20 Pengguna Zoan yang Terkuat di One Piece



Buah iblis tipe Zoan merupakan buah iblis yang dapat memberikan kekuatan para penggunanya untuk bertransformasi menjadi hewan. Dalam cerita One Piece, pengguna buah setan ini kerapkali diperlihatkan meskipun tidak sebanyak buah setan Paramecia. Biasanya para pengguna Zoan dapat berubah menjadi dua bentuk yaitu bentuk full hewan dan bentuk manusia setengah hewan.

Dan kali ini MogiMogy pengen membagikan beberapa pengguna buah iblis tipe Zoan yang paling kuat di One Piece.

20. Dalton


Dalton saat ini merupakan raja dari kerajaan Sakura. Sebelum berdirinya kerajaan Sakura, kerajaan itu dulu bernama kerajaan Drum. Pemerintah kerajaan Drum dipimpin oleh Wapol dan antek-anteknya yang bodoh dan otoriter sehingga menyengsarakan para rakyatnya. Ia pada waktu bertugas menjadi pengawal raja. Namun setelah kerajaan Drum tiada, para rakyat meminta Dalton untuk memimpin sebagai raja baru.



Dalton sendiri adalah sosok pria yang tegas dan gagah. Ia memakan buah setan Ushi Ushi no Mi model Bison. Karena itu dia bisa berubah menjadi bison atau manusia setengah bison. Dalam bertarung ia juga menggunakan senjata seperti sekop tapi sangat tajam. Serangannya waktu itu mampu menembus tubuh logam Wapol.

19. Dalmatian


Dalmatian adalah seorang wakil laksamana angkatan laut. Dengan jabatannya, ia memiliki wewenang untuk memimpin jalannya buster call bersama beberapa laksamana lain. Seperti namanya, wakil laksamana ini memakan buah setan Inu Inu no Mi model Dalmatian. Di Marineford dia diperlihatkan oleh Oda bertarung bersama para bajak laut.


Melihat posisinya yang cukup tinggi di angkatan laut, tentu ia memiliki kekuatan yang cukup mengerikan. Paling tidak dia setara dengan wakil laksamana lain seperti Momonga yang mampu menebas monster laut.


Baca juga: 8 Pertarungan Terbaik Vinsmoke Sanji

18. Pell


Pell merupakan salah satu pengawal Arabasta. Ia memakan buah setan Tori Tori no Mi model Falcon. Meskipun memakan buah setan, Pell kemungkinan juga pandai memainkan pedang. Pell juga akrab dengan putri Vivi.


Dalam konflik Arabasta, Pell mengorbankan dirinya dengan membawa bom besar yang dipasang Crocodile. Ia membawa bom itu terbang tinggi ke atas hingga radius ledakan bom itu tidak mengenai para penduduk kerajaan.

17. Chaka


Sama dengan Pell, Chaka juga seorang pengawal kerajaan Arabasta. Ia merupakan panglima prajurit yang bertugas melindungi kerajaan Arabasta dari serangan para musuh. Chaka memiliki kemampuan buah setan Inu Inu no Mi model Jackal. Dalam bertarung ia juga menggunakan sebuah pedang.


Di istana kerajaan, Chaka sempat mengalami pertempuran kecil dengan Crocodile. Ia marah karena Crocodile mempermainkan anak buahnya yang sudah rela sekarat demi bertempur. Sayangnya, kekuatan Chaka masih kalah jika dibandingkan dengan Crocodile.

16. Chopper

Anggota SHP yang satu ini memakan buah Hito Hito no Mi. Ia adalah rusa aneh yang tidak sengaja memakan buah setan. Berkat hal itu, ia akhirnya mampu bertingkah laku seperti manusia baik dalam berpikir maupun berbicara. Sayangnya bentuk fisiknya tetap saja seperti monster sehingga membuat para warga takut dan menembaki dia dengan kasar. Nama Chopper sendiri didapatkan olehnya dari Dr. Hiluluk.


Transformasi Chopper ada banyak ragam. Hal ini disebabkan oleh pil Rumble Ball yang tidak sengaja dia ciptakan pada sebuah eksperimen. Dan transformasi terkuatnya adalah dia dalam bentuk monster raksasa.

15. Jyabura


Jyabura adalah salah satu anggota CP9 yang memakan buah setan Inu Inu no Mi model serigala. Ia juga pandai menggunakan teknik Rokushiki. Selain itu, ia juga merupakan satu-satunya anggota CP9 yang mampu bergerak leluasa ketika menggunakan Tekkai. Kekuatan dourikinya juga sangat tinggi yaitu 2180.


Di Enies Lobby, ia mendapatkan kesempatan bertarung melawan Sanji. Pertarungan mereka juga lumayan sengit dan sesekali Jyabura menggunakan trik-trik licik untuk menipu Sanji. Sayangnya, ia babak belur setelah terkena serangan kaki iblis milik Sanji.

14. Boa Sandersonia



Boa Sandersonia adalah salah satu anggota bajak laut Kuja dari pulau Amazon Lily. Dia merupakan saudara dari Boa Hancock. Di masa lalu, dia merupakan budah dari Tenryuubito. Boa Sandersonia memiliki buah iblis Zoan Hebi Hebi no Mi model Anaconda. Dengan buah iblis itu, dia dapat bertransformasi menjadi ular Anaconda raksasa.

Sandersonia termasuk karakter yang sangat tangguh dalam pertarungan. Dia dapat menggunakan Bushosoku no Haki dan juga Kenbunshoku no Haki dengan baik. Hal ini terlihat ketika dia bertarung melawan Luffy di pulau Amazon Lily. Dengan kombinasi haki, kemampuan buah iblisnya menjadi lebih mengerikan.

13. Boa Marigold



Sama seperti Sandersonia, Boa Marigold juga merupakan saudara dari Hancock sekaligus anggota utama bajak laut Kuja. Berbeda dengan Sandersonia, Marigold memiliki perawakan yang lebih besar dan juga fisik yang terlihat lebih kuat. Dia memiliki kemampuan buah iblis Hebi Hebi no Mi model King Cobra.

Kemampuan bertarung Marigold tak beda jauh dari Sandersonia, malah menurut saya lebih kuat. Dia mampu menguasai dua haki utama, yaitu Kenbun dan Busho. Selain itu, dia dapat bertransformasi menjadi King Cobra dan mengeluarkan racun serta serangan yang berbasis api ketika dalam mode hybrid. Kemampuannya sempat membuat Luffy kewalahan di arena.

12. Kaku


Seperti Jyabura, Kaku juga merupakan anggota CP9 yang kuat. Ia juga mahir menggunakan Rokushiki dan memiliki douriki sejumlah 2200. Selain itu, dia juga memakan buah setan Ushi Ushi no Mi model Jerapah. Kaku sebelumnya menyamar menjadi pekerja di perusahaan kapal milik Iceburg. Ia dan beberapa anggota lain mendapatkan tugas mencari blueprint senjata kuno Pluton.


Di Enies Lobby, Kaku bertarung dengan sangat sengit melawan Zoro sebagai sesama pengguna pedang. Meskipun jarang memakai pedang, Kaku ternyata cukup mahir dengan teknik Nitoryuu yang dikombinasikan dengan Rangkyaku. Kaku kalah melawan Zoro setelah mendapatkan tebasan pedang Zoro dalam mode Asura.


Baca juga: 14 Pengguna Buah Iblis dengan Kemampuan yang Mirip


11. Pekoms



Posisi berikutnya ditempati oleh salah satu suku Mink sekaligus anggota bajak laut Big Mom, yaitu Pekoms. Dia merupakan mink singa yang memiliki penampilan yang cukup nyentrik. Selain itu, Pekoms juga memiliki kemampuan buah iblis Kame Kame no Mi yang membuatnya mampu berubah menjadi kura-kura. Namun, bentuk full dari buah iblisnya belum diperlihatkan secara full, hanya cangkangnya sebagai bentuk pertahanan dari serangan musuh.



Sebenarnya, Pekoms sudah kuat sejak awal tanpa perlu menggunakan kemampuan buah iblisnya. Dia memiliki naluri serta keterampilan bertarung yang mematikan dari suku Mink. Dia dapat dengan mudah mengalahkan Caribou di pulau manusia ikan. Selain itu, Pekoms juga memiliki bounty yang lumayan tinggi, yaitu 330.000.000 Berry.

10. Page One



Selanjutnya, ada anak buah Kaido yang bernama Page One. Dia merupakan salah satu petarung bajak laut Beast yang menduduki posisi di Tobiroppo atau Flying Six Headliner. Page One memiliki kemampuan buah iblis Ryu Ryu no Mi model Spinosaurus. Dia dapat berubah menjadi Spinosaurus yang ganas dan memiliki kulit yang sangat keras.


Page One sempat menunjukkan kekuatannya ketika bertarung dengan Sanji dalam mode Raid Suit di negara Wano. Kekuatan Page One mampu membuat Sanji kewalahan. Tak hanya itu, dia juga masih mampu berdiri meskipun berkali-kali terkena tendangan yang kuat dari Sanji. Bahkan, Sanji mengakui bahwa pertahanan Page One lumayan kuat.

9. Catarina Devon



Catarina Devon adalah salah satu kriminal berbahaya dan sempat ditahan di Impel Down level enam. Dia kemudian dibebaskan oleh Kurohige dan bergabung ke dalam bajak laut tersebut sebagai kapten kapal keenam. Selain itu, dia memiliki kemampuan buah iblis mistik Inu Inu no Mi model Kyubi. Kemampuan ini membuat dia memiliki kekuatan khusus seperti legenda Kyubi.

Salah satu kemampuan khas dari buah iblis miliki Devon ini adalah dia mampu meniru penampilan dari orang lain. Contoh kasus ketika Devon meniru sosok Absalom di pulau Beehive. Dengan kemampuan itu, Devon dapat dengan mudah mengelabuhi musuhnya. Tentu, kekuatan Devon tidak hanya sebatas itu mengingat reputasinya sebagai bajak laut berbahaya yang keberadaannya ingin dihapuskan oleh Pemerintah Dunia.

8. Rob Lucci


Rob Lucci adalah anggota CP9 yang digadang-gadang sebagai anggota terkuat dalam sejarah Chiper Pol. Ia memiliki kekuatan 4000 dokuriki. Selain itu, dia juga sangat terampil dalam menggunakan teknik Rokushiki. Kekuatan buah setannya adalah Neko Neko no Mi model Leopard.


Lucci merupakan salah satu lawan terkuat yang pernah dihadapi oleh Luffy. Ia nyaris membuat Luffy sekarat di Enies Lobby. Luffy sendiri juga sangat kesulitan untuk menumbangkan Lucci. Ia harus berkali-kali melancarkan serangan gear 2nd miliknya. Dengan tekad dan keyakinan yang kuat, Luffy akhirnya mampu mengalahkan Rob Lucci.

7. X-Drake


Supernova yang satu ini merupakan salah satu pengguna Zoan yang kuat di One Piece. Drake memakan buah setan Zoan tipe purba yang mampu merubahnya menjadi dinosaurus. Ia juga memiliki senjata sebuah pedang dan kapak berbilah empat. Sebelum menjadi bajak laut, Drake adalah seorang angkatan laut. Ia memutuskan keluar dari angkatan laut karena suatu alasan.


Di Sabaody ia bersama para supernova lain sempat terlibat bentrok dengan Kizaru dan Pacifista. Mereka dihajar habis-habisan oleh kekuatan Kizaru dan Pacifista yang di luar batas wajar. Drake sendiri sempat memberikan kerusakan yang tidak terlalu vital di salah satu bagian Pacifista. Untuk saat ini, Drake kemungkinan besar bekerja di bawah komando Kaido.


6. Jack the Drought


Jack merupakan salah satu All Star bajak laut Beast. Dia merupakan pria greget dengan bounty 1 M Berry. Selain itu, dia juga merupakan tangan kanan yonkou Kaido. Ia juga memakan buah setan Zoan purba yaitu Zou Zou no Mi model Mammoth. Jack juga memiliki stamina yang sangat luar biasa. Ia mampu bertarung melawan para suku Mink berhari-hari lamanya. Dalam bertarung, ia juga menggunak dua buah pedang tajam yang melengkung seperti sabit.


Jack juga sempat diperlihatkan bertarung dengan Asura Doji di Wano. Namun, Asura dapat dengan mudah memberikan luka tebasan terhadap Jack. Selain itu, Jack juga terlihat takut dengan King dan Queen, meskipun mereka sama-sama menjabat sebagai All Star. Berdasarkan alasan-alasan itulah, Jack menurut saya cocok menempati posisi ini. 

5. Queen



Di posisi keempat, ada Queen yang merupakan salah satu All Star sekaligus petarung yang tangguh dari bajak laut Beast. Dia memiliki perawakan gendut dan sedikit bucin. Akan tetapi, dia sangat kuat dan memiliki bounty yang fantastis, yaitu 1.320.000.000 Berry. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan buah iblis purba Ryu Ryu no Mi model Brachiosaurus.



Kemampuan Queen sempat diperlihatkan ketika ia bertarung melawan Big Mom di penjara Big Mom. Meskipun dia sangat kuat dengan kekuatan buah iblisnya, dia masih kalah telak di hadapan Big Mom yang notabene merupakan seorang Yonkou sekelas Kaido. Namun, menurut saya Queen cocok berada di posisi ini.

4. King



Di posisi berikutnya, ada King yang juga seorang All Star sekaligus petarung terbaik dalam bajak laut Beast. Dapat dikatakan juga bahwa King merupakan tangan kanan atau orang kepercayaan Kaido. Hal itu terlihat pada berbagai situasi, misalkan pada saat dia mengumpulkan Tobiroppo pada pertemuan khusus dengan Kaido atau pada saat dia menyerang kapal bajak laut Big Mom yang hendak berlabuh di Wano.



King memiliki buah iblis Ryu Ryu no Mi tipe Pteranodon. Dia sempat menunjukkan kemampuan ini ketika menyerang kapal Big Mom hingga kapal itu terbalik. Tak hanya itu, King juga terlihat membawa sebuah pedang dan dia kemungkinan besar merupakan pendekar pedang yang sangat kuat. Yang tak kalah unik dari King adalah dia berasal dari ras yang langka dengan sayap hitam dan juga api yang menyala di belakang lehernya.


3. Marco


Buah setan milik komandan divisi pertama Shirohige ini termasuk sangat langka dan jarang ditemukan dalam One Piece. Marco memakan buah setan mistis yaitu Tori Tori no Mi model Phoenix. Phoenix merupakan salah satu hewan mitologi yang mampu beregenerasi. Ketika bertransformasi, Marco seperti diselimuti oleh api biru. Meskipun terkena serangan, Marco mampu memulihkan dirinya sendiri berkat buah setan milinya.



Ia sempat bentrok dengan Kizaru di Marineford sewaktu hendak menyelamatkan Ace. Kekuatan mereka sebenarnya hampir seimbang. Sayangnya, Marco sempat lengah dan hal itu membuatnya gampang terkena serangan. Terlepas dari itu semua, Marco merupakan salah satu pengguna Zoan terkuat sepanjang cerita One Piece. Kemampuan regenerasi milik Marco menurut saya menjadi kelebihan utamanya dalam pertempuran sehingga dia sulit dikalahkan.


2. Sengoku


Sengoku adalah mantan fleet admiral angkatan laut yang telah pensiun. Ia seangkatan dengan Monkey D. Garp dan Tsuru. Kekuatan dari Sengoku adalah buah setan Hito Hito no Mi model Daibutsu. Ketika bertarung, ia diperlihatkan berubah menjadi seperti sosok budha raksasa berwarna emas yang kemilau dan dari tapak besarnya ia mampu menghasilkan shock wave yang sangat kuat.




Sejauh ini, pertarungan Sengoku hanya diperlihatkan ketika arc Marineford. Namun di masa lalu ia sempat mengalami pertarungan-pertarungan sengit melawan para bajak laut legenda seperti Shirohige, Roger, Shiki dan lain-lain. Dia juga bahkan dapat memberikan serangant telak kepada seluruh kru Kurohige dalam satu kali serangan di Marineford. Berkat kekuatan sekaligus pengalamannya di angkatan laut, Sengoku pantas menduduki peringkat kedua sebagai pengguna Zoan terkuat di One Piece.

1. Kaido



Yang terkuat, tak perlu diragukan lagi. Yap, dia adalah Kaido sang kapten bajak laut Beast yang terobsesi untuk membentuk bajak laut pengguna Zoan terkuat di dunia. Untuk mewujudkan impiannya, Kaido bahkan sampai berbisnis SMILE atau buah iblis artifisial dengan Doflamingo. Kaido sendiri kemungkinan besar juga merupakan pemakan buah iblis Zoan yang membuatnya mampu bertransformasi menjadi naga dalam mitologi China. 



Sebagai seorang Yonkou, kekuatan Kaido dapat dikatakan overpower. Bukti nyatanya adalah Kaido dapat membuat Luffy K.O hanya dalam sekali pukul dengan gada raksasanya. Selain itu, Kaido juga memiliki fisik yang sangat kuat dengan pertahanan yang susah ditembus, kecuali apabila lawannya menggunakan Bushosoku no Haki tingkat tinggi.  

Kemampuan Kaido menjadi lebih mematikan ketika dia berubah menjadi naga. Dia dapat menghancurkan sebuah wilayah hanya dalam satu kali serangan nafas apinya, contohnya pada saat dia menghancurkan reruntuhan kastil Oden.
***
Barangkali itu saja beberapa pengguna Zoan terkuat. Sebenarnya saya ingin memasukkan Pekoms  ke dalam list di atas. Akan tetapi, buah setan miliknya masih belum dikonfirmasi oleh Oda apakah termasuk Zoan atau Paramacia. Pekoms sendiri juga tidak pernah bertransformasi ke bentuk lain, hanya saja ia diperlihatkan menggunakan cangkang kura-kura untuk berlindung dari serangan.

Akhir kata, saya ingin meminta maaf apabila ada kesalahan kata-kata. Semoga menghibur thanks.


Baca juga: 6 Alasan Mengapa Luffy Harus Mengalahkan Kaido


EmoticonEmoticon