Review Anime Black Clover


source: jipjee.com

Black Clover adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga karya Yuki Tabata. Anime ini bercerita tentang seorang anak muda yang bernama Asta dan ia bercita-cita untuk menjadi seorang Kaisar Sihir. Sayangnya, Asta tidak memiliki sihir satupun dalam dirinya. Hal itu membuatnya sering diejek oleh teman-teman di sekitarnya.

Asta memiliki saudara bernama Yuno yang tumbuh bersama di sebuah gereja kecil di desa Hage, kerajaan Clover. Berbeda dengan Asta, Yuno sangat terampil dalam menggunakan sihirnya. Ia juga memiliki cita-cita yang sama dengan Asta untuk menjadi seorang kstaria sihir. Asta menganggap Yuno sebagai rivalnya. Meskipun ia tahu Yuno jauh berbakat dalam bidang sihir, Asta tidak mau kalah. Ia setiap hari melatih fisiknya hingga kekar dan lincah.

Pada saat upacara penyerahan Grimoire (buku sihir), semua pemuda di desa berkumpul bersama. Semua anak muda mendapatkan Grimoire kecuali Asta. Ia pun ditertawakan oleh orang-orang di situ karena tidak memiliki sihit. Yuno sendiri mendapatkan Grimoire semanggi berdaun empat. Konon, Grimoire ini sangat langka dan hanya dimiliki oleh segelintir orang saja.

Setelah upacara penyerahan tersebut, Yuno dan Asta pun kembali menuju gereja. Namun dalam perjalanan pulang, Yuno diserang oleh salah seorang penjahat yang sudah sangat terampil menggunakan sihir. Penjahat itu ingin mengambil Grimoire milik Yuno. Pada awalnya Yuno tidak berkutik sama sekali karena musuhnya adalah penyihir yang kuat. Melihat Yuno yang tidak berdaya, Asta pun tidak bisa menahan diri. Ia pun menyerang penyihir itu dengan kekuatan fisiknya walaupun hasilnya ia kalah.

Namun, keajaiban pun terjadi. Sebuah Grimoire usang tiba-tiba muncul dari dalam diri Asta bersamaan dengan sebuah pedang hitam tua. Grimoire tersebut memiliki daun lima. Dan konon Grimoire tersebut adalah yang terkuat. Dengan pedang hitam tersebut, Asta pun menyerang penyihir jahat itu sekuat tenaga. Karena pedang itu adalah pedang anti sihir, maka penyihir itupun langsung kalah telak setelah mendapatkan serangan dari Asta.

Beberapa waktu kemudian, Yuno dan Asta memutuskan untuk pergi ke kota dan mendaftar menjadi ksatria sihir. Orang-orang di gereja sangat mendukung keputusan Yuno, akan tetapi mereka pesimis terhadap keputusan Asta yang notabene tidak memiliki sihir. Meskipun demikian, Asta tetap optimis untuk mengejar impiannya.

Pada ujian seleksi, Asta gagal dalam beberapa tes seperti mengendarai sapu sihir dan tes-tes dasar bagi penyihir. Hal itu menjadi nilai minus baginya. Apalagi pada ujian tersebut seluruh kapten squad sihir berkumpul untuk mencari kandidat terbaik. Puncak dari ujian tersebut adalah pertarungan satu lawan satu. Asta diajak oleh Sekke untuk bertarung satu lawan satu. Sekke merasa ia akan menang dengan mudah setelah melihat kemampuan Asta yang tidak memiliki sihir sama sekali. Ia pun dengan bangga menyombongkan dirinya dan menertawakan Asta dengan sinis.

Sekke membuat sebuah sihir pertahanan dan sesumbar bahwa pertahanan itu tidak mudah dihancurkan. Asta pun kesal dan segera mengeluarkan pedang anti sihirnya dari Grimoire usangnya. Dengan pedang anti sihir tersebut, Asta dapat dengan mudah mengalahkan Sekke hanya dengan satu kali serangan. Orang-orang di sekitarnya pun terkejut dan heran dengan kekuatan Asta.

Setelah rangkaian ujian terlewati, tiba akhirnya para calon ksatria sihir pada momen penentuan. Banyak para kandidat yang tidak terpilih. Satu per satu mereka gugur dan harus meninggalkan lokasi ujian. Tiba pada giliran Asta. Ia sangat gugup dan merasa frustasi karena tidak ada satupun kapten yang tertarik untuk mengajaknya bergabung.

Di tengah kegugupannya, kapten dari squad Black Bull, Yami turun dan berdiri di depan Asta. Aura serta kekuatan yang sangat besar dari kapten squad ksatria sihir membuat Asta menggigil. Meskipun demikian, Asta mencoba untuk tidak gentar dan tetap mencoba fokus pada tujuannya. Melihat tekad Asta yang sangat kuat, Yami pun tertarik untuk mengajaknya bergabung ke Squad Black Bull. Tak lama kemudian, Yuno pun juga bergabung dengan Squad terbaik di kerajaan Clover yaitu Squad Golden Dawn. Perjalanan mereka berdua sebagai seorang ksatria sihir baru saja dimulai.

Cerita pun semakin menarik setelah ini. Black Bull adalah Squad sihir terburuk karena anggotanya adalah ksatria sihir yang sangat liar dan barbar. Perkenalan pertama Asta sangat mengesankan. Ia disambut dengan sangat hangat dan sangar oleh anggota Black Bull. Ia pun juga mulai akrab dengan seluruh anggota Black Bull.

Dalam Squad itu, Asta juga bertemu dengan seorang gadis dari keturunan bangsawan yaitu Noelle Silva. Gadis itu sangat buruk dalam mengendalikan sihirnya. Padahal ia memiliki kekuatan yang luar biasa. Karena hal tersebut, Noelle dikucilkan oleh seluruh saudaranya. Asta kemudian menjalin beragam misi dengan Noelle dan senpai-senpai di Black Bull.

Perlahan namun pasti, tekad kuat Asta dalam pertarungan membuat para anggota Black Bull terkesan. Meskipun rintangan yang dihadapi sangat sulit, Asta tidak pernah menyerah dengan keadaan. Dengan tekad serta keterampilannya menggunakan pedang anti sihir, Asta mampu mengalahkan musuh-musuh kuat yang tidak dapat dikalahkan dengan mudah.

Melalui tokoh utama Asta, anime ini mengajarkan tentang arti sebuah semangat dan keyakinan untuk tidak menyerah. Asta juga membuktikan bahwa yang dianggap pecundang pun bisa menjadi orang yang diunggulkan. Kapten Yami pun lambat laun juga menaruh respek terhadap kemampuan bertarung Asta.

Setelah beberapa episode berlalu, lambat laun masa lalu anggota Black Bull mulai diperlihatkan. Mereka juga memiliki masa lalu kelam dan merupakan orang-orang buangan. Seperti Magna yang dulunya adalah berandalan, Luck yang seorang penggila pertarungan bahkan Geuche yang merupakan loli. Dan yang paling menarik adalah konsep kekuatan sihir yang beraneka ragam dan lebih terkonsep dengan matang. Adanya sembilan squad ksatria sihir di anime ini juga menjadi poin plus.

Akhir kata, saya sangat merekomendasikan kalian untuk menonton anime ini karena cerita yang sangat menarik. Saya merasa bahwa anime ini merupakan salah satu anime tentang dunia sihir yang terbaik selain Fairy Tail. DAn  Thanks atas kunjungannya. Salam pecinta anime!


EmoticonEmoticon