Naruto vs One Piece – Pembahasan Komparatif dari Berbagai Segi


source: duniaku.net

Naruto dan One Piece merupakan dua manga besar yang kepopulerannya telah terkenal hingga ke seluruh dunia. Kedua manga ini juga dapat dikategorikan ke dalam manga terbaik sepanjang masa. Terbukti dari banyaknya penggemar yang mengalahkan kepopuleran manga-manga lainnya.

Naruto merupakan manga yang yang mengusung tema tentang dunia ninja. Manga ini bercerita tentang perjuangan Naruto dalam mencapai impiannya untuk menjadi hokage terhebat sepanjang masa. Pengarang dari Naruto adalah Masashi Kisimoto. Cerita dari manga Naruto telah tamat saat ini dan dilanjutkan ke babak baru yaitu tentang petualangan anaknya, Boruto.

Sedangkan, One Piece adalah manga yang bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy dalam menggapai impiannya menjadi raja bajak laut. Manga ini dikarang oleh Eichiro Oda. Cerita dari One Piece masih berlanjut sampai sekarang ini.

Kedua manga ini memang memiliki keunikan serta keunggulan masing-masing. Dan sejujurnya adalah hal yang sia-sia ketika kita berdebat tentang manga mana yang paling hebat karena masalah ini tergantung dengan selera masing-masing orang. Namun, kali ini saya ingin mencoba beropini dan mencoba membandingkan kedua manga itu dari beragam sisi. Semoga tulisan ini memberikan inspirasi dan memberikan perspektif baru untuk para pembaca.

1. Penokohan

Penokohan mencakup segala hal yang berkaitan dengan pembuatan karakter serta karakteristik-karakteristik mereka. Naruto dan Monkey D. Luffy adalah pemuda yang sama-sama memiliki sikap konyol dan bodoh. Mereka juga memiliki rasa empati yang sangat tinggi terhadap kawan-kawannya. Konsep “menggapai impian” juga ada di kedua karakter tersebut. Mereka memiliki mimpi masing-masing dan rela mempertaruhkan nyawa untuk menggapai impian tersebut.

Penggambaran karakter-karakter dalam Naruto dapat dikatakan relatif proporsional seperti orang normal pada umumnya, meskipun ada beberapa karakter yang sedikit aneh seperti Kisame. Hal ini berbeda dengan di serial One Piece. Terdapat berbagai macam ras di dunia One Piece sehingga karakter-karakter yang ada di dalam serial ini bermacam-macam dengan kekhasan mereka masing-masing. Malah ada yang memiliki tubuh raksasa dan tidak seperti manusia normal pada umumnya.

Pendalaman karakter dalam manga Naruto terlihat lebih intim dan detail jika dibandingkan dengan One Piece. Hal ini juga berkaitan dengan terbatasnya dunia di Naruto sehingga karakter yang ditampilkan tidak terlalu banyak. Hampir setiap karakter di Naruto memiliki latar belakang yang kerapkali mengambil porsi cukup besar dalam cerita. Masashi Kisimoto selalu menampilkan rekam jejak karakter yang dia buat – baik itu karakter protagonis atau antagonis. Contoh saja adalah Uchiha Itachi, Hoshigaki Kisame, Gaara, Killer Bee, dll.

Sedangkan, dalam One Piece hanya karakter-karakter tertentu saja yang mendapat porsi lebih dalam cerita. Hal ini juga dikarenakan oleh luasnya dunia One Piece serta banyaknya jumlah karakter yang ada di cerita sehingga tidak mungkin jika Eichiro Oda menjelaskan secara mendetail satu per satu karakternya. Selain itu, hampir semua karakter di dunia Naruto cenderung memiliki masa lalu yang menyedihkan dan bernuansa kelam. Meskipun hal ini juga berlaku di dunia One Piece.

Untuk pengembangan karakter, One Piece lebih dominan karena dunia yang ada dalam cerita itu sangat luas. Dan salah satu kelebihannya adalah karakter-karakter di One Piece selalu memiliki keunikan tersendiri dan jarang ada yang berpenampilan sama.

2. Setting Dunia

Dunia di dalam manga Naruto terbagi menjadi lima bagian utama yaitu Konohagakure, Sunagakure, Kumogakure, Kirigakure, Iwagakure. Selain kelima tempat itu, terdapat juga desa-desa kecil yang kadang menjadi tempat berlangsungnya cerita. Dapat dikatakan bahwa ruang lingkup tempat di manga ini sangat terbatas.

Jika dibandingkan dengan Naruto, dunia di dalam One Piece jauh lebih luas karena tidak hanya terbatas pada satu tempat. Dunia One Piece sendiri terbagi menjadi beberapa bagian utama yaitu East Blue, West Blue, North Blue, South Blue, Grand Line dan Red Line. Sejauh ini, hanya East Blue dan Grand Line yang menjadi tempat utama cerita di One Piece. Meskipun demikian, di Grand Line terdapat beraneka macam pulau yang kadang terinspirasi dari dunia nyata.

3. Alur Cerita

Naruto dan One Piece memiliki alur cerita masing-masing yang dapat dikatakan rumit dan kompleks jika dibandingkan dengan manga yang lain. Akan tetapi, alur cerita di dalam One Piece berjalan lebih kompleks dan panjang dari Naruto karena masih terlalu banyak misteri yang sampai sekarang belum terpecahkan. Kerumitan cerita di One Piece juga dipengaruhi oleh luasnya dunia serta banyaknya karakter-karakter yang memainkan peran penting dalam cerita.

Jika ditarik kesimpulan, cerita dalam Naruto sebenarnya mengerucut pada terjadinya perang besar yang bertujuan untuk membangkitkan Kaguya kembali serta mengancam dunia ninja. Sebelum menuju ke konflik utama itu, Naruto hanya berhadapan dengan tokoh-tokoh akatsuki serta Orochimaru. Malah pada Naruto saat kecil, ceritanya lumayan membosankan karena tidak terlalu memiliki sumbangsih untuk cerita utama. Selain itu, konflik lain dalam Naruto adalah perpecahannya dengan Sasuke. Naruto berusaha mati-matian untuk mengejar Sasuke dan mengimbanginya.

Di satu sisi, konflik di dalam One Piece lebih beraneka ragam. Tidak hanya dengan sesama bajak laut, Luffy dan kawan-kawannya juga bermusuhan dengan angkatan laut. Dan terkadang cerita tidak hanya berpusat pada Luffy. Kadang karakter-karakter lain menjadi pemicu utama dalam cerita seperti saat di Marineford ketika Ace hendak dieksekusi  atau Sanji yang mengalami konflik dengan keluarga Vinsmoke dan Yonkou Big Mom. Memang, sejauh ini tujuan dari petualangan Luffy adalah menemukan One Piece di Raftel. Namun itu masih menjadi misteri tersendiri. Terlebih bahwa Oda sudah merencanakan tentang pertarungan terbesar di dunia yang akan melibatkan banyak karakter-karakter penting.

Jadi dapat dikatakan bahwa alur di dalam serial Naruto itu seperti garis linier yang lurus yang bercabang, sedangkan One Piece memiliki garis horizontal-vertikal yang cabangnya ke mana-mana dan masih susah untuk ditebak tapi cabang-cabang itu kemungkinan akan bertemu pada satu titik utama.

4. Nuansa Cerita

Meskipun Naruto dan One Piece sama-sama ber-genre action, namun tidak jarang juga terdapat adegan-adegan yang kadang dapat menguras air mata. Masing-masing mangaka dari kedua manga ini memiliki kekhasan tersendiri dalam menampilkan romantika cerita. Kadang ada adegan yang sangat menyedihkan, kadang juga mengundang tawa dan kadang mengandung tragedi yang memilukan.

Untuk adegan humor, Eichiro Oda memiliki sensitivitas humor yang lebih tinggi dibandingkan Masashi Kishimoto. Ada banyak karakter-karakter konyol seperti Luffy, Usopp, Buggy dan masih banyak lagi. Karakter-karakter itu mampu mengundang tawa penggemar dengan tingkah absurd mereka. Dalam manga Naruto, adegan humor paling ngakak hanya diperlihatkan oleh tingkah konyol Lee dan Might Guy.

Meskipun demikian, dari segi romance Naruto masih terlihat lebih kental dibandingkan One Piece. Kisah cinta dalam diam Hinata serta penantian Sakura kadang menjadi daya tarik tersendiri ketika menikmati alur cerita Naruto. Di dalam cerita One Piece juga terdapat beberapa adegan romantis seperti kisah Kyros dan Scarlet. Namun, adegan-adegan semacam itu tidak terlalu ditonjolkan oleh Oda.

Kedua manga ini juga memiliki beberapa part paling menyedihkan yang dapat membuat pembaca meneteskan air mata. Contoh adegan sedih di Naruto yaitu kematian Jiraiya, kematian Itachi dan kematian Minato Kushina yang menimbulkan bekas yang cukup dalam di hati. Dalam manga One Piece juga terdapat part yang sangat menyedihkan yaitu kematian Ace serta pemakaman Going Merry.

5. Konsep Kekuatan dan Gaya Pertarungan

Dalam manga Naruto terdapat konsep cakhra yang digunakan oleh para karakter untuk menciptakan bertarung. Terdapat tiga jenis gaya bertarung di Naruto yaitu Taijutsu (Bela Diri), Genjutsu (Ilusi) dan Ninjutsu (Jurus Ninja). Kebanyakan dalam cerita, para ninja bertarung dalam sebuah tim untuk mengalahkan lawan yang sangat kuat seperti Akatsuki. Memang ada beberapa adegan ketika satu lawan satu seperti Naruto melawan Pain atau Itachi melawan Sasuke. Namun, pertarungan di dalam Naruto cenderung konsep team atau kerja sama. Dan salah satu yang menarik adalah jurus-jurus ninja di dalam Naruto ada beraneka ragam dan kadang terkesan hyper seperti pada jurus Amaterasu, Kuchiyose, Susano’o dan Bijuu Dama. Cakupan jurus itu terlalu besar dan memiliki daya hancur yang luar biasa. Selain itu, konsep Bijuu, kekuatan mata seperti Byakugan dan Sharingan, Senjutsu dan Kekkei Genkai juga menjadi poin yang bagus di Naruto.

Kekuatan di dunia One Piece cenderung lebih beraneka ragam tergantung masing-masing karakter. Namun yang menjadi fokus penting di cerita One Piece adalah kekuatan Buah Iblis dan Haki. Buah Iblis mampu memberikan kekuatan super kepada penggunanya. Ada beberapa buah Iblis yang memiliki kekuatan dengan daya hancur yang luar biasa seperti Magu Magu no Mi milik Akainu, Gura Gura no Mi milik Shirohige dan Yami Yami no Mi milik Marshall D. Teach. Sedangkan, Haki merupakan kekuatan yang didasarkan oleh semangat. Pengguna haki mampu melukai para pengguna buah iblis. Selain kedua kekuatan itu, terdapat banyak karakter dengan skill lain yang digunakan dalam bertarung seperti pendekar pedang, petarung bela diri, robot dan juga penembak jitu. Dalam pertarungan, kebanyakan Oda memakai konsep satu lawan satu. Hal ini berbeda dengan pertarungan dalam manga Naruto.

Namun jika dilihat, pertarungan-pertarungan dalam Naruto lebih dahsyat dengan ninjutsu-ninjutsu para karakter jika dibandingkan dengan pertarungan yang ada di One Piece. Meskipun demikian, bukan berarti pertarungan-pertarungan di One Piece tidak semenarik yang ada di Naruto.

6. Penjualan Manga

Salah satu yang membuktikan kesuksesan dari kedua manga ini adalah rekor penjualan manga yang sudah mencapai ratusan juta. Dikutip dari duniaku.net, manga Naruto telah berhasil terjual lebih dari 220 juta kopi pada tahun 2016. Sedangkan, manga One Piece telah terjual lebih dari 320 juta kopi pada tahun 2016. Meskipun penjualan kedua manga ini terpaut lumayan jauh, namun angka-angka itu terbilang sangat fantastis jika dibandingkan dengan penjualan manga-manga yang lain.

***

Sebagai penutup, saya berharap semoga tulisan ini menghibur kalian semua. Saya tidak ingin berdebat terlalu panjang mengenai Naruto vs One Piece. Hal ini dikarenakan selera orang itu memang berbeda-beda dan kita tidak bisa menyamakan.

Kita sebagai fans meskipun berbeda pandangan harusnya tetap akur dan saling menghargai. Kita bisa meniru Masashi Kisimoto dan Eichiro Oda yang saling menghormati dengan cara saling mengapresiasi tanpa mengklaim sepihak bahwa manga mereka yang paling bagus.

Sekian dari saya dan mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, Thanks.


EmoticonEmoticon