8 Rekomendasi Anime tentang Basket yang Bisa Ditonton


Basket merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Saking populernya olahraga ini, banyak anime yang mengambil tema basket dalam ceritanya.

Mungkin buat kalian yang suka banget nonton anime, sudah tidak asing lagi dengan anime bertemakan basket, seperti Slam Dunk dan Kuroko no Basket. Namun, ada beberapa anime lain tentang basket yang sayang banget kalian lewatkan. Yuk, kita lihat saja list-nya berikut ini.

8. I’ll/CKBC

Anime I’ll/CKBC berformat OVA dan hanya berjumlah dua episode. Selain itu, judul anime ini juga cukup susah buat dibaca hehe. Meskipun demikian, anime tentang basket yang satu ini cukup recommended buat ditonton karena anime ini mengajarkan pentingnya chemistry dalam satu tim.

Cerita dari anime ini berpusat pada Akane Tachibana dan Hitonari Hiiragi yang merupakan dua orang rival. Akane merupakan pemain yang selalu bekerja keras, sedangkan Hitonari adalah pemain basket yang bertalenta dan populer. Suatu hari mereka berada dalam satu tim dan mereka pun berseteru hebat.

7. Dear Boys

Next, ada anime Dear Boys yang ceritanya lebih terasa real karena teknik basket yang ada di anime ini bisa diterapkan di dunia nyata. Selain itu, anime ini juga memiliki cerita yang cukup klise, tetapi bukan berarti anime ini gak asik buat ditonton.

Cerita dari anime ini berpusat pada seorang siswa pindahan bernama Aikawa Kazuhiko yang sangat menyukai basket. Ia dulu juga merupakan kapten tim basket. Saat pindah ke sekolah barunya, dia melihat tim basket di sekolah itu seperti mati suri dan tidak lagi mengikuti pertandingan. Untuk itu, ia pun berusaha membangkitkan kembali semangat pemain tim basket tersebut.

6. Buzzer Beater

Anime basket yang satu ini juga tak kalah unik. Buzzer Beater mengambil setting di masa depan ketika pertemuan antara alien dengan manusia merupakan hal yang biasa. Pertandingan basket yang disajikan di anime ini dilakuka oleh berbagai ras alien dari planet lain.

Para alien di anime ini ikut bermain dalam pertandingan basket secara fair melawan tim dari ras manusia. Selain itu, pemain tim basket dari tim manusia bercita-cita untuk menjadi tim terhebat yang mampu mengalahkan para alien yang superior.

5. Ro-Kyu-Bu

Normalnya, permainan basket dilakukan oleh anak-anak cowok. Namun, pernah nggak kalau yang main basket itu cewek? Nah, anime Ro-Kyu-Bu yang satu ini merupakan anime basket yang berkisah tentang lima cewek cantik dan imut yang tergabung dalam klub basket di sekolahnya.

Para cewek tersebut awalnya belum mahir sama sekali bermain basket. Mereka pun dilatih oleh seorang pelatih yang cukup tampan disiplin. Pelatih itu telah kehilangan semangat bermain basket, tetapi karena efek rayuan dari para cewek itu, pelatih itu kembali bersemangat bermain basket.

4. Basquash

Berbeda dengan anime basket yang lain, Basquash cukup unik karena anime ini menggabungkan genre sport dan science-fiction. Anime ini pertama kali dirilis pada tahun 2009 dan mengambil setting dunia yang sangat maju dan di dalamnya terdapat pertandingan basket.

Uniknya, yang menjadi pemain basket bukanlah manusia, tetapi robot canggih dan berukuran besar yang saling bersaing. Para robot itu biasanya bermain di arena raksasa yang sangat luas. Nggak hanya itu, animasi ini juga sangat keren sehingga recommended buat ditonton.

3. Ahiru no Sora

Next, ada Ahiru no Sora yang masih sangat fresh karena anime ini baru ditayangkan pada akhir 2019. Anime ini diadaptasi dari manga karya Takeshi Hinata yang dirilis majalah Shonen Jump pada tahun 2003 dan juga tak kalah populer dari Slam Dunk dan Kuroko no Basket.

Cerita dari anime ini berpusat pada seorang anak bernama Sora yang sangat menyukai basket. Dia juga telah berjanji kepada ibunya bahwa dia akan menjadi pemain basket hebat. Dia pun bergabung dengan grup basket di SMA, tapi sialnya grup itu dipenuhi oleh sekelompok berandalan. Meskipun demikian, Sora terus berjuang gigih dan tulus sebagai pemain basket.

2. Kuroko no Basket

Di posisi kedua, ada anime Kuroko no Basket yang pertama kali dirilis pada tahun 2012. Anime ini berkisah tentang seorang anak muda bernama Kuroko yang cukup payah dalam bermain basket. Dia nggak bisa melakukan shoot dengan tepat dan dia juga larinya lambat sehingga sering dikejar oleh pemain lawan.

Namun, Kuroko sangat jago dalam hal passing. Dia juga memiliki keunggulan tersendiri karena tubuhnya yang kecil sehingga banyak orang yang tidak menyadari kehadirannya. Hal ini dia manfaatkan untuk mengoper ke anggota timnya tanpa ketahuan lawan. Yang bikin ketagihan dari anime ini adalah setiap karakter punya move atau gerakan spesial masing-masing.

1. Slam Dunk

Slam Dunk merupakan anime basket yang paling populer, baik di Jepang maupun di Indonesia. Anime yang diadaptasi dari manga Takehiko Inoue ini memiliki jumlah episode yang cukup panjang dan diproduksi antara tahun 1993 hingga tahun 1996. Meskipun Slam Dunk termasuk anime lawas, ceritanya masih asik buat ditonton sampai saat ini.

Anime ini berkisah tentang Hanamichi Sakuragi yang awalnya tidak bisa bermain basket. Namun, dia akhirnya belajar dari waktu ke waktu hingga dia bisa mengikuti pertandingan level nasional. Anime ini menggambarkan secara jelas progress dan pertumbuhan karakter sehingga asik buat ditonton. Selain itu, ceritanya sangat nyata dan banyak humor yang bikin ketawa.

Previous Post Next Post

Contact Form