15 Rekomendasi Anime Balapan Mobil Terbaik yang Bisa Kamu Tonton


Meskipun tidak sepopuler anime action atau petualangan, anime tentang balapan tetap memiliki daya tarik tersendiri buat ditonton. Ada banyak jenis balapan yang menjadi tema utama dalam anime, mulai dari balapan sepeda hingga balapan mobil.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin merekomendasikan anime tentang balapan mobil terbaik yang bisa kamu tonton. Penasaran? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Initial D

Initial D merupakan anime tentang balapan yang paling populer di kalangan penggemar anime. Meskipun kalian tidak begitu paham dengan mobil dan balapan, kalian pasti bisa menikmati alur cerita anime tersebut.

Cerita Initial D berfokus pada seorang pembalap jalanan bernama Takumi Fujiwara yang masih muda dan punya bakat. Dia awalnya tidak begitu tertarik menyetir mobil, tetapi pandangannya berubah setelah dia bertarung melawan pembalap lain. 

Yang menarik adalah Takumi hanya mengendarai mobil Toyota tipe lama, sedangkan lawannya memiliki mobil modern yang canggih. Namun, Takumi berhasil memenangkan setiap balapan berkat kemampuan mengemudinya yang sangat hebat.

2. Redline

Sesuai judulnya, anime ini berfokus pada sebuah balapan bergengsi di alam semesta yang dikenal dengan sebutan Redline. Kompetisi tersebut diadakan setiap lima tahun sekali dan hanya pembalap hebat saja yang bisa berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Ceritanya berfokus pada seorang pembalap bernama JP yang mengendarai mobil modifikasi Trans Am 20000. Dia terkenal punya gaya balapan yang sembrono dan ugal-ugalan. Selain itu, dia harus melawan pembalap kuat untuk memenangkan balapan tersebut.

3. MF Ghost

MF Ghost merupakan salah satu anime balapan terbaru yang dirilis pada musim gugur 2023. Anime tersebut masih berhubungan dengan serial Initial D. Meskipun begitu, ceritanya tidak lagi berfokus pada Takumi Fujiwara.

Tokoh utama MF Ghost adalah Kanata Rivington yang pernah menjadi murid Takumi. Dia pergi ke Jepang untuk mengikuti sebuah balapan bergengsi sekaligus mencari keberadaan ayahnya yang menghilang secara misterius.

4. Overtake!

Suka dengan balapan mobil formula? Kalian harus nonton anime yang berjudul Overtake!. Anime tersebut menyuguhkan adegan balapan yang menarik dengan cerita yang ringan tapi cukup menyentuh.

Ceritanya berfokus pada seorang fotografer bernama Kouya Madoka. Setelah melihat aksi dari seorang pembalap muda, dia jadi tertarik untuk mendukung pembalap tersebut agar dia bisa menjadi juara kompetisi balapan F4.

5. Bakusou Kyoudai Let’s & Go!!

Bakusou Kyoudai Let’s & Go!! merupakan anime tentang balapan mobil mini 4WD alias Tamiya yang bikin nostalgia. Anime tersebut berfokus pada dua bersaudara, yakni Retsu dan Go Saiba yang punya passion kuat dalam balapan mobil mini 4WD.

Mereka berdua sering berpartisipasi dalam turnamen balapan dengan mobil mini andalan mereka, yaitu Sonic dan Magnum. Yang menarik adalah mobil-mobil itu bisa mengeluarkan jurus keren di sepanjang lintasan.

6. Wangan Midnight

Wangan Midnight berfokus pada seorang siswa SMA bernama Akio Asakura yang hobi balapan. Setelah dia dikalahkan dengan cara yang memalukan, dia sempat mencari suku cadang yang bisa meningkatkan performa mobilnya.

Namun, Akio malah menembukan sebuah mobil Fairlady Z (S30) berwarna biru. Mobil itu sangat cepat, tetapi mobil itu dianggap terkutuk karena orang-orang yang pernah mengemudikan mobil itu tewas. Meskipun tahu hal itu, Akio tetap menggunakan mobil itu untuk balapan. 

7. Capeta

Capeta menghadirkan tema balapan mobil Go-Kart yang menarik buat ditonton. Sesuai judulnya, cerita anime tersebut berfokus tentang seorang bocah bernama Capeta Taira. Setelah ibunya meninggal, dia berusaha mandiri agar dia tidak membebani ayahnya.

Kehidupan Capeta berubah setelah ayahnya membawa sebuah Go-Kart dari logam rongsokan. Meskipun mobil itu tidak sempurna, Capeta merasa bahagia karena dia membutuhkan mobil itu untuk mengikuti balapan Go-Kart.

8. eX Driver

eX Driver menyuguhkan cerita balapan mobil yang mengambil latar futuristik. Di masa depan, seluruh jenis transportasi dikontrol oleh sistem AI. Meskipun keberadaan AI sangat membantu, hal itu juga bisa menjadi masalah.

AI bisa kehilangan kontrol dan membahayakan orang-orang di jalan. Demi mencegah hal tersebut, tiga siswa SMA mempunyai misi untuk melindungi orang-orang dari AI yang bermasalah. Uniknya, mereka mengendarai mobil non-AI.

9. Speed Racer

Speed Racer merupakan anime balapan klasik yang pertama kali tayang pada tahun 1967. Ceritanya berfokus pada seorang pemuda bernama Gou Mifune. Dia sangat terobsesi untuk mengendarai mobil buatan ayahnya, yakni Mach 5.

Ayahnya sebenarnya tidak mengizinkan Gou untuk terjun ke dunia balapan. Namun, Gou tidak memedulikan hal tersebut dan memilih untuk tetap balapan. Dia pun mengalami banyak tantangan, seperti pembalap yang lebih cepat darinya.

10. Future GPX Cyber Formula

Cyber Formula merupakan sebuah balapan Grand Prix yang menggunakan sistem navigasi siber yang disebut Asurada. Sebagai pembalap termuda di sana, Kazami Hayato harus berjuang keras menghadapi tantangan yang ada di sekitarnya.

Bukan cuman itu saja, Kazami harus menghentikan orang-orang jahat yang mencuri sistem Asurada. Selain itu, dia lambat laun jadi berpikir untuk mengikuti balapan lain apabila ajang Cyber Formula telah berakhir.

11. F

F termasuk salah satu anime balapan klasik yang tidak kalah menarik untuk ditonton. Ceritanya berfokus pada seorang pembalap F-1 bernama Akagi Gunma. Dia rela meninggalkan kampung halamannya demi mengejar cita-citanya sebagai pembalap di kota besar.

Ayahnya yang bekerja sebagai politisi lokal pada dasarnya tidak mendukung karier Akagi. Namun, Akagi tidak memedulikan hal tersebut. Walaupun tidak ada yang mendukungnya, dia tetap berjuang keras demi mewujudkan impiannya.

12. Tailenders

Tailenders bercerita tentang seorang pembalap bernama Tomoe Shiro. Setelah dia mengalami kecelakaan, jantungnya digantikan oleh mesin mobil. Karena alasan itu, dia tidak lagi memenuhi kualifikasi sebagai pembalap karena dia dikategorikan sebagai hardware.

Meskipun demikian, Tomoe tidak menyerah begitu saja. Dia memutuskan untuk meninggalkan planetnya hingga dia menemukan sirkuit baru. Di sana, ada banyak pembalap unik yang bernasib seperti dirinya.

13. Immortal Grand Prix

Buat kalian yang suka dengan cerita mecha dan balapan, Immortal Grand Prix bisa menjadi opsi yang cocok buat ditonton. Serial tersebut berlatar di tahun 2048 dan bercerita tentang sebuah kompetisi olahraga bergengsi yang melibatkan mecha humanoid berukuran raksasa.

Mecha tersebut dikendarai oleh para pilot yang handal dan dilengkapi dengan mesin canggih yang bisa memacu kecepatan di lintasan. Mecha tersebut bisa melakukan balapan sepanjang 400 km atau 248.5 mil per jam. 

14. Appare-Ranman!

Sesuai judulnya, Appare-Ranman! berfokus pada seorang penemu jenius bernama Appare Sorrano. Dia sangat suka dengan benda-benda mekanik, khususnya yang berhubungan dengan alat transportasi.

Appare mampu menciptakan kendaraan unik berbasis mesin uap yang menarik. Dia bekerja sama dengan samurai bernama Kosame Ishikki untuk mengikuti kompetisi balapan bergengsi bernama Trans-America Wild Race

15. Scan2Go

Scan2Go merupakan salah satu serial anime tentang balapan yang sangat unik. Anime ini bercerita tentang petualangan Kaz dan anggota tim J.E.T dalam sebuah kompetisi balapan bergengsi yang terkenal di seluruh galaksi.

Dalam balapan tersebut, mereka harus berhadapan dengan pembalap dari planet lain yang mirip seperti alien. Selain itu, mereka menggunakan mobil unik yang bisa dioperasikan melalui sebuah kartu dan sistem scanning.

***

Mungkin itu saja rekomendasi anime balapan mobil terbaik yang bisa penulis sampaikan. Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial agar blog ini bisa menjangkau lebih banyak pembaca!

Previous Post Next Post

Contact Form