10 Situs Yang Terbukti Membayar Tulisanmu


sumber: jennifergood.com

Kalian hobi menulis? Punya ide-ide menarik? Daripada tulisan kalian nganggur di draf, tak ada salahnya kalian mencoba mengirim artikel kalian ke situs-situs berikut ini. Selain kalian dapat menyalurkan hobi menulis, jika tulisan kalian di-approve dan di-publish maka kalian akan mendapatkan sejumlah honor. Lumayan bukan untuk menambah isi dompet kalian. Berikut ini adalah beberapa situs yang akan membayar tulisanmu:

1. UC News     
               
UC News merupakan portal berita yang membahas mengenai hal-hal yang faktual. Ada banyak  kategori tulisan seperti olahraga, gaya hidup, hiburan atau humor, dsb. Penulis dapat memilih kategori yang sesuai dengan bidangnya. Jika kalian tertarik untuk bergabung, kalian harus menyiapkan KTP terlebih dahulu sebagai persyaratan pendaftaran.

Honor yang diperoleh dari menulis di UC News memang tidak dapat ditentukan karena pihak UC News tidak membayar penulis berdasarkan jumlah view, tetapi berdasarkan jumlah iklan yang tampil. Pendapatan iklan yang terpasang di artikel kita nanti akan dibagi dua antara UC News dan penulis.

2. Babe News

Babe (Baca Berita) merupakan aplikasi portal berita yang sangat populer di Indonesia. Sudah banyak penulis yang tergabung di Babe karena memang honor yang dibayarkan terbilang cukup tinggi. Untuk menulis artikel di Babe pun juga tidak mudah karena mayoritas artikel yang diterbitkan merupakan artikel-artikel yang berkualitas. Kadang waktu moderasi artikel bisa berlangsung sampai empat minggu saking ketatnya penilaian artikel yang masuk.

Honor dari Babe sendiri terdiri dari beberapa tingkatan yaitu kisaran Rp. 10.000 – Rp. 50.000 tergantung jumlah view. Kalian juga bisa menjadi penulis tetap di Babe dengan cara konsisten menulis di satu kategori tertentu. Jika kalian memenuhi kriteria, pihak Babe akan mengirimkan e-mail perekrutan untuk anda.

3. Basabasi.co

Basabasi.co merupakan situs yang berisi tentang cerpen, esai, puisi dan hal-hal yang terkait literasi. Kebanyakan cerpen atau karya yang dimuat di artikel ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan sastra. Saya pernah membaca salah satu cerpen di Basabasi.co yang memang pemilihan diksi dan penyusunan kalimatnya tinggi banget. Kalian yang tertarik untuk menguji skill bercerita kalian boleh mengirimkan tulisan kalian ke sini. Untuk honor dari tulisan yang dipublish itu beragam, tergantung kategori tulisan: Cerpen dibayar Rp. 300.000, Puisi dibayar Rp. 250.000, Esai Rp. 300.000, Rehal Buku (resensi) Rp. 200.000, dan Hibernasi (artikel ringan) Rp. 100.000.

Baca juga: Tips dan Langkah-Langkah Menulis Cerpen yang Asik Nan Menarik

4. Mojok.co

Mojok merupakan sebuah situs hiburan yang berisi ide-ide nakal dan kadang artikelnya pun berbau politik atau humor dewasa. Ada banyak artikel mojok yang kadang bikin ngakak untuk dibaca. Kalian yang punya ide-ide menarik dan agak liar bisa mencoba mengirim artikel kalian ke situs ini. Untuk honor tulisan dari Mojok tidak dijelaskan secara gamblang, tapi berdasarkan referensi yang saya baca kisaran antara Rp. 10.000 – Rp. 50.000.

5. Idntimes

Buat kamu yang suka nulis tentang hal-hal seputar kehidupan remaja dan juga tentang gaya hidup, Idntimes merupakan platform yang cocok untuk menyalurkan hobi kalian. Kebanyakan artikel-artikel di Idntimes memang ditujukan untuk generasi muda. Selain itu, kadang artikel di Idntimes juga seputar kehidupan selebritis lokal atau internasional serta topik-topik yang tengah viral.

Sistem pembayaran tulisan di Idntimes adalah dengan mengumpulkan poin. Jadi, ketika artikelmu mendapat pembaca atau view 100, maka kamu akan mendapatkan 1 poin dan itu akan terus bertambah jika artikelmu dibaca dan dishare banyak orang. Ketika sudah mencapai 2.500 poin maka poin itu dapat dicairkan berupa uang senilai Rp. 250.000.

6. Jalantikus

Jalantikus adalah situs yang berisi topik mengenai teknologi dan seputar android. Buat kalian yang punya pemahaman seputar teknologi baik game, android, atau mungkin hardware bisa berbagi tips dan info di situs ini. Honor yang ditawarkan pun lumayan karena setiap artikel yang diterbitkan akan dibayar senilai Rp. 50.000.

7. Brillio.net

Brillio merupakan situs hiburan yang berisi mengenai humor, gaya hidup, dan topik-topik menarik lainnya. Untuk setiap artikel yang terpilih dan dipasang di halaman utama maka penulis akan menerima bayaran sebesar Rp. 200.000. Angka yang lumayan besar bukan.

8. Nulis.co.id

Nulis.co.id merupakan situs yang berafiliasi dengan BACA, salah satu aplikasi berita yang besar di Indonesia. Mencari viewer dengan menulis di Nulis.co.id tidak terlalu sulit karena setiap tulisan yang terbit juga akan diterbitkan di aplikasi BACA. Moderasi tulisan di situs ini lumayan lama yaitu sekitar tujuh hari. Apabila selama waktu itu artikel tidak terbit itu artinya tulisan kita masih belum layak dan kita bisa menerbitkannya di tempat lain. Penulis akan mendapatkan penghasilan melalui bagi hasil iklan yang tayang di artikel kita. Penghasilan dapat dicairkan apabila sudah mencapai Rp. 250.000.

Baca juga: 37 Mainan Masa Kecil yang Membuat Nostalgia
9.Vebma.com                                                                                                                                    

Jika kalian masih cukup pemula dalam dunia menulis, Vebma.com merupakan platorm yang cocok untuk kalian. Dalam penerimaan artikel, situs ini terbilang cukup longgar dan tidak seketat situs-situs lainnya. Pengikut fanpage di facebook situs ini telah mencapai 140ribu. Penulis akan mendapatkan bayaran Rp 2/view artikel. Jadi jika artikel kalian berhasil mendapatkan 50.000 view per hari, itu artinya pendapatan kalian adalah Rp. 100.000.

10. Beautynesia

Beautynesia merupakan situs yang membahas mengenai kecantikan, fashion, dan segala hal tentang kehidupan wanita. Buat kalian para cewek yang mungkin ngerti masalah semacam itu dan suka nulis, kalian bisa mengirimkan artikel kalian di Beautynesia. Setiap artikel yang terpilih dan berhasil diterbitkan akan mendapatkan honor senilai Rp. 20.000.

***

Akhir kata, mungkin itu saja teman-teman beberapa situs yang terbukti membayar tulisan kalian. Mohon maaf apabila informasi yang saya berikan kurang lengkap. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa langsung mengunjungi situs tersebut. Jangan patah semangat apabila artikel kalian ditolak, kalian hanya perlu mencoba lagi dan lagi. Thanks sudah mengunjungi artikel ini.

Baca juga: Clickbait – Teknik Menipu Pembaca untuk Meningkatkan Traffic

4 comments

Pernah sih mas nulis di yg mas sebutkan, tapi gak lama

Iya gan, buat alternatif saja sebagai penyalur hobi


EmoticonEmoticon