15 Tipe-Tipe Mahasiswa di Kampus


source: vebma.com

Dunia kampus selalu dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswa unik yang memiliki latar belakang masing-masing. Mereka memiliki pemikiran dan visi masing-masing di dunia perkuliahan. Ada mahasiswa yang hanya terfokus pada dunia akademik saja, tetapi banyak juga mahasiswa yang suka berorganisasi untuk mengembangkan dirinya.

Nah, kali ini MogiMogy pengen membahas tipe-tipe mahasiswa yang kemungkinan besar hampir ada di setiap kampus. Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengamatan saya kecil-kecilan serta berdasarkan referensi artikel yang saya baca di internet. So, langsung saja kita bahas bareng-bareng.

1. Mahasiswa On Time

Mahasiswa ini merupakan tipe mahasiswa rajin yang selalu tepat waktu dalam hal apapun. Dia biasanya selalu datang lebih awal ke kelas dibandingkan teman-temannya. Selain itu, ia juga yang biasanya paling awal selesai mengerjakan tugas. Mahasiswa tipe ini biasanya tidak menyukai masa-masa kepepet dikejar deadline. Bagi dia, waktu adalah uang yang sangat berharga.

2. Mahasiswa Aktivis

Sesuai dengan namanya, mahasiswa ini adalah tipe mahasiswa yang sangat sibuk. Mereka sibuk berorganisasi dan memiliki agenda rapat yang sangat padat. Mungkin seminggu bisa tiga sampai lima kali. Tak hanya itu, mereka juga biasanya sering pulang larut malam terutama ketika ada acara di dalam kampus. Mahasiswa tipe ini juga seringkali menyuarakan kritik kepada pemerintah melalui demo atau diskusi. Meskipun demikian, mahasiswa aktivis patut diacungi jempol karena mereka mampu membagi waktu mereka antara kuliah dan berorganisasi.

3. Mahasiswa Setengah Dosen

Tipe mahasiswa yang satu ini merupakan mahasiswa yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan mungkin hampir seperti dosen karena tahu banyak hal. Ia tahu dan paham segala materi yang disampaikan dosen dari A hingga Z. Mahasiswa tipe ini kerap menjadi sorotan di dalam kelas dan kerap manjadi sasaran pertanyaan-pertanyaan dari teman-temannya yang masih belum mengerti dengan materi yang diajarkan.

4. Mahasiswa Anti Bangku Depan

Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang sangat jarang ditemui duduk di bangku depan. Mereka cenderung memilih untuk duduk di bangku paling belakang dan paling strategis agar sebisa mungkin tidak diperhatikan oleh dosen. Jika mereka duduk di bangku depan, kemungkinan besar mereka akan disuruh maju dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dosen. Oleh sebab itu, bangku paling belakang merupakan pilihan yang tepat. Mahasiswa semacam ini biasanya juga termasuk mahasiswa yang rendah hati karena enggan disebut pintar, berhubung bangku belakang konotasinya negatif.

5. Mahasiswa Selow

Mahasiswa yang satu ini adalah mahasiswa yang selalu santai dalam kondisi apapun. Jika mendapatkan tugas, ia tidak terlalu ambil pusing karena bisa tanya-tanya teman. Kalaupun ada tugas kelompok, paling tidak dia bisa titip nama. Dan kadang mahasiswa tipe ini juga seringkali mengambil jatah untuk bolos kuliah.

6. Mahasiswa Ngopi

Tipe mahasiswa yang satu ini adalah mereka yang sangat suka nongkrong di warung kopi sambil merokok. Mahasiswa semacam ini biasanya menjadikan kantin atau warteg sebagai markas yang bagus. Selain untuk menikmati jam istirahat, mereka juga bisa melihat maba-maba atau mahasiswi yang cantik. Lumayan untuk melepas bosan. Tak hanya di dalam kampus, mahasiswa semacam ini juga seringkali kelihatan nongkrong di kafe-kafe atau warkop.

7. Mahasiswa Kreatif

Mahasiswa kreatif adalah mahasiswa-mahasiswa yang memilih untuk berkarya sembari kuliah. Mereka yang tergolong tipe ini biasanya memiliki hobi atau passion yang sedang ditekuni. Entah itu menulis atau mendesain. Jadi, selain menjalani rutinitas perkuliahan, mereka juga berkarya untuk diri mereka sendiri.

8. Mahasiswa Pebisnis

Sesuai dengan namanya, mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang sukanya dagang ketika kuliah. Mereka sering menawarkan produk-produk makanan yang lagi hits. Dan biasanya yang menjadi sasaran empuk adalah teman-teman di dalam kelas. Dengan iming-iming rasanya yang enak serta atas dasar solidaritas, teman-temannya akhirnya berkenan untuk membeli produknya sehingga cepat habis.

9. Mahasiswa Pemburu IP

Mahasiswa yang satu ini adalah mahasiswa yang memiliki pandangan lurus dan susah untuk dibelokkan. Ia hanya menghabiskan waktunya untuk belajar, belajar dan belajar. Ciri utama mahasiswa tipe ini adalah ia suka pergi ke perpustakaan. Kalau dosen selesai menerangkan materi, ia dengan cepat mengajukan pertanyaan. Tidak hanya itu, mahasiswa tipe ini sangat susah untuk diajak hang out dan jarang ikut organisasi atau event.

10. Mahasiswa Fashionista

Mahasiswa tipe ini adalah mereka yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa lain. Biasanya mereka ini memiliki gaya yang sangat modis dan didukung dengan kecantikan atau ketampanan yang membuat banyak terpesona. Mahasiswa tipe ini biasanya memiliki follower IG ribuan dan besar kemungkinan untuk menjadi duta kampus.

11. Mahasiswa Ngantukan

Mahasiswa ngantukan adalah mahasiswa yang selalu tidak semangat ketika masuk kelas. Mereka seringkali menguap dan matanya merah karena efek begadang semalaman. Mereka yang ngantukan biasanya anak gamer yang sudah akut atau penggemar bola. Mereka biasanya juga tipe mahasiswa yang suka mengerjakan tugas mendekati deadline sehingga mau tidak mau mereka harus lembur.

12. Mahasiswa Syar’i

Mahasiswa tipe ini adalah mereka yang berpakaian sesuai tuntunan syariah. Khususnya para mahasiswi yang berhijab dengan sangat tertutup. Mereka kalau berbicara biasanya menggunakan bahassa Arab seperti antum, akhwat atau ukhti. Dan kalau ngomong juga didengar adem karena kadang mereka juga berdakwah di dalam kelas.

13. Mahasiswa Langganan Seminar

Seperti namanya, mahasiswa yang satu ini adalah mereka yang hobi banget ikut seminar khususnya seminar gratis karena lumayan dapat konsumsi. Terkadang mereka ikut seminar bukan karena mencari ilmu, melainkan hanya untuk mendapatkan sertifikat dari seminar tersebut. Lumayan kalau bisa mengumpulkan sertifikat yang banyak, barangkali bisa ditukarkan dengan mobil hehe.

14. Mahasiswa Paruh Waktu

Mahasiswa paruh waktu adalah mereka yang kuliah sekaligus bekerja. Mereka dapat membagi waktu antara jam kuliah dan jam kerja. Biasanya mahasiswa semacam ini kuliah di pagi hari dan kalau malam dia kerja. Atau jika tidak demikian, mereka hanya bekerja pada akhir pekan saja. Mahasiswa semacam ini juga patut diapresiasi karena mereka bisa mandiri dan mampu meringankan beban orang tua.

15. Mahasiswa Sianida

Mahasiswa tipe ini mungkin jarang kita temui tapi biasanya ada di antara teman-teman kita. Ciri-ciri dari mahasiswa ini adalah diam-diam mematikan. Mereka mungkin tidak terlalu menonjol di dalam kelas dan jarang sekali menunjukkan taringnya. Meskipun tidak terlalu menonjol, faktanya mahasiswa semacam ini memiliki potensi yang luar biasa. Contohnya adalah ia tidak disangka-sangka mendapatkan nilai tertinggi di kelas padahal pendiam atau ia memiliki bisnis yang sukses di luar kuliah. Meskipun jarang terlihat, mahasiswa semacam ini patut diwaspadai.
****
Nah, mungkin ini saja sobat yang bisa saya share ke kalian pada postingan kali ini. Saya mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang berkenan di hati kalian. Semoga tulisan ini memberikan inspirasi baru untuk sobat sekalian. Thanks.


EmoticonEmoticon