10 Lagu Didi Kempot Yang Galau

sumber: www.kaorinusantara.or.id

Didi Kempot merupakan salah satu penyanyi legend di Indonesia. Dia merupakan salah satu pelantun tembang Campursari dengan gaya dan suara yang khas dan berkharisma. Sudah banyak karya-karya yang dia ciptakan dan tentu sangat populer khususnya bagi masyarakat Jawa. Pada postingan kali ini, saya ingin mengulas beberapa lagu Didi Kempot tentang cinta yang sedikit galau dan membuat hati trenyuh ketika mendengarkannya.


1. Sewu Kutho



Lagu ini merupakan salah satu lagu Didi Kempot yang paling populer. Lagu ini bercerita tentang pencarian seseorang terhadap kekasihnya yang telah lama hilang. Ia tidak tahu lagi dimana keberadaan kekasihnya, meskipun seribu kota telah dia lewati. Dalam hati, ia sangat merindukan kekasihnya tersebut dan berharap mereka bisa bertemu walau hanya satu kedipan mata.



2. Layang Kangen



Buat para pejuang LDR, lagu ini cocok banget untuk didengarkan. Lagu yang bercerita tentang kegundahan hati seseorang setelah membaca surat dari kekasihnya yang berada di negeri seberang. Andaikan saja ia memiliki sayap untuk terbang, seketika itu pula ia akan terbang menuju ke tempat kekasihnya itu. Sayang, keadaannya tidak memungkinkan.



3. Tanjung Mas Ninggal Janji



Lagu bercerita tentang penantian seseorang terhadap kekasihnya yang tengah pergi. Ia setia menunggu kedatangan kekasihnya atas janji yang telah mereka ikrarkan. Akan tetapi, si kekasih tak kunjung pulang setelah beberapa bulan berlalu. Sesuai judul di atas, lagu ini bertempat di salah satu pelabuhan di kota Semarang.



4. Ketaman Asmoro



Selanjutnya adalah lagu dengan judul Ketaman Asmoro. Lagu ini kurang lebih berkisah tentang orang yang lagi kasmaran dengan seseorang. Setiap malam ia selalu memikirkan orang yang dicintainya. Mau tidur pun susah, ia selalu terbayang-bayang pujaan hatinya tersebut. Memang, orang yang lagi kasmaran selalu gelisah terutama ketika perasaan yang terpendam itu menyiksa perlahan-lahan.



5. Cidro



Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya, kali ini menceritakan tentang patah hati. Diceritakan bahwa seseorang di lagu ini dikhianati oleh kekasihnya. Ia tidak pernah menyangka bahwa kekasihnya tega mengingkari janji yang telah mereka buat. Hal itu mungkin dikarenakan kasta mereka yang berbeda. Dan satu yang paling penting, ia tidak mengira akan terluka karena terlena oleh cinta.



6. Ojo Sujono



Lagu ini juga tak kalah galau dari lagu-lagu sebelumnya. Kisah yang diceritakan dalam lagu ini adalah tentang pertengkaran dalam sebuah hubungan. Mereka saling tidak percaya dan saling curiga dalam hubungan mereka. Akan tetapi, salah seorang di antara mereka berharap agar pertengkaran itu segera diredam agar tidak menyiksa hati kedua belah pihak. Ia benar-benar mencintai kekasihnya dan ingin tetap mempertahankan hubungan itu meski ia tahu banyak cobaan di antara mereka.



7. Stasiun Balapan



Tema dari lagu ini masih seputar kehilangan. Diceritakan bahwa seseorang di lagu ini telah ditinggal pergi oleh kekasihnya. Kejadian itu terjadi ketika ia mengantarkan kekasihnya di stasiun Balapan Solo. Ia tidak menyangka bahwa hal itu akan menjadi perpisahan bagi mereka. Padahal si kekasih berkata bahwa kepergiannya tidak lama. Nyatanya, itu dusta belaka.



8. Terminal Kertonegoro



Didi Kempot seringkali memakai judul lagu dengan nama sebuah tempat. Cerita dari lagu kali ini berlokasi di salah satu terminal di kota Ngawi. Tema cerita dari lagu ini juga tidak kalah galau. Seseorang di lagu ini melihat kekasihnya bergandengan tangan dengan orang lain. Hal itu tentu menyakiti perasaannya.



9. Suket Teki



Menurut saya ini lagu yang paling nyesek di antara lagu-lagu sebelumnya. Lagu ini sangat populer di daerah saya pada masanya. Ceritanya pun juga agak menyedihkan karena cinta yang berbalas dengan kepahitan. Ibarat kita menanam padi, tetapi kita tuai adalah ilalang. Seseorang di lagu ini intinya lebih memilih mengalah daripada harus maju tapi menyakitkan.



10. Banyu Langit



Sebagai penutup, lagu ini termasuk lagu galau dari Didi Kempot. Lagu ini pun masih bercerita tentang kehilangan dan kerinduan. Cukup lama ia tidak bertemu dengan kekasihnya, ia berharap kekasihnya hadir sejenak untuk mengobati rasa rindunya yang teramat dalam. Ia merindukan kehangatan, dimana mereka bisa menghabiskan waktu bersama-sama.


EmoticonEmoticon