Cinta Dan Hukum Gossen I

           

Hukum Gossen I atau dikenal sebagai the law of diminishing marginal utility , menyatakan bahwa “Jika jumlah barang yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu terus ditambah, maka kepuasan total yang diperoleh juga bertambah. Akan tetapi, kepuasan marginal akan semakin berkurang. Bahkan bila konsumsi terus dilakukan, pada akhirnya tambahan kepuasan yang diperoeh akan menjadi negatif dan kepuasan total menjadi berkurang”. Sumber: LKS Ekonomi gue pas kelas satu dulu

Kali ini kita bahas tentang cinta, orang punya persepsi sendiri-sendiri tentang kata tersebut. Lalu apa kaitannya dengan hukum Gossen I ? begini, menurut gue hukum tersebut berlaku didalam cara kita mencintai seseorang. Kalau misalkan kita mencintai seseorang secara berlebihan maka adakalanya cinta itu akan sampai ke titik dimana kita akan merasa jenuh, sampai ke titik dimana cinta itu akan terasa hambar dan gak ada artinya lagi.
   
Sama halnya kayak kita menggunakan/mengkonsumsi (menghabiskan nilai guna suatu barang), misal kita menggunakan sebuah handphone. Bila kita menggunakannya secara terus menerus, diawal mungkin kita akan merasa senang dan juga bahagia. Namun pasti ada saat-saat dimana kita pasti akan merasa jenuh lalu kita ingin mencari kegiatan lain yang lebih seru. Atau kalau enggak gitu rasa suka kita yang berlebihan itu akan menghancurkan handphone itu sendiri, karena sudah mencapai batas maksimum/heat over.

Kalau kita mencintai seseorang, lebih baik kita mencintai dia sepantasnya saja. Adakalanya kita punya waktu untuk dunia kita sendiri, adakalanya  waktu tertentu dimana hanya ada kita dan orang yang kita cintai. Dengan cara itu, kemungkinan kita gak bakalan cepat jenuh dengan orang yang kita cintai, berbeda jika kita terus menerus memikirkan dia tanpa ada jeda waktu sedetikpun. Pasti bakal cepat jenuh dan juga akan muncul pemikiran untuk mencari seseorang yang lebih dari dia yang saat ini ada disisi kita.

Maaf kalau ada yang gak setuju dengan pendapat gue kali ini, tiap orang punya pendapat sendiri-sendiri. Tapi gue yakin tulisan ini bisa diambil sedikit pelajaran untuk kita, dan juga ini hasil pemikiran gue sendiri gak ada istilah copas atau mencuri ide orang lain. Jadi kalau ada yang membahas topik yang sama, mungkin gue dan dia punya pemikiran yang sama dan juga latar belakang yang sama yaitu anak sosial.

Thanks, sudah menyempatkan waktu sejenak untuk membaca tulisan ini......


EmoticonEmoticon