12 Hewan Yang Paling Setia Terhadap Pasangannya

Kesetiaan adalah hal yang sangat sakral dalam sebuah hubungan. Tidak hanya manusia saja yang mampu menjaga kesetiaan terhadap belahan hatinya, tetapi hewan-hewan tertentu juga mempunyai perasaan yang  sangat kuat terhadap pasangannya. Mereka saling menjaga kesetiaan tersebut, tak peduli keadaan atau jarak yang memisahkan mereka. Kesetiaan hewan-hewan berikut ini sebaiknya patut kita renungkan dalam-dalam.

1. Angsa

sumber: www.kicaupetzone.com

Angsa merupakan sebuah lambang kesetiaan di dunia ini. Mereka hidup berpasang-pasangan. Ketika berenang, keduanya saling berdekatan dan yang lebih romantis adalah ketika kedua angsa saling menautkan kepala mereka lalu membentuk formasi hati. Pada saat musim dingin, mereka juga saling tahu untuk menghangatkan satu sama lain. Hubungan mereka berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Ketika salah satu meninggal, mereka tidak tertarik untuk mencari pasangan yang lain.

2. Serigala

sumber: nationalgeographic.co.id

Kita tahu, serigala adalah hewan yang buas. Akan tetapi, mereka juga termasuk hewan yang memiliki kesetiaan yang luar biasa terhadap pasangannya. Setelah menemukan pasangan dalam hidupnya, serigala akan membentuk kelompok bersama anak-anak mereka seperti sebuah keluarga.

3. Burung Merpati

source: tipsitps.blogspot.co.id

Burung merpati merupakan salah satu burung yang sangat terhadap setia terhadap pasangannya. Sejauh apapun mereka terbang, mereka akan selalu tahu tempat untuk pulang. Mereka saling mengikat janji untuk setia sehidup semati. Burung merpati sering dikiaskan sebagai simbol kesetiaan abadi.

4.Penguin Jambul Kuning

sumber: www.erect-crestedpenguin.com

Pada saat musim panas, penguin jambul kembali ke tempat dimana mereka dilahirkan untuk bertemu dengan pasangan yang cocok. Mereka membentuk kesetiaan dan menjadi pasangan hidup yang panjang. Lalu mereka akan kembali ke Antartika dan mencari titik dimana mereka akan berkeluarga. Setelah mereka membentuk sarang, mereka akan menjaga telur mereka bersama-sama.

5. Penyu Hawksbill

sumber: scubadiverlife.com

Penyu merupakan salah satu hewan paling setia di dunia ini. Meskipun si betina mampu menampung buih dari pejantan yang lain, mereka tetap memilih untuk menampung dari satu pasangan saja.

6. French Angelfish

sumber: life-sea.blogspot.co.id

Ikan laut ini terkenal karena kesetiaannya terhadap pasangannya. Meskipun mereka tidak peduli dengan anak-anak mereka yang baru menetas, mereka hidup bersama selamanya dan saling melindungi satu sama lain dari serangan ikan yang lain.

7. Burung Hantu

sumber: www.livescience.com

Burung hantu merupakan salah satu hewan yang setia di dunia ini. Mereka setia terhadap pasangannya bukan hanya pada musim kawin, melainkan juga sepanjang tahun. Mereka saling bekerja sama dalam menjaga dan membesarkan anak-anak mereka.

8. Buaya

sumber: kepoan.com

Mayoritas dari buaya menganut monogami yaitu setia pada satu pasangan. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa 70% dari buaya betina selalu memilih pasangan yang sama ketika musim kawin tiba. Padahal mereka memiliki kesempatan untuk mencari pasangan yang lain.

9. Elang Botak

sumber: bangka.tribunnews.com

Burung elang memiliki kesetiaan yang sangat tinggi terhadap pasangannya. Mereka tidak akan meninggalkan pasangan mereka sampai salah satu dari mereka mati. Mereka membangun sarang bersama-sama dan bergiliran dalam merawat anak-anak mereka, memberi kehangatan dan mencari makanan.

10. Berang-Berang

sumber: www.worldatlas.com

Berang-berang sangat setia dan sayang terhadap pasangannya. Mereka akan membangun sarang bersama-sama dan saling membantu dalam mencari makan. Setelah melahirkan anak-anaknya, mereka akan merawat anak mereka bersama dan tinggal di sarang yang sama.

11. Burung Parkit

sumber: www.jalaksuren.net

Parkit merupakan salah satu hewan yang dapat merasakan kesepian dan rasa sedih ketika tidak ada teman yang menemaninya. Mereka membutuhkan pasangan untuk berada di sisi mereka agar mereka bisa bahagia.  Mereka juga tidak ingin saling meninggalkan. Kematian salah satu pasangan dapat memberikan ketakutan yang luar biasa bagi mereka.

12.Rayap

sumber: knockoutpest.com

Mungkin ini terdengar agak asing, tetapi rayap merupakan salah satu hewan paling setia di dunia ini. Ketika hubungan antara rayap jantan dan betina telah terbentuk, mereka akan mencari sebuah tempat untuk berkembangbiak dan tumbuh. Mereka akan menjadi raja dan ratu yang akan memimpin sebuah koloni. Ratu rayap dan raja rayap akan membentuk ikatan seumur hidup mereka.


Baca juga: 5 Game Show Jepang Yang Populer di Indonesia


EmoticonEmoticon