6 Kegiatan Pemantik Inspirasi

Malem gaes, saya yakin kalian yang mampir ke artikel ini sedang buntu ide atau krisis inspirasi. Memang, kadang ketika kita sedang membutuhkan ide atau inspirasi, malah pikiran kita buntu dan tidak menemukan titik temu. Barangkali, kita terlalu banyak masalah sehingga inspirasi-inspirasi itu tidak kunjung muncul.

Tetapi tenang saja, ini ada beberapa kegiatan yang menurut saya dan cukup ampuh untuk memunculkan inspirasi. Dalam kasus ini, inspirasi saya dalam menulis cerita atau artikel blog.

1. Ngopi


source: abdul-hamid.com

Kopi adalah minuman yang cukup diminati banyak kalangan. Selain murah, kandungan kafein dalam kopi terbukti mampu meningkatkan fokus seseorang. Ketika kita sudah bisa fokus, ide-ide itu akan muncul perlahan dari arah yang tidak akan duga.

Sewaktu menulis, saya selalu menjadikan kopi sebagai minuman wajib. Karena tanpa kopi seperti ada yang kurang ketika menulis. Seperti yang kita tahu, kopi dipercaya banyak orang mampu mendatangkan inspirasi. Selaras dengan idiom yang sering kita dengar di mana-mana yang bunyinya “Inspirasi dalam secangkir kopi”. Maka dari itu, jika kalian kekurangan inspirasi kemungkinan kalian kurang ngopi, Gaes.

2. Mendengarkan Musik

source: merdeka.com

Pikiran yang buntu kemungkinan disebabkan oleh rasa frustasi akan sesuatu. Barangkali, kita terlalu banyak memikirkan hal-hal yang membuat kita tertekan. Alangkah baiknya apabila kita menenangkan diri dengan mendengarkan musik terlebih dahulu. Ada banyak pilihan lagu yang bisa kita dengarkan. Tergantung selera masing-masing. Kalau saya lebih suka lagu pop yang galau dan dangdut yang aduhai.

Kita bisa menikmati sejenak alunan nada dari lagu itu dan merelaksasikan diri. Pelan demi pelan kita lupakan sejenak masalah kita. Biarkan inspirasi-inspirasi itu datang sejalan dengan irama dan nada dari musik yang kalian dengarkan, Gaes.

3. Membaca Buku atau Sejenisnya

source: www.bugarfit.com

Buku adalah jendela dunia. Melalui membaca buku atau bahan bacaan lain. kita akan menemukan pengetahuan-pengetahuan baru yang belum pernah kita kenal selama ini. Barangkali, salah satu penyebab inspirasi itu tidak kunjung muncul adalah kita kekurangan pengetahuan.

Pemikiran kita masih stagnan di satu tempat dan tentunya pemikiran itu butuh asupan-asupan baru yang nanti akan memantik inspirasi itu muncul. Khususnya untuk menulis cerita, kadang saya perlu membaca novel atau cerpen untuk mendapatkan ide baru dan menambah referensi kata.

4. Berdiskusi dengan Teman

source: nurainunmedina.wordpress.com

Salah satu cara yang bisa kita lakukan ketika pikiran kita buntu dan sangat jenuh adalah dengan berdiskusi atau curhat. Kita bisa melakukan diskusi ringan dengan seorang teman sekaligus ajang curhat kita mengenai segala keluh kesah dan masalah kita. Barangkali, masalah-masalah itu yang menjadi penyebab pikiran kita buntu.  

Kadang, dengan berdiskusi atau curhat pikiran kita sedikit lebih lega karena tekanan yang terpendam itu bisa dikeluarkan. Saran dan kritikan dari teman kita juga sangat penting sebagai pembangun dan pemantik inspirasi-inspirasi dari dalam diri kita.

5. Refreshing

source: www.docarehealthproducts.com

Barangkali kita terlalu lelah dengan pekerjaan atau karena terlalu memaksakan diri. Hal itu sadar atau tidak membuat tubuh kita lelah. Kelelahan itulah yang terkadang membuat inspirasi-inspirasi itu terbengkelai. Salah satu solusinya adalah kita harus meluangkan waktu untuk menyegarkan diri sejenak.

Kita harus melepaskan diri dari rutinitas sejenak dengan pergi ke tempat yang sejuk dan nyaman seperti pantai atau taman kota. Ketika pikiran dan tubuh kita sudah fresh, dijamin inspirasi itu akan datang dengan sendirinya.

6. Tidur Nyenyak

source: dagelan.co

Mungkin ini adalah pilihan terakhir dan paling tidak masuk akal ketika beragam cara sudah kita coba dan inspirasi itu tidak kunjung keluar. Akan tetapi, tidur juga bukan pilihan yang buruk. Tidur bisa melepas rasa lelah dan membuat kita lupa sejenak dari masalah-masalah.


Tidur akan lebih baik jika untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu. Barangkali, ketika tidur kita akan bermimpi indah. Mimpi-mimpi itulah yang terkadang akan menjadi sumber inspirasi kita, gaes.

Nb: Artikel serupa pernah diterbitkan di Idntimes.com


EmoticonEmoticon