10 Merek Indonesia yang Dianggap Merek Luar Negeri

Ketika mendengar merek yang berasal dari luar negeri, maka kebanyakan masyarakat menganggap kualitas barang dari produk tersebut sangat baik dan terjamin. Tak heran apabila saat ini masih banyak masyarakat yang masih brand oriented dan terpikat dengan penampilan luar. 

Paradigma bahwa produk luar negeri lebih berkualitas dibandingkan produk dalam negeri masih berkembang di dalam masyarakat kita. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena banyak produk-produk berkualitas yang dibuat dari dalam negeri. Nah, berikut ini adalah merek ternama asli buatan Indonesia yang masih sering dianggap merek luar negeri. Mungkin dari sobat sudah penasaran merek-merek apa sajakah itu. Mari kita bahas bersama-sama.

1. Polygon

serbasepeda.com

Polygon merupakan salah satu merek sepeda yang sudah dikenal oleh masyarakat. Mungkin banyak dari kita yang masih beranggapan bahwa Polygon adalah produk dari luar negeri. Faktanya, tempat produksi sepeda Polygon berlokasi di Sidoarjo Jawa Timur. Sekarang, Polygon sudah dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga sudah merambah ke kancah internasional.

2. Lea Jeans

twitter.com

Banyak yang menganggap bahwa merk jeans yang satu ini berasal dari Amerika. Padahal, Lea Jeans merupakan salah brand fashion asli Indonesia yang diproduksi di Tangerang, Banten oleh PT Lea Sanent. Merk ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1976 dengan menyediakan pakaian-pakaian bergaya kasual. 
Produk dari Lea Jeans memiliki kualitas yang sangat bagus dan mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri. Pemasaran Lea Jeans saat ini sudah merambah ke negara-negara lain seperti Dubai dan Korea.

3. CFC

kabarnesia.com

California Fried Chicken atau CFC adalah restoran waralaba yang menyajikan hidangan utama ayam. Mendengar namanya yang memakai bahasa Inggris, mungkin banyak yang beranggapan bahwa merek ini berasal dari luar negeri. Padahal, CFC didirikan di Jakarta pada tahun 1983. Sekarang, CFC sudah memiliki lebih dari 180 gerai di seluruh Indonesia.

4. Eiger

wwf.or.id

Eiger atau PT Eigerindo Multi Produk Industri merupakan salah satu perusahaan dan merek yang berasal dari Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Ronny Lukito pada tahun 1993. Eiger memproduksi berbagai macam pakaian dan peralatan rekreasi alam. Usut punya usut, nama Eiger berasal dari nama gunung di pegunungan Alpen, Swiss.

5. Polytron

bukalapak.com

Banyak dari kita yang mungkin masih beranggapan bahwa Polytron merupakan merk dari luar negeri. Padahal, Polytron merupakan sebuah perusahaan elektronik yang berasal dari Indonesia dan didirikan pada tahun 1975 di Kudus. Polytron memproduksi berbagai macam peralatan elektronik seperti televis, radio dan juga kini smartphone. Dalam bidang elektronik, Polytron membuktikan bahwa Indonesia tidak kalah dengan produsen luar negeri.

6. J.CO Donuts and Coffe

id.m.wikipedia.org

Dari nama saja kita mungkin dengan mudah menebak bahwa merek ini berasal dari luar negeri. Sayangnya, tebakan kita keliru. J.CO adalah brand Donat asli Indonesia yang didirikan oleh pengusaha muda bernama Johnny Andrean. Produk donat dari J.CO mampu bersaing dengan merek luar negeri seperti Dunkin Donuts. Sekarang, J.CO telah  memiliki gerai di negeri tetanga seperti Malaysia dan Singapura.

7. Tomkins

jogja.tribunnews.com

Tomkins merupakan salah satu brand sepatu yang sudah sangat terkenal. Merek ini menyediakan berbagai produk sepatu yang lengkap mulai dari sepatu olahraga, separu sekolah hingga sepatu yang kasual pun telah diproduksi dengan kualitas yang sangat baik. Mungkin dari namanya kita beranggapan bahwa produk ini berasal dari luar negeri. Namun perlu kita tahu, bahwa Tomkins adalah merek sepatu asli Indonesia.

8. Hoka Hoka Bento

id.wikipedia.org

Mungkin kita sering beranggapan bahwa merek yang satu ini berasal dari Jepang. Padahal, Hoka Hoka Bento didirikan di Jakarta pada tahun 1985 oleh Hendra Arifin. Hokben sendiri merupakan sebuah restoran waralaba yang menyajikan makanan Jepang seperti yakiniku, teriyaki dll. Nama dari Hoka Hoka Bento diambil dari bahasa Jepang yang berarti “makanan hangat dalam boks”. Sekarang, Hokben telah memiliki sekitar 350 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

9. Excelso

loveindonesia.com

Excelso adalah sebuah outlet kopi yang didirikan di Indonesia pada tahun 1991. Mungkin banyak dari kita yang menganggap bahwa merek ini berasal dari luar negeri. Kafe Excelso sendiri terdiri dari tiga model yaotu de’Excelso, Kafe Excelso dan Excelso Express. Saat ini, jumlah gerai dari Kafe Excelso sekitar 65 dan tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dll.

10. The Executive

tunjunganplaza.com

The Executive merupakan brand fashion asli Indonesia yang telah ada sejak tahun 1984. Pendiri dari The Executive adalah Johanes Farial yang berdiri di bawah PT. Delami Garment Industries. The Executive menyediakan berbagai macam fashion yang berkualitas dan terjangkau serta tidak kalah dengan produk-produk fashion dari luar negeri.

Mungkin itu saja sobat beberapa merek asli Indonesia yang kerapkali disangka sebagai merek dari luar negeri. Memang sebaiknya kita lebih menyukai dan memberikan dukungan lebih terhadap produk-produk asli buatan Indonesia agar lebih maju dan berkembang di masa depan. Semoga tulisan ini memberikan secercah inspirasi baru dan bermanfaat bagi sobat sekalian.


EmoticonEmoticon