6 Alasan Mengapa Luffy Harus Mengalahkan Kaido


source: youtube.com

Selamat malam sobat sekalian. Arc Wano saat ini tengah memasuki cerita yang cukup panas dan kompleks berhubung bos besar yaitu Kaido telah diperlihatkan oleh Oda dalam wujud seekora Naga buas. Hal ini memicu berbagai perdebatan sekaligus diskusi hebat mengenai bagaimana cara Luffy mengalahkan makhluk yang tidak terkalahkan tersebut. Nobody know. Hanya Tuhan dan Oda (walaupun Oda beberapa waktu lalu pernah bilang bahwa dia bingung mengenai cara mengalahkan Kaido) yang tahu nanti?

Nah, kali ini saya tidak ingin mengulas mengenai teknik atau cara yang akan digunakan Luffy untuk mengalahkan Kaido, tetapi saya ingin membahas mengenai alasan-alasan yang mengharuskan Luffy untuk mengalahkan Kaido dengan tangannya sendiri. Saya sendiri melihat ada banyak fans yang meragukan kapasitas Luffy dan berasumsi bahwa Kaido akan dikalahkan oleh gabungan kekuatan para Supernova seperti Kid, Law, Hawkins, Apoo dan bahkan Zoro.

Baik, langsung saja kita ulas bersama ini dia beberapa alasan Luffy yan harus mengalahkan Kaido.

1. Janji kepada Momonosuke

Janji adalah sesuatu yang harus kau tepati tak peduli apapun yang terjadi. Sebagai seoang pria sejati kau tidak boleh mengingkari janji yang telah dibuat. Barangkali itu adalah kata-kata yang dipegang teguh oleh Luffy. Ia bukanlah tipe pria yang suka mengingkari janji. Konsep mengenai janji semacam ini telah kita lihat pada arc-arc sebelumnya. Contoh paling konkrit adalah janji Luffy kepada Vivi untuk mengalahkan Crocodile yang telah menyebabkan penderitaan kepada rakyata Arabasta. Meskipun pada awalnya mustahil bagi Luffy mengalahkan Crocodile yang berstatus Sichibukai, pada akhirnya Luffy mampu mengalahkannya dan membuktikan janjinya kepada Vivi.

Hal serupa diperlihatkan Luffy ketika berada di Dressrosa. Ia berjanji kepada Rebecca untuk mengalahkan Doflamingo dan menjatuhkan kekuasaannya demi membalas hutang budi makanan kepada Rebecca. Sekali lagi, Luffy membuktikan janjinya dengan menumbangkan Doflamingo dan kedamaian pun kembali diraih oleh masyarakat Dressrosa. Meskipun pada waktu itu Luffy dibantu oleh Law, tetapi Luffy tetaplah yang memiliki kendali penuh terhadap pertarungannya. 

Nah, dari dua contoh kasus di atas, secara tidak langsung menyiratkan bahwa Luffy memiliki kewajiban untuk menuntaskan janjinya terhadap Momonosuke untuk mengalahkan Kaido.

2. 3D2Y

Latihan Luffy selama dua tahun penuh melawan binatang-binatang buas tentu memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan kekuatannya. Selain menguasai haki, Luffy juga terbukti telah mengembangkan kemampuan Gear 4th dengan berbagai macam variasi seperti Boundman, Tankman dan Snakeman. Saya yakin, kekuatan itu masih belum maksimal karena ada banyak potensi-potensi Luffy yang kemungkinan masih dikeluarkan secara penuh dalam cerita. Apalagi konsep Awakening yang masih belum dikuasai oleh Luffy.

Jika kita lihat, kekuatan Luffy akan meningkat seiring dengan kesulitan-kesulitan yang ditemuinya dalam pertarungan. Bukan hal yang mustahil juga jika Luffy akan mengeluarkan kemampuan penuhnya saat melawan Kaido. Latihan yang dilakukan bersama Rayleigh akan ditunjukkan sepenuhnya dalam pertarungan nanti.

3. Kekuatan Luffy sudah di atas tingkat Komandan Yonkou

Tumbangnya dua komandan Yonkou, Cracker dan Katakuri merupakan sebuah babak baru bagi Luffy. Dalam hal ini, Oda tidak terburu-buru untuk menghadapkan Luffy dengan Yonkou secara langsung. Oda dengan cerdas membuat sebuah plot yang rapi. Luffy harus menaiki tangga sepijak demi sepijak sebelum menuju puncak. Sebelum merasakan kekuatan Yonkou, Luffy harus dihadapkan terlebih dahulu kepada para komandan Yonkou. Hal ini penting bagi perkembangan kekuatan Luffy sehingga ia tidak langsung shock jika bertarung dengan Yonkou.

Pada awalnya, Luffy mengalami kesulitan melawan komandan Yonkou. Dalam pertarungannya melawan Cracker, ia harus dibantu oleh Nami dan mengalami beberapa kesulitan. Namun kesulitan-kesulitan itu dapat ia atasi dan Cracker pun berhasil dikalahkan. Selanjutnya, Luffy harus berhadapan dengan Katakuri yang memiliki bounty lebih dari 1 Milyar berry. Seperti yang kita lihat, Luffy pada mulanya seperti tidak ada apa-apanya di hadapan Katakuri. Ia harus bersusah payah untuk mengalahkan Katakuri. Setelah melewati pertarungan yang sengit, Luffy akhirnya mampu menumbangkan Katakuri. Dan pertarungan mereka berdua hampir dikatakan seimbang. Pertarungannya melawan Katakuri sangat berdampak besar pada Kenbunshoku no haki miliknya. Luffy juga mampu melihat sedikit masa depan.

Dari pemaparan di atas, tingkat Luffy saat ini bukanlah bajak laut biasa dan setingkat di atas komandan Yonkou dan bahkan hampir setara dengan Yonkou. Apalagi terdapat deklarasi sepihak dari pihak Morgan News yang mengatkan bahwa Luffy adalah kaisar kelima. So, Luffy saat ini sangat worth it untuk face to face melawan Kaido.

4. Menyakiti Warga Wano, Klan Kouzuki dan Suku Mink

Luffy adalah orang yang sangat membenci penindasan. Ketika ada orang yang menderita, Luffy sebisa mungkin berusaha untuk membantu orang tersebut. Ia adalah tipe orang yang selalu mengikuti kata hatinya. Seperti yang kita tahu, Kaido merupakan bajak laut kejam yang menindas serta merampas kebebasan masyarakat Wano. Terlebih, Kaido juga telah membunuh ayah serta ibu Momonosuke.

Kejahatan-kejahatan Kaido sudah tidak dapat dimaafkan lagi oleh Luffy. Semakin kuat kebencian Luffy terhadap musuhnya dan semakin berat beban dan harapan yang ditanggung Luffy, maka semakin kuat pula kekuatannya. Saat ini, Luffy tengah menanggung harapan dari suku Mink, klan Kouzuki dan teman-temannya sendiri.

5. Syarat untuk Menemui Shanks

Mengalahkan Kaido adalah salah satu syarat utama Luffy untuk menemui Shanks. Ia telah berjanji kepada Shanks untuk mengembalikan topi jerami itu setelah menjadi bajak laut yang hebat. Lalu, apa standar atau tolak ukur bahwa Luffy dapat dikatakan sebagai bajak laut hebat?

Jawaban yang paling tepat adalah Luffy harus setingkat dengan Shanks. Untuk itu, ia harus bisa mengalahkan seorang Yonkou dan berada di tingkat yang sama dengan Shanks. Kita tahu sendiri bahwa Shanks merupakan orang yang pernah berhadapan dengan Kaido sebelum perang besar di Marineford dimulai. Meskipun tidak diperlihatkan secara langsung, dapat dikatakan bahwa pertarungan antara Kaido dan Shanks waktu itu imbang.

6. Untuk Mewujudkan Impiannya Menjadi Raja Bajak Laut

Mengalahkan seorang Yonkou adalah syarat utama untuk menjadi penguasa di lautan. Siapa yang berdiri di atas puncak, ialah yang berhak menyandang gelar Raja Bajak Laut. Luffy sendiri pernah bilang bahwa dia sudah muak terus-terusan berlari dan menghindari musuh yang kuat. Ia bertekad untuk mengalahkan musuh-musunya baik itu admiral atau seorang Yonkou. Karena tanpa melakukan hal itu, Luffy tidak akan pernah bisa menjadi seorang Raja Bajak Laut.

****

Baiklah, mungkin itu saja kawan-kawan beberapa alasan logis mengapa harus Luffy yang mengalahkan Kaido. Pendapat ini tidaklah mutlak namun dapat dijadikan acuan untuk pertarungan ke depan. Karena jalan cerita One Piece sangatlah sulit untuk ditebak. Semoga tulisan ini dapat menghibur sobat sekalian.


EmoticonEmoticon