Daftar Lengkap Driver Utama dalam Cerita Kamen Rider Heisei & Reiwa (Part 1)


Buat kalian penggemar cerita Kamen Rider, kalian pasti tidak asing lagi dengan istilah driver atau alat transformasi yang biasa digunakan oleh para Rider untuk berubah. Alat tersebut berbentuk sebuah sabuk dan biasa dikombinasikan dengan item khusus yang menyimpan kekuatan tertentu.

Sebenarnya, ada banyak jenis driver yang muncul dalam cerita dan akan sangat panjang jika kita membahasnya satu per satu. Karena itulah, kita akan berfokus pada driver yang digunakan oleh MC utama.

Tanpa berbasa-basi lagi, cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Arcle (Kamen Rider Kuuga)

Arcle merupakan sebuah artefak kuno dari zaman dahulu. Yusuke Godai pertama kali mennemukan artefak tersebut saat dia berkunjung ke sebuah gua reruntuhan. Artefak itu menyatu dengan tubuhnya dan memberinya kekuatan untuk berubah menjadi Kamen Rider Kuuga.

Mirip seperti pendahulunya, Kamen Rider Kuuga mempunyai cara transformasi yang tidak begitu ribet. Saat dia hendak melakukan henshin, Arcle akan langsung muncul di pinggangnya secara otomatis.

2. Altering (Kamen Rider Agito)

Berbeda dengan Kamen Rider Kuuga, Kamen Rider Agito mempunyai kekuatan yang berbasis supranatural. Konon, mereka yang mempunyai kekuatan Agito sangat ditakuti oleh para monster bernama Unknown.

Shouichi pertama kali membangkitkan kekuatan Agito saat dia terjebak dalam insiden di kapal Akatsuki. Cara transformasinya pun masih mirip seperti Kuuga karena sabuknya akan muncul secara otomatis saat henshin.

3. V-Buckle & Advent Deck (Kamen Rider Ryuki)

Serial Kamen Rider Ryuki memberikan sebuah gebrakan baru yang menjadi titik balik dari serial Kamen Rider di era Heisei. Dalam serial tersebut, para Rider melakukan perubahan dengan menggunakan alat bernama V-Buckle dan Advent Deck yang berisi kartu-kartu senjata.

Kedua benda tersebut dirancang oleh ilmuwan misterius bernama Kanzaki Shiro yang menciptakan pertarungan antar Rider. Uniknya lagi, para Rider harus menghadap ke depan cermin saat mereka melakukan henshin.

4. SB-555B Faiz Driver & Faiz Phone (Kamen Rider 555)

Dalam cerita Kamen Rider 555, ada beberapa alat transformasi canggih buatan perusahaan SMART BRAIN. Salah satu contohnya adalah Faiz Gear yang berisi alat-alat mutakhir dan biasa disimpan dalam koper.

Salah satu alat utama dari Faiz Gear adalah SB-555B Faiz Driver dan Faiz Phone. Kedua alat itulah yang digunakan oleh Takumi Inui untuk berubah menjadi Kamen Rider Faiz. Dia pun mempunyai alat-alat pendukung, seperti SB-555C Faiz Shot dan SB-555L Faiz Pointer.

5. Blay Buckle & Rouse Card (Kamen Rider Blade)

Kazuma Kenzaki berubah menjadi Kamen Rider Blade dengan memanfaatkan sabuk khusus bernama Blay Buckle. Alat transformasi tersebut dikembangkan oleh sebuah instansi penelitian bernama BOARD. 

Selain itu, Kazuma perlu menggunakan sebuah kartu khusus bernama Category Ace Rouse Card yang menyimpan kekuatan Undead tingkat tinggi. Dia pun bisa menggunakan Rouse Card yang lain untuk melepaskan serangan kombinasi yang unik dalam pertarungan.

Baca juga: 10 Super Form yang Paling Keren dalam Cerita Kamen Rider

6. Henshin Onsa (Kamen Rider Hibiki)

Berbeda dengan kasus-kasus sebelumnya, Hibiki berubah menjadi seorang Oni dengan menggunakan sebuah item bernama Henshin Onsa. Item tersebut berwujud sebuah garpu tala dengan ornamen antik mirip oni.

Apabila Hibiki hendak berubah, dia perlu mengetukkan Henshin Onsa tersebut ke benda di sekitarnya agar item tersebut beresonansi dan menghasilkan getaran suara. Setelah itu, dia akan memasuki wujud Oni.

7. Rider Belt & Zecter (Kamen Rider Kabuto)

Dalam cerita Kamen Rider Kabuto, para Rider berubah dengan menggunakan berbagai jenis alat yang dikembangkan oleh perusahaan ZECT. Alat-alat tersebut dikombinasikan dengan benda bernama Zecter yang berwujud serangga.

Dalam kasus Soji Tendo, alat perubahannya berbentuk sebuah sabuk yang disebut Rider Belt dan dikombinasikan dengan Kabuto Zecter yang berwujud kumbang tanduk. Uniknya, Zecter tersebut akan bergerak menghampirinya secara otomatis saat dipanggil oleh Shouji.

8. Den-O Belt & Rider Pass (Kamen Rider Den-O)

Nogami Ryotaro berubah menjadi Kamen Rider Den-O dengan memanfaatkan Den-O Belt dan item khusus bernama Rider Pass. Selain berfungsi sebagai alat transformasi, Rider Pass berguna sebagai tiket untuk naik ke DenLiner.

Saat pertama kali berubah, Kamen Rider Den-O akan memasuki Plat Form terlebih dahulu. Dia perlu menekan salah satu dari empat tombol di sabuknya agar dia mengakses kekuatan para Taros yang menjalin kontrak dengannya.

9. Kivat Belt & Kivat-Bat the 3rd (Kamen Rider Kiva)

Untuk berubah menjadi Kamen Rider Kiva, Wataru Kurenai harus menggunakan Kivat Belt dan dibantu oleh kelelawar mungil bernama Kivat-Bat the 3rd. Cara transformasinya pun terbilang sangat unik.

Pertama-tama, kelelawar tersebut akan menggigit tangan Wataru. Setelah itu, Wataru akan memasang kelelawar tersebut di sabuknya. Wataru juga bisa menggunakan item khusus bernama Fuestle untuk mengakses form lain.

10. Decadriver & Rider Card (Kamen Rider Decade)

Setelah beberapa series terlewati, Kamen Rider Decade kembali menghadirkan penggunaan kartu sebagai sumber kekuatan utama. Bedanya, kartu yang digunakan Kamen Rider Decade menyimpan kekuatan para Rider di generasi sebelumnya.

Untuk berubah menjadi Decade, Tsukasa Kadoya menggunakan sebuah sabuk khusus bernama Decadriver. Sabuk tersebut mempunyai fungsi untuk melakukan scanning pada Rider Card yang digunakan oleh Decade untuk bertarung.

Baca juga: 11 Kamen Rider Bermotif Naga yang Paling Menarik

11. Doubledriver & Gaia Memory (Kamen Rider W)

Kamen Rider W sangatlah unik karena dia adalah dua orang yang bergabung dalam satu tubuh. Mereka adalah Hidaro Shotaro dan Philip. Keduanya menggunakan item bernama Doubledriver dan Gaia Memory untuk berubah.

Kedua item tersebut sama-sama mempunyai keunikan. Doubledriver berbentuk seperti huruf W, sedangkan Gaia Memory berbentuk sebuah flashdisk. Memori tersebut menyimpan berbagai kekuatan unik yang beraneka ragam.

12. OOO Driver, O Scanner, & Core Medal (Kamen Rider OOO)

Jika dibandingkan kasus sebelumnya, cara kerja transformasi Kamen Rider OOO lumayan ribet. Eiji Hino harus menggunakan beberapa alat dan item sekaligus, yaitu sabuk OOO Driver, alat pemindai bernama O Scanner, dan tiga buah Core Medal.

Eiji pertama-tama harus memasukkan ketiga Core Medal tersebut ke slot koin yang ada pada OOO Driver. Dia kemudian memiringkan sabuknya lalu memindainya dengan O Scanner. Setelah itu, teng teng teng … dia baru berubah menjadi Kamen Rider OOO.

13. Fourze Driver & Astroswitch (Kamen Rider Fourze)

Kamen Rider Fourze menggunakan tema astronot dan luar angkasa. Untuk berubah, dia membutuhkan sebuah sabuk bernama Fourze Driver yang dilengkapi dengan empat buah item Astroswitch.

Gentaro harus menekan keempat tombol dari Astrowicth tersebut untuk menyelesaikan perubahannya. Uniknya, dia selalu berkata Uchuu Kitaaaa! dengan penuh semangat setiap kali dia berubah menjadi Kamen Rider.

14. Wizardriver & Wizard Ring (Kamen Rider Wizard)

Kamen Rider Wizard mempunyai driver yang cukup unik karena berbentuk telapak tangan lima jari. Bukan hanya sebagai ornamen, telapak tangan tersebut berfungsi sebagai alat pemindai Wizard Ring yang digunakan Haruto untuk henshin atau berganti form.

Kamen Rider Wizard mempunyai beberapa cincin yang menyimpan kekuatan tertentu berbasis elemen alam. Dia biasa menggunakan Flame Style sebagai form utamanya dalam pertempuran melawan Phantom.

15. Sengoku Driver & Lockseed (Kamen Rider Gaim)

Ada dua jenis driver yang digunakan oleh para Rider dalam cerita Kamen Rider Gaim. Salah satunya adalah Sengoku Driver yang dilengkapi dengan ornamen seperti pedang. Alat tersebut dikombinasikan dengan item bernama Lockseed yang berbentuk gembok.

Lockseed mempunyai banyak karakteristik yang berbeda-beda dan mengambil tema buah-buahan. Saat berubah, para Rider harus memasang item tersebut pada sabuk mereka. Kemudian, mereka harus menekan bagian pedang sabuk itu agar Lockseed tersebut bisa aktif.

Baca Kelanjutannya: Daftar Lengkap Driver Utama Kamen Rider Heisei dan Reiwa (Part 2)

***

Mungkin itu saja pembahasan tentang driver utama dalam cerita Kamen Rider bagian pertama. Terima kasih banyak atas kunjungannya! Jangan lupa juga bagikan artikel ini sebagai bentuk dukungan kalian!

Previous Post Next Post

Contact Form