5 Prinsip Utama yang Membuat Kita Terus Bersemangat Dalam Menulis



Menulis merupakan salah satu hobi yang digemari banyak orang di dunia ini. Dengan menulis, orang mampu mengekspresikan berbagai macam keresahan hati dan juga pengalaman-pengalaman berharga dalam kehidupan. Melalui sebuah tulisan, cerita-cerita seperti itu akan tetap abadi dan tidak akan hilang dari ingatan.

Buat sobat yang gemar menulis atau yang masih belajar untuk nulis, ada beberapa prinsip utama yang bisa kalian terapkan dalam perjalanan menulis kalian. Prinsip-prinsip ini penting untuk ditanamkan dalam diri setiap penulis agar tidak gampang patah semangat serta tidak kehilangan arah atau tujuan. Selama kalian berpegang prinsip ini, saya percaya kalian akan terus menulis dan tidak akan berhenti menulis apapun kondisinya.

Nah, daripada berbasa-basi panjang lebar, langsung saja yuk kita bahas prinsip-prinsip tersebut.

1. Menulis Adalah Sebuah Proses Panjang Dalam Hidup

Menulis adalah sebuah sebuah perjalanan panjang dalam kehidupan. Selama kita hidup dan bernafas, selama itulah kita akan terus berproses dalam menulis. Kita akan terus belajar dan belajar dari waktu ke waktu. Dari perjalanan itulah, tulisan kita akan bermetamorfosis dari yang tadinya buruk menjadi baik.

Banyak dari kita yang menyepelekan sebuah proses. Kita seringkali berangan-angan tinggi dan berambisius untuk menghasilkan tulisan yang akan dibaca jutaan orang di luar sana. Namun, kebanyakan dari kita lupa bahwa semua itu butuh proses yang tidak singkat. Alhasil, ketika tulisan kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita pun patah semangat dan kemudian berhenti menulis. Itu adalah pemikiran yang keliru.

Maka dari itu, prinsip ini penting untuk dimiliki agar kita bisa terus berproses dan berkembang ke arah yang lebih baik. Tanpa proses yang panjang dan pelik, saya yakin tidak akan ada penulis-penulis hebat yang saat ini mampu menginspirasi banyak orang.

2. Menulislah Dengan Hati

Prinsip kedua yang harus dimiliki adalah menulis dengan hati. Sebenarnya prinsip ini lebih cocok diterapkan apabila cerita yang kita tulis adalah cerita-cerita fiksi atau prosa dengan kata-kata puitis yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Namun, esensi dari prinsip ini adalah menulis sesuai dengan isi hati kalian.

Jadi, menulis adalah sebuah media untuk menyalurkan segala beban atau keresahan yang berkecamuk di dalam hati kalian. Ekspresikan keresahan itu menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca oleh orang lain. Ketika kita sudah mampu menulis dengan hati kita tanpa terlalu banyak pikiran, kita akan mampu menikmati proses dalam menulis. Kita tidak akan terbebani dan kita akan merasa lega setelah tulisan itu selesai.

3. Konsistensi Itu Penting Dalam Menulis

Prinsip ketiga yang perlu kita terapkan dalam menulis adalah konsistensi. Konsistensi di sini berarti kita tidak setengah-setengah dalam menulis. Kita perlu disiplin dan menulis secara kontinu. Terkadang, banyak dari kita yang males menulis dan tidak mau menyempatkan waktu untuk menulis. Kita terlalu banyak alasan untuk tidak menulis.

Dengan prinsip konsistensi ini, lambat laun menulis adalah sebuah hal yang tidak dapat kita pisahkan dari diri kita. Apabila kita sudah terbiasa dan konsisten menulis, maka kita akan merasa tidak nyaman atau bahkan hampa ketika kita tidak menulis sama sekali.


Baca juga: Sharing Pengalaman Nulis di Hipwee dan Dapat Juara

4. Dengan Menulis, Kita Mampu Berbagi Pemikiran dan Kebaikan

Menulis adalah salah satu cara seseorang untuk menyampaikan pemikiran. Dengan menulis, kita mampu membagikan ide-ide serta pemikiran kita kepada orang lain. Tidak hanya itu, kita juga bisa membagikan hal-hal positif ke orang lain.

Bukankah itu merupakan hal yang bagus ketika tulisan kita bisa bermanfaat bagi orang lain? Apabila tulisan kita dibagikan oleh orang lain dan dibaca banyak orang, maka secara tidak langsung kita telah menebarkan benih-benih kebaikan kepada banyak orang.

5. Menulis Sebagai Langkah Untuk Berkarya

Nah, ini adalah prinsip terakhir yang bisa saya ulas kali ini. Menulis adalah langkah yang tepat bagi kita yang ingin berkarya. Dengan menulis, kita mampu menghasilkan sebuah karya yang mungkin suatu saat kelak abadi dan akan dikenang oleh banyak orang. Contoh saja penulis-penulis hebat saat ini yang meski sudah meninggal, namun karya mereka tetap dikenang sepanjang masa seperti Pramoedya Ananta Toer, Buya Hamka, dsb.

Mumpung kita masih muda, sebisa mungkin kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berkarya. Dan jika menulis adalah panggilan hati kalian untuk berkarya, maka ikutilah. Barangkali perjalanan kalian dalam menulis adalah cerita sukses yang bisa kalian ceritakan kelak.
****
Nah, mungkin itu saja sobat beberapa prinsip menulis yang bisa kalian terapkan. Semoga apa yang saya tulis kali ini bermanfaat dan bisa memotivasi kalian dalam menulis. Sekian dari saya. Thanks.

Baca juga: Menulis di Blog Sendiri atau Platform Lain?


EmoticonEmoticon