Hal Pantangan pada Radang Sendi yang Perlu Diperhatikan

hal pantangan pada radang sendi
source pic: pixabay

Radang sendi atau arthritis merupakan peradangan yang terjadi pada sendi. Peradangan ini dapat menyebabkan sendi terasa kaku dan susah untuk digerakkan. Kondisi tersebut tentu saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Radang sendi bisa terjadi pada siapapun, khususnya pada lansia yang berusia 65 tahun ke atas. Bagi orang yang mengalami radang sendi, ada beberapa hal pantangan pada radang sendi yang perlu diperhatikan agar radang sendi yang diderita tidak semakin parah. 

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang praktis dan disukai banyak orang, seperti ayam goring, pizza, burger, dan sejenisnya. Akan tetapi, terlalu banyak makan junk food enggak baik bagi kesehatan, khususnya bagi penderita radang sendi.

Makanan cepat saji memiliki lemak dan kolesterol yang tinggi. Studi dari Mount Sinai School of Medicine membuktikan bahwa mengurangi konsumsi makanan cepat saji dapat meringankan peradangan dan membantu memulihkan pertahanan alami tubuh.

Selain itu, penderita radang sendi juga sebaiknya mengurangi makanan yang tinggi akan purin, seperti jeroan dan daging bebek. Makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperburuk gejala radang sendi.

2. Minuman bersoda dan beralkohol

Selain memperhatikan konsumsi makanan, penderita radang sendi juga disarankan untuk menghindari minuman bersoda dan beralkohol.

Minuman bersoda mengandung bahan pengawet sekaligus kadar gula yang sangat tinggi. Karena itu, kandungan pada soda tersebut beresiko pada radang sendi dan bisa memicu penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Selain itu, minuman beralkohol juga memicu peningkatan asam urat karena alkohol mengandung banyak purin yang nggak baik buat penderita radang sendi.

3. Obesitas

Pantangan ketiga yang harus dihindari untuk mencegah radang sendi adalah kegemukan atau obesitas. Berat badan yang berlebih dapat membebani tulang dan sendi. Karena itulah, orang yang memiliki obesitas cenderung rentan terkena radang sendi.

Jika badan dirasa terlalu gemuk, sebaiknya kita mulai menjaga pola makan dan rutin berolahraga untuk menjaga tubuh tetap ideal.

4. Malas gerak

Ketika bekerja atau melakukan suatu aktivitas, kita kadang terlalu asik dan fokus pada kegiatan yang kita lakukan sehingga kita jadi mager. Namun, malas gerak nyatanya juga enggak bagus bagi persendian tulang kita.

Sebaiknya, kita melakukan peregangan atau mengganti posisi tubuh kita setiap setengah jam. Selain itu, kita harus menghindari gerakan yang berulang-ulang pada satu sendi untuk mengurangi resiko peradangan sendi.

5. Olahraga berat

Olahraga merupakan aktivitas yang penting untuk kita lakukan agar tubuh kita tetap bugar dan fit. Namun, olahraga yang terlalu berat dan membebani tubuh sangat tidak dianjurkan bagi penderita radang sendi karena beresiko memperparah kerusakan pada sendi.

Olahraga berat yang tersebut contohnya seperti angkat beban, tenis, bola basket, sepak bola, dan sejenisnya. Sebaiknya, lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, bersepeda, yoga, dan tai chi yang baik untuk merelaksasi otot-otot sendi.

6. Kurang istirahat

Selain berolahraga, beristirahat yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Jika tubuh kekurangan istirahat, gejala radang sendi kemungkinan besar juga akan memburuk.

Karena itulah, sebaiknya hindari aktivitas begadang dan cari posisi tidur yang tepat agar tidur kita nyaman dan pulas.

7. Merokok

Seperti yang kita tahu, merokok itu tidak baik untuk kesehatan karena ada banyak kandungan racun yang terdapat dalam rokok.

Selain memicu penyakit sesak atau paru-paru, merokok juga dapat memicu kerusakan pada jaringan persendian sehingga dapat memperburuk gejala radang sendi.

8. Stres berlebihan

Pantangan terakhir pada radang sendi adalah stres yang berlebihan. Pikiran yang terlalu stres dan negatif dapat membuat tubuh menjadi tegang dan kurang rileks. Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus, kesehatan tubuh kita pun akan terganggu.

***

Nah, mungkin itu saja beberapa pantangan pada radang sendi yang perlu diperhatikan. Jika kalian mengalami gelaja radang sendi, kalian sebaiknya mulai menerapkan pola hidup sehat dan menghindari pantangan-pantangan tersebut.

Selain itu, kalian sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang lebih ahli jika gejala radang sendi kian parah dan memburuk. Sekian artikel ini saya tulis dan semoga bermanfaat buat para pembaca yang budiman.

Previous Post Next Post

Contact Form