Blue Lock: Apakah yang Dimaksud dengan Flow State?


Blue Lock merupakan salah satu serial manga dan anime yang tengah populer di kalangan fans saat ini. Serial tersebut menghadirkan banyak pemain bola keren yang punya egoisme tingkat tinggi dan  terobsesi untuk menjadi strikter nomor satu di dunia.

Buat kalian yang mengikuti cerita Blue Lock, kalian pasti tidak asing dengan istilah Flow State. Istilah atau konsep Flow State menariknya tidak hanya berlaku di dunia Blue Lock, tetapi istilah tersebut juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari kita di dunia nyata.

Karena itulah, MogiMogy kali ini ingin membahas lebih detail terkait Flow State. Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

Penjelasan Ilmiah Tentang Flow State

Dilansir dari situs headspace, konsep tentang Flow State dipopulerkan oleh ahli psikolog bernama Mihaly Csikzentmihalyu dan Jeanne Nakamura. Konsep tersebut menggambarkan sebuah perasaan atau kondisi ketika seseorang tenggelam sepenuhnya dalam tugas atau pekerjaan tertentu.

Dalam perbincangan di TED Talk 2004, Csikzentmihalyu menuturkan bahwa Flow State berkaitan erat dengan fokus dan tujuan yang memotivasi seseorang. Kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil wawancara terhadap orang-orang dari berbagai profesi, seperti pemanjat tebing, pemain catur, ahli bedah, dan penari balet.

Menurut penuturannya lagi, Flow State bisa dicapai oleh seseorang dalam kondisi yang penuh tantangan. Ketika seseorang menantang diri mereka dengan berbagai tugas, otak seseorang akan mencapai kapasitas maksimal.

Baca juga; 10 Teknik dan Kemampuan Tingkat Tinggi dalam Cerita Blue Lock

Jinpachi Ego Menjelaskan Konsep Flow State Kepada Pemain Blue Lock

Dalam cerita Blue Lock, konsep tentang Flow State pertama kali disinggung oleh Jinpachi Ego pada chapter 111 ketika pemain Blue Lock bersiap menghadapi Timnas Jepang U-20. Dia menjelaskan kepada para pemain Blue Lock tentang definisi sekaligus cara mencapai Flow State selama bermain bola di lapangan.

Konsep yang dijelaskan oleh Ego kurang lebih sama dengan penjelasan ilmiah dari Mihaly Csikzentmihalyu dan Jeanne Nakamura. Ego menuturkan bahwa Flow State bisa dicapai saat seseorang benar-benar terfokus dan tenggelam dengan aktivitas mereka.

Ego sempat mengingatkan para pemain tentang perjalanan awal mereka sekaligus pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan selama berjuang di Blue Lock. Mereka tanpa sadar telah berkali-kali mengalami momen Flow State sehingga mereka bisa bertahan di tengah kerasnya persaingan, khususnya Isagi.

Menurut Ego, ada banyak cara untuk mencapai kondisi tersebut. Salah satunya adalah memusatkan fokus pada tujuan dan tantangan tertentu yang ingin dicapai. Hal itu juga berkaitan dengan batas dan kemampuan masing-masing pemain. 

Ego mengungkapkan bahwa tujuan yang ideal adalah tujuan yang tidak mudah dan tidak terlalu sulit bagi para pemain. Apabila tujuan yang ingin dicapai terlalu mudah, pemain akan merasa cepat bosan. Sebaliknya, pemain akan patah semangat apabila mereka gagal mencapai tujuan tersebut. 

Bagi pemain Blue Lock, tantangan atau tujuan tersebut seringkali mereka lewati. Contohnya adalah tantangan untuk menciptakan gol hingga mengembangkan senjata baru yang bisa menghancurkan musuh. Karena itulah, penjelasan Ego bisa diterima dengan mudah oleh mereka.

Flow State Membuat Isagi Lebih Kuat Seiring Berjalannya Waktu

Isagi seringkali memasuki Flow State tanpa disadari. Saat dia mencapai kondisi tersebut, dia bisa fokus dan tenggelam sepenuhnya dalam permainan hingga dia mampu menaklukkan setiap rintangan yang ada di lapangan.

Contohnya adalah ketika Isagi berhadapan dengan Nagi pada detik-detik terakhir pertandingan Tim Z melawan Tim V. Dia memfokuskan seluruh pikirannya untuk mencetak gol hingga dia mampu menciptakan teknik baru berupa Direct Shot.

Hal yang sama juga terjadi ketika Isagi bertanding melawan Tim Rin di Seleksi Kedua. Dia mengerahkan seluruh fokus dan kekuatannya hingga dia mampu mengimbangi permainan Rin di lapangan.

Menurut penulis, Flow State merupakan langkah atau kondisi awal yang harus dicapai oleh Isagi agar dia bisa menggunakan Metavision. Ketika Metavision aktif, Isagi harus menggunakan seluruh kemampuan yang dia kuasai pada saat yang bersamaan. 

***

Mungkin itu saja penjelasan dari penulis tentang konsep Flow State yang seringkali disinggung dalam cerita Blue Lock. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian seputar Blue Lock. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kenyu Yukimiya dalam Cerita Blue Lock

Previous Post Next Post

Contact Form