8 Motivasi Hidup Dari Menonton Anime


source: ultimate-techniques-anime-version.wikia.com

Anime merupakan tontonan yang sangat menarik untuk dinikmati terutama bagi para anak muda yang mencintai budaya Jepang. Genre anime yang disajikan pun kini beraneka ragam. Tak jarang anime menjadi teman terbaik sebagai pengisi waktu di kala senggang. Ada tawa, air mata, dan semangat yang terkadang bercampur aduk ketika menonton anime.

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa menonton anime itu cenderung kekanak-kanakkan. Mereka memberi stigma buruk kepada para penggemar anime tanpa dasar. Jika kita renungkan, ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil sebagai motivasi dari menonton anime. Oleh karena itu, MogiMogy ingin memaparkan beberapa motivasi tersebut.

1. Percaya Kepada Impian

Ini adalah poin penting yang kadang menjadi inti cerita sebuah anime. Contoh saja Uzumaki Naruto yang bercita-cita menjadi hokage atau Monkey D. Luffy yang bermimpi menjadi Raja Bajak Laut. Dengan mimpi, mereka termotivasi untuk selalu berusaha dan melakukan yang terbaik dalam setiap langkah. Mereka memiliki target dan tujuan hidup yang hendak dicapai. Keyakinan akan mimpi itulah yang sepatutnya kita tanamkan pada diri kita agar memacu semangat dalam diri kita.

2. Kerja Keras Menaklukkan Rintangan

Meskipun aral melintang, tak akan menyurutkan langkah juang. Para karakter utama di anime pun seringkali memakai konsep demikian. Dari berbagai pertarungan yang sulit mereka selalu berusaha sekuat mungkin untuk menaklukkan lawan yang menjadi rintangan dalam menggapai impiannya. Dengan kerja keras, mereka tumbuh menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu. Contoh saja Saitama yang dengan berlatih setiap hari menjadi pria kuat di alam semesta. Prinsip kerja keras itu perlu kita contoh dalam kehidupan sehari-hari kita.

3. Pantang Menyerah

Sikap pantang menyerah hampir sering kita jumpai dalam berbagai karakter utama dalam anime. Berkali-kali gagal itu bukan berarti menjadi sebuah akhir dari perjalanan. Dalam berusaha memang terkadang kita menemukan jalan yang buntu, tapi kita harus percaya bahwa secercah harapan masih ada di depan. Kita bisa berkaca pada pertarungan-pertarungan di anime Naruto dan One Piece, dimana karakter utama di kedua anime itu tidak pernah menyerah sampai mereka menang.


Baca juga: 15 Karakter Anime dengan Kekuatan Api

4. Keinginan Untuk Belajar

Belajar adalah hal yang sangat penting dalam hidup. Sepanjang kita masih hidup sudah sepatutnya kita memiliki keinginan untuk belajar dalam hal apapun. Belajar juga merupakan sebuah proses untuk menjadi yang lebih baik. Contoh saja Naruto yang selalu mengembangkan jurus-jurus barunya hingga ia berhasil mengendalikan Kyubi di dalam tubuhnya, serta Monkey D. Luffy yang belajar dengan Rayleigh selama dua tahun untuk menjadi lebih kuat.

5. Solidaritas Antar Teman

Setiap karakter di anime selalu menjadikan teman sebagai harta terpenting dalam perjalanan hidup mereka. Teman yang dapat memberikan mereka keberanian dalam menaklukkan setiap rintangan. Karakter-karakter anime akan saling bahu membahu apabila salah satu teman mereka mengalami kesulitan. Mereka tidak akan meninggalkan teman yang kesusahan di belakang. Selain itu, rasa kesetiakawanan mereka terhadap teman juga sangat tinggi.

6. Empati Terhadap Orang Lain

Anime juga mengajarkan kita tentang kepedulian terhadap orang yang lebih membutuhkan. Mereka akan sebisa mungkin menolong orang yang kesulitan dengan kekuatan yang mereka miliki. Hal ini sudah sepatutnya kita jadikan renungan sehingga memantik kepedulian sosial kita terhadap orang yang kurang beruntung di luar sana.

7. Menentang Penindasan dan Ketidakadilan

Mungkin ini masih berkaitan dengan poin yang keenam. Akan tetapi memang hampir di setiap anime itu menentang yang namanya kejahatan, ketidakadilan atau penindasan. Ada pesan kedamaian yang hampir selalu diselipkan dalam setiap anime. Hal ini bisa jadi renungan untuk kita agar selalu melawan segala penindasan terutama terhadap kaum-kaum lemah.

8. From Nothing Be Something

Menurut saya, motivasi terbaik dari menonton anime tergambarkan pada semboyan tersebut. Mereka yang pada awalnya diremehkan, dicaci maki dan kadang menjadi korban bullying dari lingkungan sekitar perlahan-lahan menjadi sosok yang dihormati. Selain itu, mimpi yang dianggap sebagai bualan belaka pada akhirnya mampu diwujudkan oleh si karakter utama. Contohnya adalah Naruto yang berhasil menjadi Hokage dan dihormati semua orang. Hal itu memang memerlukan perjalanan panjang dan juga tidak mudah untuk digapai. Tetapi, kita bisa menjadikan itu motivasi dalam hidup kita.

***

Barangkali itu saja teman-teman hal yang dapat saya share kali ini. Mohon maaf kalau anime yang saya jadikan sampel hanya sedikit karena memang saya paling suka dengan anime Naruto dan One Piece. Saya percaya masih ada banyak anime yang bagus untuk ditonton dan dapat memacu semangat dan motivasi dalam diri kita. Semoga kalian yang membaca artikel ini bisa mendapat secercah inspirasi dan motivasi.


Baca juga: Naruto vs One Piece – Pembahasan Komparatif dari Berbagai Segi


EmoticonEmoticon