Tips-Tips Untuk Menulis Artikel Rewrite yang Asik dan Menarik

pic from trikblogku.com

Selamat pagi, gaes. Kembali lagi bersama saya di blog MogiMogy. Kali ini saya pengen membahas tentang menulis artikel rewrite. Mungkin sobat sudah familiar dengan istilah ini. Secara sederhana, dapat kita katakan bahwa artikel rewrite adalah artikel yang kita tulis ulang berdasarkan artikel milik orang lain. Namun, jangan salah ya sobat.

Meskipun kita menulis ulang artikel orang lain, bukan berarti kita meng-copas artikel tersebut. Kita hanya mengambil intisari serta poin-poin dari artikel tersebut, lalu kita menulis ulang berdasarkan pemikiran serta gaya bahasa kita sendiri. Menulis artikel rewrite menurut saya cukup membantu kita sebagai seorang blogger yang kadangkala buntu inspirasi. Dengan menulis artikel semacam ini, paling tidak kita dapat tetap produktif bagaimanapun kondisinya.

Nah, untuk detail yang lebih lanjut, mari kita bahas lebih dalam yuk tentang cara menulis artikel rewrite yang asik dan dapat menarik perhatian pengunjung.

Baca referensi artikel dari berbagai sumber.
Langkah awal yang perlu sobat lakukan untuk menulis artikel rewrite adalah membaca tulisan serupa dari berbagai macam sumber. Misalkan sobat ini menulis tentang cara ampuh melupakan mantan. Paling tidak, kalian harus membaca minimal dua atau tiga sumber yang relevan agar menambah referensi sobat untuk menulis.

Setelah membaca tulisan tersebut, sobat akan menemukan intisari atau poin-poin penting yang perlu dilakukan untuk melupakan mantan. Selain itu, sobat juga harus jeli melihat celah atau mungkin kekurangan dari artikel yang sobat baca. Apabila sobat melihat kekurangan dalam artikel tersebut, sobat dapat melengkapi kekurangan tersebut pada artikel yang hendak sobat tulis.


Baca juga: Menulis di Blog Sendiri atau Platform Lain?

Buatlah kerangka tulisan serta poin-poin penting yang hendak dibahas.
Setelah melalui fase awal, sobat perlu membuat kerangka tulisan. Pembuatan kerangka tulisan penting sobat lakukan agar sobat tidak kebingungan dalam menulis artikel nanti. Sobat dapat membuat kerangka tulisan sesuai dengan poin-poin yang sudah sobat baca dan juga dengan menambahkan ide segar atau unik yang hendak sobat sampaikan melalui tulisan sobat.

Tulislah artikel dengan kata-kata dan juga menggunakan gaya bahasa sendiri yang khas.
Langkah selanjutnya, sobat harus mengembangkan kerangka tulisan itu menjadi sebuah tulisan. Tuangkan semua kreatifitas sobat dalam menulis. Gunakan kata-kata yang komunikatif dan gampang dibaca. Jangan terlalu kaku agar pembaca tidak segera bosan. Di samping itu, sajikan juga informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan artikel-artikel lain yang serupa sehingga pembaca merasa puas dengan tulisan sobat. Selain itu, tulislah artikel sesuai dengan gaya bahasa sobat sendiri. Gaya bahasa yang khas akan membuat pembaca selalu ingat dengan tulisan sobat.

Baca kembali artikel yang sudah ditulis dan jangan sampai ada kata-kata yang terlihat seperti copas
Setelah sobat selesai menulis, baca kembali tulisan sobat. Revisi bagian-bagian yang sekiranya kurang tepat dan kurang menarik. Barangkali, ada diksi yang kurang pas serta penataan kalimat yang tidak nyambung. Selain itu, sobat juga perlu memastikan bahwa tulisan sobat tidak terlihat seperti hasil copas dari tulisan orang lain. Copas kata-kata sedikit mungkin masihd dapat ditolerir. Namun, yang  paling penting adalah mayoritas isi tulisan adalah murni hasil tulisan sobat.

Buatlah judul dengan kata kunci yang sama, tetapi tambahkan juga kalimat yang menarik
Apabila tulisan sobat sudah selesai dan siap di-publish, sobat perlu memikirkan judul artikel yang tepat dan juga menarik pembaca untuk mengklik artikel sobat – clickbait. Misalkan, 8 Tips Cara Ampuh Melupakan Mantan Hanya dalam Waktu Seminggu. Meskipun terdengar kurang masuk akal, tetapi judul tersebut dapat menarik perhatian pembaca. Yang patut diperhatikan juga, meskipun judul kalian terlihat boombastis, hal itu tidak masalah jika isi atau konten yang sobat sajikan layak dan bermanfaat bagi para pembaca.

Jangan lupa sisipkan gambar yang relevan aga menambah daya tarik artikel
Langkah terakhir dalam menulis artikel adalah menambahkan gambar yang relevan dan menarik. Gambar yang memiliki visual yang bagus dapat menarik perhatian para pengunjung. Dapat dikatakan bahwa gambar dalam artikel berfungsi sebagai “pemanis”, ibarat teh dan gula. Tanpa gula, teh akan terasa hambar dan kurang nendang. Begitupun dengan artikel yang tanpa disertai gambar, artikel itu akan terlihat biasa dan kurang greget.
****
Nah, mungkin itu saja sobat beberapa tips menulis artike rewrite yang asik dan dapat sobat coba kapanpun. Semoga tips di atas dapat membantu sobat dalam menulis. Sekian dari saya dan thanks atas kunjungan sobat.


Baca juga: Cerpen - Ijinkan Aku Menyayangimu


EmoticonEmoticon