Tips Pertolongan Pertama dalam Merawat Luka Lecet


source pic: alodokter.com

Kulit mengalami lecet adalah jenis luka yang sangat umum terjadi. Lecet terjadi ketika kulit mengalami gesekan dengan permukaan yang kasar sehingga membuat lapisan kulit terluar mengelupas. Walaupun termasuk jenis luka yang ringan, namun luka lecet juga membutuhkan pertolongan pertama untuk perawatan secara tepat. Cara merawat luka lecet dengan tepat akan membantu mencegah luka semakin melebar.

Kulit tersusun dari lapisan teratas (epidermis) dan lapisan terbawah (dermis). Mengingat kulit adalah bagian tubuh yang paling luar, wajar jika lebih rentan mengalami goresan dan juga luka. Nah, lecet sendiri umumnya terjadi di bagian epidermis. Jenis luka ini tidak separah luka sayat ataupun robek, dimana umumnya mengalami pendarahan dari ringan sampai hebat. Kendati luka lecet umumnya tidak ada pendarahan hebat, akan tetapi kerap meninggalkan bekas.

Luka lecet dalam tingkatan yang ringan dapat ditangani sendiri di rumah. Akan tetapi juga tidak bisa ditangani secara sembarangan. Tips merawat luka lecet yang pertama adalah terlebih dahulu memastikan tangan bersih. Cucilah tangan dengan sabun sampai bersih. Selanjutnya, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pertolongan pertama pada luka lecet:

1. Pertama-tama, bersihkan luka dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang mungkin masih ada seperti debu. Selain menggunakan air mengalir, bisa juga bersihkan dengan menggunakan larutan garam steril secara perlahan sampai bersih.

2. Selanjutnya, pakailah sabun yang lembut seperti sabun bayi untuk membersihkan luka selanjutnya. Kurang disarankan penggunaan bahan pembersih seperti alkohol secara langsung pada luka yang terbuka karena hal ini bisa membuat luka lecet terasa perih.

3. Kemudian, gunakanlah antibiotik dengan mengoleskan secara perlahan agar kondisi kulit yang lecet tetap lembab dan dapat sembuh lebih cepat.

4. Langkah berikutnya, gunakanlah kasa steril untuk menutup luka. Namun jangan lupa untuk selalu diganti setiap hari.

5. Hindari bagian tubuh yang lecet dari sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi permanen.

6. Tidak disarankan untuk mengolesi bagian luka dengan salep atau obat lain selain obat luka kecuali sesuai anjuran dokter

7. Jika luka lecet disertai dengan memar ataupun membengkak, kompres menggunakan es batu.

Itulah langkah awal merawat luka lecet untuk tingkatan yang ringan. Cari tahu informasi kesehatan terbaru yang lainnya lagi di www.guesehat.com agar dapat mengatasi masalah kesehatan dengan lebih tepat, seperti salah satunya luka lecet.


EmoticonEmoticon