiri terdiri dari dua kepingan, kepingan lainnya berada di tangan Oninin Dokusai, musuh utama Jiraiya.

8. Kidou Keiji Jiban

pinterest.com

Jiban merupakan serial Metal Hero ke-8 yang dibuat Toei. Serial ini ditayangkan pada tahun 1989 di TV Asahi dan ditayangkan di Indosiar pada tahun 1996. Jiban merupakan robot polisi yang bertempur melawan sindikat jahat Bioron, di bawah pimpinan Doktor Giba. Salah satu hal unik dalam serial ini adalah ketika hendak bertarung, Jiban selalu membacakan pasal-pasal dakwaan satu persatu terhadap musuhnya. Pertarungan baru dimulai setelah pembacaan pasal selesai. Jiban termasuk salah satu tokusatsu dengan persejataan mutakhir pada masanya. Ia memiliki tiga kendaraan: Reson (Mobil), Vacian (Motor), dan juga Sylas (semacam pesawat tempur). Selain itu, ia juga menggunakan pistol, pedang, dan meriam bernama Daedalus.


Baca juga: 3 Serial Chouseishin yang Keren

9. Tokkei Winspector

tvtropes.org

Tokkei Winspector pernah tayang di Indosiar pada tahun 1995. Serial ini merupakan Metal Hero ke-9 yang di produksi oleh Toei. Serial ini juga merupakan seri pertama dengan tema Rescue Police karya Toei.

Serial ini merupakan salah satu Metal Hero yang cukup legendaris. Tokoh utamanya adalah tiga robot polisi (salah satunya adalah manusia). Mereka bernama Fire (merah), Walter (biru), dan Bycle (kuning). Mereka memiliki keunikan masing-masing ketika berjalan. Robot merah juga memiliki keunikan, yaitu ketika selesai bertarung selalu ditunjukkan adegan melepas helm dan terlihat rambutnya yang basah penuh keringat.

10. Tookyu Shirei Solbrain

youtube.com

Solbrain merupakan seri kedua yang mengusung tema Rescue Police. Setelah Winspector meninggalkan Jepang, Shunsuke Masaki, Kepala Polisi menyadari bawa dia harus membuat tim polisi yang baru untu mempertahankan Tokyo dari kejahatan. Dia mencintakan Solbrain, kekuatan penyelamatan khusus yang berteknologi tinggi, ahli dalam misi yang membutuhkan penyelamatan dan daya tembak. Solbrain dipimpin oleh Daiki Nishio, seorang detektif rookie. Serial ini merupakan serial ke-10 dari serangkaian Metal Hero yang diproduksi Toei dan ditayangkan oleh TV Asahi pada tahun 1991. Serial ini juga pernah ditayangkan di Indonesia oleh Indosiar.


Baca juga: Gambar-Gambar Pokemon 3D yang Keren Karya Joshua Dunlop

11. Tokusou Exeedraft

ddl.tokusatsu-fansub.fr

Exedraft adalah serial tokusatsu ke-11 yang dibuat oleh Toei. Serial ini ditayangkan di TV Asahi pada tahun 1992 dan juga pernah tayang di TPI pada tahun 1998. Serial ini menceritakan tentang tiga orang tim penyelamat yang menjaga kedamaian bumi dari bencana dan kriminalitas. Mereka tergabung dalam 1 unit tim yang dinamakan Exceedraft, terdiri dari Hayato (Merah), Kosaku (Biru), dan Ken (Kuning). Tokusou Exceedraft juga merupakan seri ketiga dari trilogi Rescue Police.

12. Tokusou Robo Janperson

jefusion.com

Janperson ditayangkan oleh TV Asahi pada tahun 1993. Serial ini merupaan Metal Hero ke-11 yang dibuat oleh Toei. Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh stasiun televisi indosiar pada tahun 1997. Janperson mengambil konsep serupa dengan Jiban yaitu robot polisi.

Serial ini berkisah tentang diciptakannya sebuah robot polisi untuk mengalahkan para penjahat android yang mengacau. Dalam menjalankan aksinya, Janperson dibantu oleh rekannya Gun Gibson, dan kendaraannya Dark Jaycar.

13. Blue SWAT

watashiotasukete.tumblr.com

Serial ini merupakan Metal Hero ke-13 yang dibuat oleh Toei. Blue SWAT ditayangkan di TV Asahi pada tahun  1994.

Plot serial ini adalah ketika bumi menghancurkan dirinya sendiri dengan banyaknya kriminalitas, polusi dan perang, alien memilih untuk menginvasi dan menyerang, dengan cara mengambil keuntungan dari penurunan penjagaan semua orang. Pemerintah Jepang membentuk sebuah organisasi elit yang dikenal sebagai Blue SWAT untuk memerangi para alien, yang dikenal sebagai Space Mafia.

Alien menyerang dengan cara menguasai manusia untuk mencapai tujuan mereka. Ketika salah satu alien telah menguasai pemimpin dari unit Blue SWAT untuk menyusup ke dalam organisasi, dia telah berhasil menghancurkan tempat operasi mereka dan membunuh semuanya kecuali tiga anggota SWAT: Show, Sarah, dan Sig. Mereka bertiga membentuk agen detektif swasta yang disebut Blue Research untuk melanjutkan misi mereka menghancurkan Space Mafia dengan mengelola jas dan peralatan tempur yang telah diberikan kepada mereka.

14. Juuko B-Fighter

metalheroes.wikia.com

Film seri ini ditayangkan di TV Asahi pada tahun 1995. DI Indonesia, serial ini pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar pada tahun 1998.

Serial ini menceritakan tentang kekaisaran Jamahl yang dipimpin oleh Emperor Gaohm yang datang untuk menguasai bumi. Untuk menggagalkan upaya tersebut, tiga orang sahabat: Takuya, Daisaku, dan Rei menggunakan B-Commander untuk berubah menjadi B-Fighter. Dalam menghadapi pertempuran dengan anak buah Emperor Gaohm, B-Fighter selalu didukung dengan peralatan dan kendaraan canggih.

15. B-Fighter Kabuto

mydramalist.com

B-Fighter Kabuto adalah Metal Hero ke-15 yang dibuat oleh Toei. Serial ini ditayangkan di Tv Asahi pada tahun 1996. Serial ini juga merupakan kelanjutan sekuel dari Juuko B-Fighter.

Diceritakan bahwa setelah sepuluh tahun setelah kekaisaran Jamahl hancur, bumi telah kembali damai lagi. Takuya Kai bekerja dengan Sage Guru dalam sebuah organisasi penelitian saintis pada sebuah generasi baru dari Insect Armor. Mereka membentuk penelitian itu untuk menghadapi ancaman lain yang datang ke bumi, yang berasal dari lautan. Mereka harus bertarung melawan klan Melzard. Awal serangan itu adalah ketika Matriach Mother Melzard mengirim anaknya Raija dan Dezzle untuk menghancurkan bumi.

16. B-Robo Kabutack

metalheroes.wikia.com

B-Robo adalah serial tokusatsu Metal Hero yang ke-16 yang dibuat oleh Toei. Serial ini ditayangkan di Tv Asahi pada tahun 1997, di Indonesia serial ini ditayangkan di RCT setiap hari minggu pagi pada tahun 2003.

Serial tokusatsu ini sangat unik karena berksiah mengenai sekumpulan robot berbentuk binatang yang saling bersaing untuk mendapatkan semacam ‘lencana’ berbentuk bintang yang bisa mengabulkan segala jenis permintaan. Desain robotnya unik, lucu, namun bisa berubah menjadi keren dan sangar ketika memasuki mode bertarung.

17. Tetsuwan Tantei Robotack

metalheroes.wikia.com

Serial ini merupakan serial Metal Hero terakhir yang dibuat oleh Toei. Film seri ini ditayangkan di TV Asahi pada tahun 1998 dan juga merupakan kelanjutan sekuel dari B-Robo Kabutack. Di Indonesia serial tokusatsu ini ditayangkan oleh Indosiar.

Cerita dari serial ini dimulai ketika Tetua Harappa Land mengirim beberapa robotnya untuk mencari harta karun keramat dari kerajaannya: Landtool. Dua robot, Robotack dan Kamerock, sampai pada sebuah tempat yang disebut Yumegoka. Di sana ia berteman dengan seorang anak bernama Kakeru dan dibantu pamannya dalam sebuah bisnis investigasi pribadi. Merea juga harus berhadapan dengan Darkcrow dan komplotannya yang berniat membuat uang dari Landtool tersebut.

Sumber referensi:
id.wikipedia.org
metalheroes.wikia.com
alamadin.wordpress.com
thedailyjapan.com
Previous Post Next Post

Contact Form