Daftar Anggota Juppongatana dalam Cerita Samurai X


source: desmi-v00

Juppon Katana ialah sekelompok elite ahli pedang terbaik. Kelompok ini dibentuk dan dipimpin oleh Shishio Makoto. Mereka bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Meiji. Organisasi ini berperan sebagai antagonis utama dalam arc Kyoto. 

Pada artikel ini, saya pengen mengulas lebih dalam mengenai anggota kelompok tersebut beserta kekuatannya. Yuk, langsung kita kupas tuntas gan.

11. Fuji

source: duniaku

Fuji adalah anggota Juppongatana yang memiliki tubuh berukuran raksasa. Dia sebenarnya memiliki sikap yang baik dan cinta damai. Dia tidak terlalu menyukai pertarungan, tetapi di balik sikapnya yang lembut itu, dia adalah petarung yang sangat kuat.

Di masa lalu, Fuji sempat ditemukan oleh sekelompok pemuda bersenjata dan menganggap dia aneh sehingga dia ditembaki oleh petugas keamanan setempat. Fuji yang terluka pun diselamatkan oleh Saizuchi. Fuji sempat menghancurkan sebuah penginapan Aoiya di Kyoto dan bertarung dengan Hiko Seijura, tetapi dia dapat dikalahkan dengan mudah.

10. Saizuchi

source: aminoapps.com

Saizuchi adalah anggota Juppongatana yang seringkali terlihat bersama dengan Fuji. Dia merupaka pria tua yang arogan dan menganggap dirinya di usianya superior karena dia merasa memiliki pengalaman yang banyak dan mengandalkan intelegensinya.

Saizuchi juga merupakan orang yang merawat Fuji, tetapi dia hanya mengambil keuntungan dari kekuatan Fuji. Dia selalu memberi perintah kepada Fuji ketika hendak menyerang siapapun. Tanpa adanya Fuji, Saizuchi bukanlah apa-apa jika dihadapkan pada pertarungan.

9. Iwanbo


Dalam serial Rurouni Kenshin, Iwanbo merupakan sebuah nama boneka yang diciptakan dan dikendalikan oleh sosok misterius bernama Gein. Iwanbo versi pertama adalah boneka yang tergabung dalam kelompok  Juppongatana. Iwanbo memiliki bentuk tubuh yang gendut dan perawakan besar.

Satu-satunya senjata yang dimiliki Iwanbo adalah pedang yang tips dan tajam yang diselipkan di jari-jarinya. Tubuhnya yang tebal juga sulit untuk dilukai. Hal ini terlihat pada arc Kyoto ketika serangan-serangan dari Oniwabanshu tidak berefek terhadap tubuhnya.

8. Uonuma Usui

source: kwikku

Uonuma Usui merupakan angota Juppongatana yang pernah menjadi seorang hitokiri. Dia dulu adalah samurai yang bekerja di bawah pemerintah. Suatu ketika, dia berduel dengan Makoto Shisio yang membuat dia kehilangan penglihatannya dan dia diambang kematian. Akan tetapi, dia berhasil melarikan dengan mengandalkan pendengarannya.

Setelah itu, Usui pun menyadari bahwa pendengarannya telah berkembang jauh melebihi batas kemampuan manusia. Dia pun bergabung menjadi anggota Juppongatana dengan niat untuk membalas dendan kepada Makoto sewaktu-waktu. Meskipun dulunya dia menggunakan pedang, Usui mengubah gaya bertarungnya setelah melawan Shisio, yakni dengan sebuah tombak bernama rochin dan tameng bernama tinbe.

7. Sawagejo Cho


Sawagejo Cho adalah salah satu bawahan Makoto Shisio yang tinggal di distrik Kansai. Dia memiliki julukan sebagai Pemburu Pedang karena dia terobsesi untuk menggunakan berbagai macam pedang yang ada di dunia. Salah satu pedang favoritnya adalah salah satu pedang buatan Shakku Arai.

Cho memiliki sikap yang arogan dan gila pertarungan. Dia adalah pembunuh yang haus darah dan bodoh, tetapi dia memiliki skill bertarung yang hebat. Dia mampu melakukan manuver-manuver dan trik sirkus dalam menyerang musuhnya. Selain itu, Cho menggunakan berbagai macam senjata dalam pertarungan, seperti katana ganda tak bernama, pedang renbato ciptaan Shakku, dan pedang yang dapat memanjang untuk menyerang musuhnya. .

6. Sadojima Hoji

source: aminoapps

Sadojima Hoji adalah anggota Juppongatana yang pernah bekerja sebagai diplomat pemerintah Meiji. Dia memilih keluar dari pemerintahan karena dia merasa tidak ada satupun orang yang bisa memimpin Jepang. Ia pun memilih bergabung dengan Shishio karena dia mengagumi idealisme Shishio.

Meskipun Hoji tidak ahli dalam hal pertarungan, dia merupakan sosok yang penting dalam Juppongatana. Hoji sangat pintar dan mampu menyusun rencana dengan baik dan memiliki kualitas pemimpin yang menakjubkan. Dia juga sangat loyal terhadap Shishio dan sering memberikan informasi kepada Shishio, khususnya terkait info terkait Kenshin.

5. Yukyuzan Anji

source: kwikku.com

Anggota Juppongatana berikutnya adalah Yukyuzan Anji. Dia merupaka petarung yang berjuang untuk kebenaran. Apapun yang dia lakukan bertujuan untuk membuat dunia lebih baik dalam pandangannya. Sayangnya, untuk melakukan hal itu, dia percaya bahwa perubahan itu hanya bisa dilakukan dengan penghancuran dan pembangunan ulang.

Anji merupakan anggota yang bertarung dengan menggunakan tangan kosong. Dia memiliki teknik khusus yang bernama Futae no kiwami. Dengan teknik itu, Anji mampu memberikan serangan beruntut super cepat yang dapat menghancurkan objek yang diserangnya. Dia tidak hanya menggunakan tinjunya, tetapi juga menggunakan kepala, sikut, dan kakinya.

5. Komagata Yumi


Komagata Yumi adalah pengikut setia sekaligus kekasih dari Shishio. Dia selalu terlihat di dekat Shishio setiap kali muncul. Yumi merupakan wanita cantik berambut hitam dan memiliki sikap yang kalem dan dia memiliki cinta yang sangat dalam terhadap Shishio.

Meskipun Yumi tidak paham sama sekali jika menyangkut pedang, dia memiliki wawasan yang seidkit luas dan bisa menggunakan beberapa alat modern canggih. Selain itu, dia juga seringkali merawat Shishio dan mengganti perban Shishio. Kemampuan dia yang seperti itu kurang lebih sama seperti wanita di zaman Tokugawa pada umumnya.

4. Honjo Kamatari

source: today.line.me

Honjo Kamatari adalah anggota Juppongatana yang memiliki julukan “Great Scythe”. Dia merupakan pria yang mengenakan pakaian seperti halnya seorang wanita. Selain itu, dia juga cukup genit dan pernah menggoda Yahiko yang dia anggap imut. Dia selalu terlihat gembira, khususnya di depan Shisio, tetapi dia juga bisa sangat serius ketika dihadapkan pada pertarungan.

Kamatari sangat membanggakan skill bertarungnya. Dalam bertarung, dia menggunakan sebuah sabit besar dengan rantai yang bernama Ogama. Dia juga mahir menggunakan bela diri yang dia ciptakan sendiri, yakni Honjo-Ryu. Kamatari sangat loyal terhadap Shisio. Ia bahkan rela melakukan bunuh diri setelah dikalahkan oleh lawannya karena dia merasa malu bertemu dengan Shisio.

3. Kariwa Henya

source: aminoapps.com

Anggota Juppongatana berikutnya adalah Kariwa Henya. Dia merupakan pria yang memiliki sikap yang dingin dan tidak segan-segan mengorbankan anak buahnya. Dia memegang prinsip permainan catur bahwa harus ada bidak yang dikorbankan untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Selain itu, dia juga cukup arogan.

Dalam bertarung, Henya menggunakan teknik bernama Hiku Happa. Karena tubuhnya yang kurus, Henya dapat menggunakan dinamit atau bom untuk mendorong tubuhnya terbang ke udara. Henya juga menggunakan dinamit itu sebagai serangan ke arah musuh. Henya juga dilengkapi dengan sebuah pedang yang terdapat di tangan kirinya.

2. Seta Sojiro
source: kwikku

Seta Sojiro adalah tangan kanan dari Makoto Shisio sekaligus anggota Juppongatana yang paling cepat. Dia selalu terlihat bersama dengan Shishio. Jika tidak demikian, itu artinya dia sedang menjalankan misi tertentu atau sedang mengumpulkan anggota Juppongatana yang lain. Sojiro percaya dengan ideologi yang dibawa oleh Shishio, yakni siapa yang kuat dia yang akan bertahan hidup.

Dalam bertarung, Sojiro menggunakan sebuah teknik bernama Shukuchi yang membuatnya bisa bergerak dengan sangat cepat hingga orang biasa tidak mampu melihatnya. Selain itu, dia juga memiliki teknik mematikan bernama Shuntensatsu yang dia gunakan untuk membunuh musuhnya secara instan dan cepat hingga kematian musuhnya tidak terasa menyakitkan.

1. Shishio Makoto

source: kabaranime.com

Shishio Makoto adalah musuh utama pada arc Kyoto sekaligus pemimpin dari kelompok Juppongatana. Dulunya, dia merupakan mantan hitokiri atau samurai bayaran dari orang pemerintah. Namun, setelah usaha teman-temannya di pemerintahan untuk membunuhnya gagal, Shishio memutuskan untuk mengumpulkan kekuatan diam-diam dan membentuk kelompok Juppongatana untuk melawan pemerintah.

Kekuatan Shishio bisa dikatakan sepadan dengan Kenshin. Shishio memiliki pedang legendaris ciptaan Arai Shakku, yakni pedang Mugenjin. Dengan pedang itu, Shishio dapat memberikan serangan pedang dengan presisi tingkat tinggi. Di samping itu, dia juga bisa menebas musuhnya dengan sangat cepat. Yang paling unik, pedang milik Makoto dapat mengeluarkan teknik serangan api yang bisa membakar lawannya. Di samping ahli pedang, Shishio juga sangat kuat apabila dihadapkan pada pertarungan dengan tangan kosong. 


EmoticonEmoticon