4 Kartun Malaysia yang Populer di Indonesia


Halo sobat. Pada kesempatan kali ini saya pengen membahas mengenai dunia kartun yang sangat erat hubungannya dengan anak-anak. Mungkin dunia kartun zaman sekarang sangat berbeda dengan zaman dahulu yang sangat kaya dan beraneka ragam. Serial kartun yang ditayangkan saat ini hanya kartun-kartun yang tidak mengandung nilai-nilai kekerasan. Kebanyakan kartun yang mengandung adegan pertaungan sudah tidak diperbolehkan tayang, padahal dahulu kartun semacam itu sangat digemari anak-anak.

Selain kartun dari America dan Jepang, kartun-kartun buatan Malaysia memiliki popularitas yang sangat tinggi di masyarakat Indonesia. Dan kali ini saya pengen mengulas beberapa kartun Malaysia yang populer di Indonesia.

1. Upin dan Ipin

source: brillio.net

Upin dan Ipin merupakan kartun anak-anak yang pertama kali dirilis pada Semptember 2007 di Malaysia. Pada awal penayangannya, Upin dan Ipin dibuat untuk mengenalkan anak-anak tentang Ramadan. Namun karena ketertarikan masyarakat yang sangat tinggi terhadap kartun ini membuat kartun ini terus diproduksi hingga sekarang.

Tingkah lucu Upin dan Ipin bersama kawan-kawannya mampu memberikan keceriaan tersendiri bagi anak-anak. Saya dulu juga sangat suka cerita dari Upin dan Ipin. Selain menarik dan lucu, beberapa cerita dari Upin dan Ipin selalu menyisipkan pesan-pesan moral yang sangat baik untuk anak seperti tentang indahnya Islam, budaya menolong antar kawan dsb.

2. BoBoiBoy

source: brillio.net

BoBoiBoy adalah serial animasi yang bercerita tentang seorang anak yang memiliki kekuatan luar biasa untuk menghadapi makhluk asing yang ingin menguasai bumi. Serial ini dapat dibilang mirip dengan serial superhero-superhero yang sangat digemari anak-anak. BoBoiBoy bersama teman-temannya Yaya, Ying dan Gopal bekerjasama melawan alien berkepala kotak yaitu Adu Du dan antek-anteknya Probe dan Computer yang menginginkan biji cokelat agar bisa menaklukkan bumi.

BoBoiBoy memiliki tiga jenis perubahan berdasarkan elemen yaitu petir, tanah dan angin serta kemampuan untuk memecah dirinya menjadi tiga orang berdasarkan elemen-elemen tersebut. Teman-temannya juga memiliki kekuatan spesial. Yaya mampu memanipulasi gravitasi, Ying mampu memanipulasi waktu dan Gopal mampu memanipulasi molekul. Serial ini sangat menarik untuk ditonton karena grafisnya yang bagus dan ceritanya yang seru.

3. Pada Zaman Dahulu

source: brillio.net

Animasi anak yang satu ini bercerita tentang seorang kakek yang suka mendongengkan kisah-kisah menarik kepada kedua cucunya. Ia mendongengkan kisah kancil dan beberapa karakter hewan lainnya seperti singa, kerbau, harimau, dll.

Cerita-cerita dari kakeknya sangat menarik sehingga membuat dua cucunya tidak mau pulang ketika diajak ayahnya. Serial animasi ini sangat bagus ditonton bagi anak-anak karena memiliki pesan moral yang sangat baik.

4. Ejen Ali

source: id.ejenali.wikia.com

Ejen Ali merupakan serial animasi Malaysia yang diproduksi oleh WAU Animation. Serial ini bercerita tentang sesorang bocah yang tidak sengaja menjadi agen MATA seteah menggunakan teknologi Infinity Retinal Intelligent System (IRIS). IRIS merupakan sebuah perangkat prototype yang dibuat oleh MATA. Setelah kejadian itu, Ali dan pamannya Bakar bekerja sama dalam misi MATA.

Ejen Alin ditayangkan oleh MNC TV. Serial ini termasuk masih baru dan patut untuk ditonton oleh anak-anak sebagai pengisi waktu luang.
****
Barangkali itu saja teman-teman beberapa kartun Malaysia yang menarik dan populer di Indonesia. Semoga tulisan ini menghibur dan memberikan secercah inspirasi bagi sobat. Dan buat adik-adik jangan lupa belajar ya. Jangan terlalu sering menonton TV hehe. Thanks.


EmoticonEmoticon