8 Hal yang Selalu Khas di Bulan Ramadan


source: thespec.com

Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah dan kemuliaan. Di dalam bulan suci ini para umat muslim menjalankan ibadah puasa dan berlomba-lomba dalam mencari kebaikan. Selain itu, bulan suci Ramadan selalu menjadi momen yang istimewa dan berkesan bagi hati setiap orang.

Nah, kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai hal-hal yang khas yang selalu ada di bulan suci Ramadan. Hal-hal ini yang biasanya membuat kita kangen apabila Ramadan sudah berlalu. Langsung saja mari kita bahas satu persatu.

1. Tarawih di Masjid

Tarawih merupakan shalat sunah yang hanya ada di bulan Ramadan. Sholat ini biasanya dilakukan delapan roka’at atau dua puluh tiga raka’aat. Yang paling asik dari tarawih adalah ketika anak-anak kecil ramai sendiri dan ketika bilang “Amin” mereka yang paling kenceng dari sekian banyak jamaah. Hal tersebut kadang menjadi momentum yang membuat kangen.

2. Tadarusan

Selain tarawih, yang menjadi khas di bulan Ramadan adalah suara orang mengaji yang menggema di langit. Orang-orang tadarus di masjid biasanya setelah tarawih hingga mendekati tengah malam. Biasanya yang mengaji adalah para anak-anak muda tapi kadang juga para takmir masjid.

3. Ronda dan Sahur

Salah satu kebiasaan yang unik di bulan Ramadan adalah acara ronda untuk membangunkan orang-orang sahur. Ronda kalau jaman dahulu hanya memakai kentongan dan alat-alat seadanya yang lumayan berisik dan efektif untuk membangunkan orang. Namun, saat ini peralatan ronda lebih beraneka ragam yang terdiri dari angklung, kentongan dan instrumen pendukung lainnya.

4. Petasan dan Kembang Api

Rasanya kurang afdhol kalau kita melalui bulan Ramadan tanpa mendengar suara petasan dan kembang api. Anak-anak kecil biasanya senang sekali memainkan petasan dan kembang api meskipun membahayakan. Ada banyak ragam kembang api yang dijual di pinggir-pinggir jalan dan itu sangat menarik bagi. Bermain kembang api tidak apa-apa asalkan diawasi oleh orang tua dan harus sangat berhati-hati.

5. Bukber

Acara bukber selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu di bulan puasa. Acara ini bisa menjadi wadah silaturahmi sekaligus ajang reuni dengan kawan-kawan lama (khususnya reuni sama mantan). Namun, mengadakan bukber itu kadang hanyalah sebuah wacana belaka apabila tidak ada yang mau direpotkan.

6. Ngabuburit

Ngabuburit merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menunggu buka puasa dengan berbagai macam cara. Ada yang jalan-jalan keliling kota atau mungkin main game hingga adzan maghrib berkumandang. Tidur sampai sore pun mungkin juga bisa dibilang ngabuburit. Intinya ngabuburit dapat menjadi hal yang menyenangkan.

7. Acara-Acara Religi di Televisi

Ketika Ramadan tiba, ramai stasiun-stasiun TV menawarkan sinema atau acara yang berbau religus. Entah itu sinetron penuh hikmah, ftv, acara komedi atau lomba-lomba seperti lomba ceramah dan hafidz. Dan yang kadang terkesan aneh adalah ketika para artis mendadak taubat dengan memakai kerudung dan pakaian yang menutup aurat.

8. Iklan Sirup dan Sejenisnya

Salah satu ciri Ramadan adalah bertebarnya iklan-iklan sirup di televisi. Biasanya iklan ini disajikan dengan bumbu drama yang mengandung kisah serta nilai-nilai kehidupan. Selain iklan sirup, iklan-iklan lain pun juga memakai konsep sedemikian rupa. Hal ini sebenarnya sangat bagus karena pesan yang disampaikan melalui iklan itu dapat dicontoh oleh masyarakat.
***
Barangkali itu saja kawan beberapa hal yang khas di bulan suci Ramadan. Hal-hal tersebut akan menjadi hal yang sangat dirindukan ketika bulan Ramadan telah pergi. Sekian dari saya. Semoga artikel ini menghibur dan memberikan secercah inspirasi.


EmoticonEmoticon