10 Karakter Terbaik dalam Cerita Rurouni Kenshin

Samurai X merupakan salah satu manga dan anime tentang samurai yang terbaik. Manga yang ditulis oleh Watsuki Nobuhiro ini mengambil konsep dan latar waktu berdasarkan kehidupan nyata pada tahun 1879.

Pada masa itu, Jepang berada pada era Meiji dan tengah beradaptasi dengan kemajuan negara dunia pertama yang lain. Selain itu, penggunaan pedang pada masa itu dilarang keras oleh pemerintah dan keberadaan samurai perlahan disingkirkan.

Cerita dari Samurai X berfokus pada petualangan Himura Kenshin, mantan pembunuh yang berkelana untuk menebus dosa-dosanya. Sepanjang perjalanan, Kenshin bertemu dengan teman-temannya dan musuh yang kuat yang mengancam keselamatan banyak orang.

Pada kesempatan ini, MogiMogy akan mengulas daftar karakter terbaik dalam cerita Samurai X. Tanpa perlu basa-basi lagi, kita langsung bahas aja yuk daftarnya berikut ini.

10. Kamiya Kaoru

Kaoru adalah master kendo dojo saat ini yang memiliki tujuan untuk menanamkan prinsip dan moral dibandingkan membunuh orang. Karena penggunaan pedang telah resmi dilarang pada era Meiji, Kaoru berhasil mengajarkan seni berpedang dengan menggunakan pedang bambu bernama Shinai.

Untuk mempertahankan prinsip tersebut, Kaoru sekaligus murid resminya, Yahiko, selalu menggunakan Shinai saat bertarung melawan musuh. Meskipun keahliannya tidak sebanding dengan Kenshin atau Saito, ia tetaplah berbakat dalam pertarungan. Selain itu, dia juga lumayan pintar dalam menganalisa kemampuan lawan, seperti pada saat dia mengalahkan Honjo Katamari dari Juppongatana.

9. Makimachi Misao

Karakter yang satu ini merupakan salah satu anggota penting dari Oniwabanshu. Meskipun kelompok Oniwabanshu awalnya diperkenalkan sebagai sosok penjahat yang terlibat tindakan kriminal, pandangan terhadap kelompok itu perlahan berubah dengan kehadiran Misao yang ceria dan baik hati.

Misao ibarat hati dalam kelompok Oniwabanshu dan ia memiliki hubungan dekat dengan Aoshi yang sangat dingin. Selain itu, ia juga termasuk salah satu ninja terampil dari kelompok tersebut meskipun ia sendiri masih dalam masa pelatihan. Tak hanya itu saja, ia sempat membantu Kaoru dan Yahiko selama pertempuran melawan Juppongatana.

8. Myojin Yahiko

Murid Kaoru yang satu ini merupakan seorang yatim piatu yang awalnya diperkenalkan sebagai tukang copet. Ia terpaksa melakukan hal itu untuk melunasi hutang keluarganya kepada geng-geng lokal. Untungnya, dia berhasil terbebas dari hutangnya setelah dibantu oleh Kenshin dan ia bisa melanjutkan latihannya dengan Kaoru.

Yahiko selalu termotivasi untuk membuktikan pada dirinya sendiri bahwa dia adalah seorang laki-laki. Ketika ia ingin melindungi gadis dari ancaman gangster, ia selalu ingat pesan dari Kenshin yang telah mengajarinya teknik-teknik dasar saat berhadapan dengan musuh yang banyak. Meskipun Yahiko tidak pernah belajar pedang secara langsung dengan Kenshin, ia berhasil meniru beberapa gerakan Kenshin dalam pertarungannya melawan Henya.

7. Shinomori Aoshi

Sebagai pemimpin dari kelompok Oniwabanshu, Aoshi ingin membuat namanya sekaligus klannya terkenal. Ia merupakan ninja yang sangat terampil dan ahli dalam hal kecepatan, penyemaran, dan teknik ninja yang lain. Dia selalu mengalahkan musuhnya dengan cara yang tak terduga. Selain itu, Aoshi juga dikenal sangat dingin.

Meski sempat dianggap sebagai karakter jahat, Aoshi menunjukkan sisi emosionalnya saat rekan-rekannya berada dalam bahaya akibat taktik sekaligus kepengecutan Takeda, mantan bosnya. Hal itu membuat dia berpikir bahwa cara terbaik untuk mengembalikan kehormatannya adalah dengan mengalahkan Kenshin.

Untuk mencapai itu, dia bahkan sempat menjalin aliansi dengan Shishio. Namun, ia berhasil dikalahkan oleh Kenshin dalam pertarungan. Kenshin menyakinkan Aoshi bahwa obsesinya tersebut akan menghancurkannya pelan-pelan. Aoshi pun mulai membuka mata dan perlahan-lahan menemukan kedamaian dalam hidupnya bersama dengan anggota klannya yang masih tersisa.

6. Seta Sojiro

Karakter yang satu ini bisa dianggap sebagai orang nomor satu Shishio sekaligus salah satu lawan paling tangguh yang pernah dihadapi Kenshin. Selain unggul dalam hal pertarungan, Seta Sojiro juga memiliki pemikiran yang sangat cerdas. Pada pertarungan pertama melawan Kenshin, ia tidak hanya mengalahkan Kenshin, tetapi ia berhasil menghancurkan pedang Kenshin.

Saat ia masih kecil, Sojiro bertemu dengan Shishio yang berhasil selamat setelah dibakar hidup-hidup. Ia kemudian merawat luka-luka Shishio hingga sembuh. Shishio kemudian mendorng Sojiro untuk membalas dendam terhadap keluarga Sojiro yang telah menyiksanya. Setelah itu, Shishio pun menjadikan Sojiro sebagai muridnya karena dia sangat terkesan dengan tindakan Sojiro.

Salah satu keunggulan Sojiro dalam pertarungan adalah dia memiliki pergerakan kaki yang sangat cepat dan lincah. Selain itu, dia juga selalu terlihat tersenyum saat melawan Kenshin. Hal itu mungkin disebabkan oleh trauma masa kecilnya. Setelah berhasil dikalahkan oleh Kenshin dalam pertarungan berikutnya, Sojiro memutuskan untuk mengembara demi menemukan jati dirinya sekaligus menebus kesalahannya.

5. Sagara Sanosuke

Meskipun Sano tampak seperti orang yang bodoh, dia memiliki sisi hebat karena dia memiliki prinsip uniknya sendiri. Ia diadopsi oleh Sagara Sozo dan Sekihoutai, sekelompok milisi yang terdiri dari petani dan bekerja untuk Ishin Shishi. Dalam cerita, Sozo sempat dijebak dan dieksekusi oleh Ishin karena telah menyebarkan berita bohong mengenai pemotongan pajak, padalah Sozo hanya mengikuti perintah dari Ishin. Semenjak insiden itu, Sano memutuskan untuk tidak lagi mempercayai pemerintah.

Sano tahu bahwa dia tidak akan bisa mengubah masa lalunya dan menyadari bahwa dia masih bisa melakukan hal yang lebih baik. Ia sempat bertarung dengan Kenshin karena dia menghormati Kenshin dan keinginan Kenshin untuk menebus dosa-dosanya. Walaupun tidak sepenuhnya pintar 100%, Sano memiliki hati yang baik dan dia selalu to the point dalam pertarungan.

Dalam pertarungan melawan Kenshin, Sano kehilangan Zanbato miliknya. Namun, hal itu tidak masalah karena Sano sangat percaya diri dengan kemampuan tinjunya. Setelah itu, dia pun berlatih untuk meningkatkan kemampuannya hingga dia menguasai teknik Futae no Kiwami, sebuah pukulan pamungkas.

4. Saito Hajime

Samurai yang satu ini ialah kapten dari unit ketiga Shinsegumi dan ia kemudian berperan sebagai petugas polisi dengan nama samara. Saito memiliki sejarah yang panjang dengan Kenshin karena mereka berada di sisi yang berlawanan pada perang Bonshin yang berlangsung 15 tahun lalu.

Mereka bisa dianggap sebagai rival sejati. Persaingan mereka dipicu oleh keinginan mereka untuk membuktikan siapa yang lebih baik di antara mereka. Selain itu, mereka berdua sama-sama memiliki keinginan yang kuat untuk menyelamatkan negara mereka. Salah satu ciri khas dari Saito dalam pertempuran ialah ia memiliki gerakan khas tusukan tangan kiri yang diberi nama Gatotsu.

Saito bisa dianggap setara dengan Kenshin dalam hal berpedang. Selain itu, dia juga sangat tangguh dalam pertarungan tangan kosong. Meskipun dia mungkin tidak memiliki prinsip absolut seperti yang dianut Kenshin, Saito tetaplah pria yang terhormat. Ia selalu tahu waktu yang tepat untuk menjalankan tugasnya demi melindungi negaranya.

3. Shishio Makoto

Pemimpin dari kelompok Juppongatana ini adalah musuh Kenshin yang terbaik dan legendaris. Selain itu, Shishio menjadi antagonis utama pada arc Kyoto. Sama seperti Kenshin, dia dulunya adalah seorang pembunuh atau hitokiri untuk Ishin Shishi selama perang Boshin. Karena ia dianggap ancaman oleh Ishin, Shishio kemudian disergap dan Ishin mencoba membunuhnya dengan cara dibakar hidup-hidup.

Untungnya, Shishio berhasil melarikan diri dan dia pun memerlukan sepuluh tahun untuk menyusun kekuatan dan membalaskan dendamnya. Dalam hal bertarung, kemampuan Shishio sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Dia adalah samurai yang hebat dan ia pun sangat kuat apabila bertarung dengan tangan kosong. Selain itu, salah satu hal yang unik dari Shishio adalah pedangnya mampu mengeluarkan api yang bisa membakar lawan.

Meskipun penjahat satu ini sangat kejam, Shishio merupakan salah satu karakter terbaik dalam cerita Samurai X. Di akhir hayatnya, ia berhasil menunjukkan sisi lembutnya dengan menunjukkan cintanya kepada Yumi, teman baiknya sejak kecil.

2. Hiko Seijuro XIII

Samurai hebat yang satu ini adalah guru dari Kenshin HImura sekaligus Master dari Hiten Mitsuguri-ryu. Sebagai master dari gaya berpedang tersebut, Hiko menggunakan jubbah seberat 200 pun untuk menunjukkan siapa dirinya.

Setelah kekalahan Kenshin melawan Seta Sojiro, Kenshin mencari gurunya agar dia bisa dibimbing untuk mempelajari Amakekeru Ryuu no Hirameki, teknik pamungkas Hiten Mitsuguri-ryu. Hiko memang seringkali diperlihatkan sarkastik dan sering memberi hukuman kepada muridnya seperti guru pada normalnya. Ia sering mengungkit insiden memalukan di masa lalu dan mencaci maki Kenshin agar muridnya bisa berlatih lebih keras.

Dalam petarungannya melawan Fuji, Hiko menunjukkan kekuatan sejatinya sekaligus kehebatannya sebagai seorang master. Dia sangat menghormati Fuji sebagai sesame pejuang. Selain itu, dia juga menganggap Fuji sebagai manusia, terlepas dari penampilannya yang mengerikan.

1. Himura Kenshin

Karakter terbaik dalam cerita Samurai X tentu saja adalah Himura Kenshin si tokoh utama dalam cerita ini. Ia merupakan mantan pembunuh yang berubah menjadi seorang pengembara untuk menebus semua dosa-dosanya. Selain itu, dia juga dikenal dengan sebutan Battousai. Sesampainya di Tokyo, Kenshin bertemu dengan seorang gadis bernama Kaoru.

Karena merasa bersalah atas dosa-dosanya di masa lalu, Kenshin memutuskan untuk menebus dosanya dengan cara melindungi orang yang tak bersalah dan tidak membunuh orang lagi. Untuk itu, dia menggunakan sebuah pedang bernama Sakaboto, sisi pedang yang tumpul.

Meskipun Kenshin memiliki sifat baik hati, adakalanya sisi kejamnya sebagai pembunuh muncul kembali ketika dia berada dalam posisi bahaya. Untungnya, ada Kaoru yang bisa menuntun Kenshin menuju kemenangan tanpa harus merenggut nyawa orang lain. Terlepas dari penampilannya yang masih tampak muda, Kenshin aslinya telah berusia 28 tahun. Selain itu, dia memiliki cara bicara yang unik dengan menggunakan kata (de) gozaru di akhir kalimat.

Previous Post Next Post

Contact Form