Kegagalan Hanyalah Tanda Koma

source: finansialku.com

Kegagalan merupakan sebuah hal yang seringkali menjadi ketakutan dalam diri seseorang. Mereka memiliki mimpi atau tujuan dalam hidup dan seringkali kegagalan adalah bayangan hitam yang menghantui seseorang sehingga mereka menjadi pesimis dan ragu dengan diri mereka sendiri. Dan yang menjadi ironi adalah mereka yang berhenti mengejar mimpi mereka karena gagal satu kali. Seolah hal itu menjadi akhir bagi perjalanan mereka dan tidak ada lagi cahaya baru di depan.

Kawan, kegagalan merupakan sesuatu yang pasti akan kita rasakan dalam perjalanan meraih impian atau tujuan. Kita perlu ingat bahwa perjalanan itu sendiri terkadang penuh lika-liku dan kadang melelahkan. Kadang kita menemukan duri dan lubang yang menjadi penghambat, namun itu tidak menjadikan alasan kita untuk menghentikan perjalanan. Kita hanya butuh jeda dan istirahat untuk melepas lelah serta mengumpulkan energi sebelum melanjutkan perjalanan.

Dalam hidup, kadang apa yang kita harapkan tidak selalu menjadi kenyataan. Keberhasilan yang kita dambakan memang tidak selalu akan terwujud dengan lancar. Selalu saja ada hambatan dan tantangan yang harus kita lalui. Dan kegagalan tidak selamanya adalah hal yang buruk. Kegagalan mampu mengajarkan kita berbagai macam pelajaran. Hanya karena kalian gagal sekali atau dua kali, bukan berarti kalian menghentikan langkah kalian. Di depan, selalu ada jalan dan cahaya harapan apabila kalian percaya. Kita juga akan bisa mengerti esensi kemenangan apabila kita sendiri tidak pernah mengalami kegagalan. Selain itu, pasti selalu progress dari usaha-usaha yang telah kalian lakukan meskipun hanya sedikit.

Kebanyakan dari kita lupa bahwa ada hal-hal baik yang barangkali tengah Tuhan rencanakan untuk kebaikan kita di masa depan. Kita kadang terlalu memaksakan kehendak kita hingga lupa dengan kehendak-Nya. Sesekali kita perlu mengikuti alur yang telah Tuhan berikan kepada kita. Kita perlu bersyukur dan selalu bersabar atas kegagalan yang kita terima. Kita juga perlu mengganti perspektif kita dalam memandang kegagalan itu sendiri agar hal itu bisa menjadi sebuah motivasi bukan malah menjadi pemicu depresi. Sedih karena gagal tidak apa-apa, yang penting kita harus segera bangkit dan menyusun rencana serta langkah-langkah baru untuk perubahan yang lebih baik. Dan percayalah, orang-orang hebat saat ini merupakan salah satu bukti bahwa mereka adalah orang-orang tangguh yang mampu bangkit dari kegagalan dan terus optimis dengan tujuan mereka.

Saya sendiri pernah mengalami beberapa kegagalan dalam perjalanan hidup saya. Namun, saya belajar banyak hal dari kegagalan-kegagalan tersebut. Salah satu yang paling saya ingat adalah kegagalan saya dalam meraih mimpi saya untuk bisa kuliah di salah satu universitas terbesar di Indonesia. Saya sudah mencoba belajar dengan baik dan mengusahakan yang terbaik. Akan tetapi, takdir Tuhan berkehendak lain. Meskipun orang-orang berkata bahwa saya pintar, saya tahu bahwa di luar sana masih ada banyak orang-orang yang jauh lebih pintar jika dibandingkan saya. Dan saya harus bisa menerima kenyataan bahwa saya kalah dari mereka.

Kegagalan itu ibarat pil pahit bahkan beracun yang membuat saya murung beberapa hari. Mimpi yang tertancap dan saya yakini erat-erat harus hancur dalam sekejap mata. Saya waktu itu tidak punya pilihan lain selain melepas mimpi saya untuk kuliah di universitas yang saya impikan. Dan alhasil saya memilih kuliah di universitas lain yang juga menjadi pilihan alternatif saya. Meski pada awalnya sulit, akhirnya saya mampu berdamai dengan kegagalan itu sendiri karena hidup masih harus berlanjut. Hingga setelah beberapa waktu berlalu, saya mencoba merenung dan sadar bahwa ada banyak hikmah yang saya dapatkan dari kegagalan itu sendiri. Saya sadar bahwa kuliah di universitas impian saya waktu itu bukanlah pilihan yang terbaik. Dan yang paling saya syukuri adalah dari kegagalan itu lahir mimpi-mimpi baru yang memacu motivasi saya kembali.

Kawan, saya percaya bahwa masih ada orang di luar sana yang memiliki cerita perjuangan yang lebih pahit dari kisah saya di atas. Satu hal yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini adalah kegagalan merupakan sebuah tanda koma. Kalian tentu tahu apa fungsi dari tanda koma dalam kalimat, yaitu sebagai tanda jeda bukan sebagai tanda akhir kalimat. Hal itu pula yang patut kalian jadikan motivasi ketika berjuang meraih impian. Kegagalan hanyalah jeda, bukan sebuah akhir. Keep moving on and you will fine the way, just believe it!


EmoticonEmoticon