Mengapa Kita Gagal Meraih Impian?



Setiap manusia pasti memiliki impian dalam hidup mereka. Dengan impian tersebut, seseorang akan bersemangat dan termotivasi menjalani kehidupan. Mereka akan berusaha keras dan melakukan yang terbaik untuk mewujudkan impian mereka.

Namun, perjalanan meraih impian tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita seringkali menemui kegagalan. Hal itu mungkin membuat kita frustasi dan galau. Kita jadi merasa rendah dan kehilangan kepercayaan atas mimpi-mimpi itu. Alhasil, kita memilih untuk menyerah dan melepas mimpi itu

Padahal, gagal dalam meraih mimpi itu adalah hal yang wajar dan bukan sebuah hal yang memalukan. Kegagalan merupakan bagian dari proses mengejar impian. Ada banyak pelajaran yang kita dapatkan dari kegagalan karena diri kita bisa tumbuh berkat kegagalan. Tanpa kegagalan, saya percaya bahwa tidak ada orang sukses di dunia ini. Mereka yang saat ini sukses dengan impian juga pasti pernah mengalami kegagalan-kegagalan selama perjalanannya.

Nah, MogiMogy kali ini telah merangkum beberapa penyebab kita gagal meraih impian. Tulisan ini murni pendapat pribadi saya berdasarkan pengalaman-pengalaman hidup saya. Berikut adalah beberapa penyebab kegagalan yang mungkin bisa kita renungkan lebih dalam.

Kita Belum Pantas Untuk Menggapai Mimpi Itu
Ketika kita gagal meraih impian, salah satu alasan yang utama ialah karena kita masih belum pantas menggapai impian tersebut. Sederhananya, kita masih belum memenuhi kriteria atau persyaratan untuk mewujudukan impian tersebut. Kita masih perlu belajar dan memperbaiki diri agar kita pantas mewujudkan impian tersebut.

Contoh saja ketika kita mencoba melamar sebuah pekerjaan, apabila kita belum memiliki kualifikasi yang sesuai otomotatis kita tidak akan terima. Hal itu mungkin juga sama konsepnya ketika kita gagal mewujudkan impian kita.

Target Kita Terlalu Tinggi
Salah satu alasan yang sangat logis dari kegagalan ialah target kita yang terlalu tinggi. Target yang terlalu tinggi bukan sebuah hal yang impossible untuk dicapai. Namun untuk mewujudkan target tersebut perlu proses lama dan perjuangan yang keras. Kita harus melalui tahap demi tahap untuk bisa mewujudkan impian tersebut. Contoh gini, kalian punya mimpi untuk bisa mendapatkan uang ratusan juta, sedangkan kalian bekerja dengan gaji yang pas-pasan. Untuk itu, kalian bisa menurunkan target kalian, lalu naik setahap demi setahap.

Kurang Realistis
Alasan selanjutnya mengapa orang gagal meraih mimpi ialah karena mereka kurang realistis dan terlalu banyak berangan-angan dan minim aksi. Selain itu, kita kadang terlalu pede dengan impian kita hingga melupakan kenyataan. Kita seringkali memaksakan kehendak kita. Kita ingin mimpi kita segera tercapai dalam waktu singkat hingga kita mengabaikan proses. Dalam hal ini, kita terlena dengan harapan-harapan semu itu sehingga ketika gagal kita seringkali kecewa berat. Oleh sebab itu, kita perlu memiliki sikap yang realistis untuk meminimalisir kegagalan.

Baca juga: Ketika Lelah Mengejar Impian dan Passion, Dengarkanlah 6 Lagu Ini Untuk Mengembalikan Semangatmu

Usaha yang Kita Lakukan Kurang Keras
Apabila kita gagal meraih impian, terkadang usaha yang kita lakukan kurang keras. Kita belum memberikan segala hal yang kita miliki. Apabila kita merasa sudah melakukan 100% usaha terbaik kita, mungkin kita perlu melampaui batas tersebut untuk mewujudukan impian kita. Jika 100% usaha kita belum berhasil, maka kita harus menambah presentase tersebut hingga 200% atau bahkan lebih sampai impian kita terwujud.

Kita Masih Perlu Belajar
Kegagalan itu tidak selamanya buruk. Di balik kegagalan terdapat pembelajaran apabila kita mau merenunginya. Ketika kita gagal mewujudkan impian, berarti masih ada banyak kekurangan dalam diri kita. Kita masih harus belajar dan memperbaiki diri agar proses ke depan bisa lebih baik. Dengan menerima kegagalan serta belajar atas kegagalan itu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan selangkah lebih dekat dengan impian kita.

Tuhan Memiliki Rencana yang Lebih Baik
Manusia boleh berencana, tetapi Tuhan-lah yang menentukan jalan hidup kita. Kegagalan itu mungkin sudah merupakan ketetapan dari Tuhan dan kita harus selalu berpikir positif bahwa Tuhan pasti memiliki rencana yang terbaik. Mungkin mimpi kita belum waktunya terwujud dan kita boleh jadi belum siap apabila mimpi itu terwujud. Atau jika tidak demikian, Tuhan ingin berpesan bahwa kita akan mendapatkan mimpi yang lebih baik untuk kita di masa mendatang. Selama kita yakin, hal-hal baik akan menghampiri kita.

****
Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa kita gagal meraih mimpi. Perlu saya tekankan bahwa kegagalan ini bersifat sementara tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Apabila kita merasa kegagalan ini adalah tembok penghalang bagi kita, maka kita tidak akan pernah maju dan dengan terpaksan melepas mimpi-mimpi kita. Namun, jika kita menganggap kegagalan sebagai hal yang positif, maka kegagalan itu bisa menjadi tonggak perubahan yang sangat baik bagi kita. Dan menurut saya, kegagalan sejati ialah ketika berhenti mencoba. Selama peluang itu masih ada dan tidak 0%, harapan itu masih ada.

Sekian dari saya. Mohon maaf apabila ada kurang lebihnya. Semoga menginspirasi, thanks.

1 comments:

Usaha yang keras dan doa, rasanya mimpi memang nggak boleh terlepas dari 2 hal tersebut, seringkali kita lelah tapi tak boleh putus asa supaya nggak menyesal di masa tua nanti.
Semangat­čĺ¬


EmoticonEmoticon