Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melupakan Mantan?



Melupakan mantan bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan bagi kebanyakan orang. Apalagi jika mereka sudah menjalin hubungan cukup lama dan tiba-tiba hubungan itu kandas di tengah jalan. Pasti ada rasa sakit yang tertinggal di dalam hati. Rasa sakit itulah yang membuat seseorang sulit untuk melupakan mantan. Entah perpisahan itu dilakukan secara baik-baik atau tidak, tetap saja luka akan selalu ada di setiap perpisahan.

Atas dasar itulah, MogiMogy kali ini mencari informasi dari berbagai sumber dan melakukan survey kecil-kecilan di Instagram.

Berapa lama waktu yang dilakukan untuk melupakan mantan?
Dilansir dari kompasiana, seorang psikolog klinis yang bernama Ramani Durvasula yang juga penulis buku Should I Stay or Should I Go? mengatakan bahwa putus hubungan merupakan kompleksitas emosianal yang mencangkup kesedihan, kekecewaan dan juga amarah. Hal ini berbeda kasusnya dengan luka pada lutut yang dapat disembuhkan dalam enam hingga delapan minggu.

Mendukung pendapat ini, Brandy Engle, Psy. D menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi luka di dalam hati. Salah satunya adalah sudut pandang orang tersebut pada hubungan yang kandas itu, apakah ia merasa sebagai korban atau sebagai sosok antagonis. Apabila dia merasa dirinya sebagai korban maka kemungkinan besar waktu yang diperlukan untuk move on juga cukup lama.

Dilansir dari Liputan6, The Journal of Positive Psychology melakukan sebuah survei kepada 1.404 mahasiswa berusia 18-25 tahun untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari putus cinta. Dari hasil survey tersebut, sebanyak 71% dari peserta survey memandang mantan pacar mereka dengan perasaan yang lebih positif hanya 11 minggu setelah putus cinta.

Penelitian serupa juga dilakukan oleh Womenshealthmagazine (dikutip dari okezone). Hasil dari penelitian tersebut adalah waktu yang diperlukan untuk melupakan mantan bervariasi seperti satu minggu, 21 hari, 8 bulan, 1 tahun hingga dua tahun. Perbedaan waktu ini disebabkan oleh berbagai alasan seperti perasaan bersalah, perbedaan cara yang dilakukan dalam melakukan mantan dan faktor-faktor lain.

Nah, bagaimana dengan survei yang dilakukan oleh MogiMogy di Instagram?

Beberapa hari yang lalu saya sudah membuat survei kecil-kecilan di Instagram melalui snapgram. Dari 279 orang yang melihat snapgram tersebut, hanya 20 orang yang merespon dengan jawaban yang variatif dan juga ada jawaban yang konyol.

Namun dari survei tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa waktu yang diperlukan untuk melupakan mantan itu berbeda-beda seperti yang sudah dipaparkan di atas. Ada yang dapat melupakan mantan dalam kurun waktu sehari, sebulan atau beberapa bulan dan bahkan tahunan.

Beberapa jawaban menarik yang saya dapatkan dalam survei tersebut adalah sebagai berikut:
“Udah min jangan dibahas entar kita pada curhat berjamaah.”
“Tergantung perjalanan apa yang telah dilalui.”
“Selama mantan masih hidup.”
“Melupakan mantan seperti membuang sampah.”

Dan saya paling suka dengan jawaban yang terakhir hehe. Namun buat saya sendiri, waktu yang diperlukan untuk melupakan mantan itu relatif dan tidak bisa diukur dengan hitungan hari. Semua itu tergantung dari proses serta usaha masing-masing.
Meskipun demikian, saya memiliki sebuah pemikiran yaitu sebagai berikut:
“Semakin dalam perasaan kita terhadap seseorang, maka semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk melupakan dia dari lubuk hati yang terdalam.”
KESIMPULAN
Berdasarkan survey yang dilakukan oleh The Journal of Positive Psychology, dalam kurun waktu 11 minggu atau sekitar tiga bulan setelah perpisahan, seseorang dapat memandang mantan kekasihnya dengan perasaan yang lebih positif. Itu artinya tidak ada lagi dendam dan luka yang masih bersemayam di dalam hati. Namun, waktu tersebut juga relatif tergantung seberapa keras usaha yang dilakukan seseorang karena ada sebagian orang yang membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga tahunan atau bahkan hanya dalam hitungan hari untuk melupakan mantan.
Hal tersebut juga dapat dipengaruhi beberapa faktor-faktor tertentu seperti perasaan bersalah dan mungkin rasa sayang yang terlalu mendalam. Jadi, berapa lama waktu yang diperlukan untuk melupakan mantan? Jawaban yang pasti ada pada diri kamu sendiri. Semakin kamu berusaha, maka kemungkinan besar kamu akan semakin cepat melupakan mantan.
Sekian dari saya. Thanks dan jangan lupa share jika artikel ini menarik.


EmoticonEmoticon