5 Hal Yang Sebaiknya Kita Lakukan Ketika Awal Tahun

sumber: brillio.net

Tanpa terasa kini kita telah memasuki tahun yang baru. Perjalanan di bulan-bulan kemarin terasa begitu cepat dan telah menjadi kenangan. Itu artinya kita sekarang perlu membuka lembaran-lembaran baru. Memang, momen pergantian tahun merupakan saat-saat yang membahagiakan bagi kebanyakan orang. Suara terompat dan beragam kembang api bertebaran memenuhi langit.

Meskipun demikian, sebaiknya kita perlu menyikapi momen pergantian tahun dengan lebih bijak. Kita perlu menata langkah kita untuk menjadi lebih baik lagi pada waktu-waktu ke depan. Pada artikel ini, saya ingin membagikan pendapat saya mengenai beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan agar dapat memberikan efek positif ke dalam diri kita.

1. Menanamkan Pikiran dan Semangat Positif

Pada suasana yang masih baru ini sudah sepatutnya kita mengawali hari dengan semangat yang positif. Kita perlu membuang pikiran-pikiran negatif yang tidak perlu. Kita juga harus bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh-Nya. Dengan membangun energi yang positif, kita akan lebih termotivasi untuk menjalani hari ke depan.

2. Merenungi Kesalahan-Kesalahan di Tahun Kemarin

Kemarin adalah sebuah kenangan yang tidak akan dapat kita putar kembali. Kita hanya dapat mengenang kejadian-kejadian yang sudah berlalu sembari menikmati secangkir kopi di sore hari. Akan ada tawa atau rasa sedih yang pasti bercampur ketika kita mengingat hal-hal yang tak akan dapat kita lupakan di tahun kemarin. Akan tetapi, bukan berarti segalanya tak memiliki makna. Pengalaman kemarin adalah pelajaran berharga. Kita bisa merenungi segala kesalahan yang mungkin pernah kita lakukan. Hal itu dapat kita jadikan pelajaran untuk dapat memperbaiki diri.

3. Menata Rencana-Rencana Ke Depan

Kegiatan ini penting untuk dilakukan agar kita memiliki tujuan ketika bergerak. Jangan sampai kita bergerak semau kita tanpa tahu arah. Dengan menyusun rencana, hidup kita akan lebih terarah dan teratur. Kita akan tahu langkah-langkah yang mesti kita persiapkan untuk membuat rencana itu menjadi kenyataan. Kita juga bisa menata ulang rencana-rencana tahun kemarin yang belum tercapai.. Memang, manusia hanya bisa berencana dan Tuhan yang menentukan. Barangkali, rencana-rencana kemarin yang belum terwujud dapat terlaksana pada tahun ini. Kita hanya harus berusaha dan percaya.

4. Merelaksasikan Diri

Tentu di awal tahun kita memiliki hari libur yang dapat digunakan untuk bersantai dan liburan. Sebaiknya kita memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin agar pikiran dan tenaga kita lebih fresh. Sejenak mari kita lupakan tugas-tugas perkantoran atau tugas kuliah. Tapi kalau keadaan memaksa kita untuk tetap bekerja, sebaiknya kita tetap tersenyum dan ikhlas memenuhi tanggung jawab kita.

5. Move On

Hal terakhir yang menurut saya sangat perlu dilakukan adalah bangkit. Ini berlaku untuk semua hal, bukan hanya tentang masalah percintaan. Kita perlu bangkit dari masa lalu; bangkit dari berbagai kegagalan; serta bangkit dari keterpurukan yang melanda kita. Hidup masih terus berlanjut. Rintangan ke depan masih menanti. Sesulit dan sesakit apapun itu, kita hanya perlu move, move, and move again. We have to give our best.

***

Barangkali, itu saja sobat mengenai hal yang perlu kita lakukan dalam rangka mengawali tahun baru kali ini. Tulisan ini hanyalah opini dari saya dan mungkin kalian punya cara tersendiri dalam menyikapi tahun yang baru. Saya selaku pengurus blog ini juga ingin mengucapkan terimakasih atas apresiasi kalian para pembaca selama setahun ini. Semoga tulisan ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembaca. Thanks.


EmoticonEmoticon