5 Manfaat Evaluasi Diri Sendiri untuk Hidup yang Lebih Baik

source: popmama.com

Tanpa terasa, kita sudah memasuki penghujung tahun 2019 dan hendak menyambut datangnya tahun 2020. Saya yakin, kita semua sudah melalui banyak hal di tahun ini. Ada banyak pengalaman-pengalaman menarik dalam hidup kita, entah itu pengalaman menyedihkan atau menyenangkan. Selain itu, saya yakin ada banyak pula pencapaian yang sudah kita lakukan.

Nah, melalui artikel ini, saya ingin mengajak sobat untuk menyadari betapa pentingnya mengevaluasi diri sendiri. Sebenarnya, mengevaluasi diri itu tidak harus menunggu akhir tahun, tetapi bisa kita lakukan setiap waktu. Namun, saya merasa akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi diri kita. Kita bisa merenung dan mencoba

Evaluasi diri itu penting untuk kita lakukan agar kita bisa mengukur seberapa jauh kita melangkah dan kita bisa menata kehidupan kita ke arah yang lebih baik berdasarkan apa yang sudah kita lalui. Untuk lebih jelasnya, kita bahas manfaat evaluasi diri pada poin-poin berikut ini yuk.

1. Untuk menemukan kekuatan dan kelemahan diri kita

Ketika kita mengevaluasi diri sendiri, kita bisa menemukan kekuatan dan kelemahan diri kita selama ini. Kita bisa menuliskannya pada selembar kertas dan merenungkannya dalam-dalam. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri, kita bisa lebih baik dalam menyikapi sebuah hal. Kita akan lebih fokus kepada kekuatan kita dan memperbaiki apa yang kurang dalam diri kita.

2. Mereview kembali perjalanan dan pencapaian yang telah kita lakukan selama ini

Dalam mengevaluasi diri sendiri, kita bisa mereview kembali perjalanan yang telah kita lakukan. Sudah berapa banyak pencapaian yang kita lakukan. Ada berapa banyak target yang masih gagal dan belum kita capai. Dengan itu, kita seharusnya bisa bersyukur atas apa yang sudah kita capai. Dan kita perlu menata ulang kembali rencana kita di masa depan. Kita perlu rencana baru untuk menggapai target-target yang belum bisa kita capai sebelumnya.

3. Belajar dari kesalahan dan berusaha untuk tidak mengulanginya

Setiap dari kita pasti sering melakukan kesalahan dalam hidup ini. Dengan mengevaluasi diri, kita bisa tahu segala kesalahan kita dan kita bisa belajar dari kesalahan itu. Hal ini harus kita lakukan agar kita tidak mengulang kesalahan yang sama di masa depan nanti. Kita juga akan menjadi pribadi yang lebih bijak ke depannya.

4. Menambah perspektif baru dalam menjalani kehidupan

Kadangkala, ketika kita mengevaluasi diri sendiri, kita biasanya akan menemukan perspektif baru dalam menjalani kehidupan. Kita bisa melihat segala sesuatu dengan cara pandang yang berbeda setelah kita melalui berbagai pengalaman yang baik dan buruk dalam hidup. Misalkan, kita yang awalnya kurang bersyukur menjadi lebih beryukur dan menghargai apa yang kita punya setelah terkena musibah. Atau kita yang tadinya malas dan tidak punya tujuan menjadi lebih visioner.

5. Menjadikan kita lebih mengenali diri sendiri

Evaluasi diri menuntun kita untuk lebih mengenali diri kita sendiri. Kita akan tahu siapa sebenarnya diri kita, apa yang kita perlukan dalam hidup, apa yang harus kita buang jauh-jauh, apa yang akan menjadi target kita ke depan, dan hal-hal yang sekiranya berkaitan dengan diri kita yang mungkin jarang kita sadari. Dengan mengevaluasi diri secara terus menerus, kita pasti bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depan nanti.
***
Nah, poin-poin di atas adalah manfaat evaluasi diri bagi kita. Buat temen-temen yang saat ini belum melakukan hal tersebut, coba deh kalian renungkan dan mengevaluasi diri kalian sendiri. Apa yang sudah kalian lakukan selama ini? Ada berapa target yang sudah kalian capai? Apa kekuatan dan kelemahan kalian? Apa target kalian ke depan? Hanya diri kalian sendiri yang tahu jawaban-jawaban tersebut.

Akhir kata, saya ingin memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata maupun pendapat dalam penulisan artikel ini. Saya berharap semoga Sobat sekalian bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depan dan saya doakan semoga target-target kalian tercapai suatu saat nanti. Sekian dari saya. Thanks atas kunjungannya. Semoga menginspirasi.


EmoticonEmoticon