Mengenal Jenis-Jenis Haki dalam One Piece


Haki secara harfiah dapat diartikan sebagai ambisi. Kekuatan ini adalah kekuatan misterius yang terdapat dalam diri setiap makhluk hidup. Silvers Rayleigh menjelaskan bahwa haki merupakan kekuatan terpendam dalam diri setiap manusia, “naluri”, “semangat juang”, dan “kekuatan untuk memaksa”. Ketiga hal itu adalah sensasi yang sudah pasti manusia miliki, katanya ketika mengajarkan haki kepada Luffy. Namun, tidak semua orang menyadari potensi dari kekuatan ini.

Secara umum, haki dibagi menjadi dua kategori yaitu Kenbunshoku dan Busoshoku. Namun ada satu lagi haki yang sangat langka dan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu di dunia yaitu Haoshoku. Orang yang memiliki Haoshoku berpotensi untuk menjadi seorang raja.

Konsep haki sebenarnya sudah diperlihatkan oleh Shanks pada awal cerita. Yaitu ketika Shanks menyelamatkan Luffy dan membuat monster laut lari ketakutan berkat kekuatan misterius yang dulu belum dijelaskan oleh Oda. Konsep haki dijelaskan lebih dalam ketika memasuki arc Sabaody Archipelago dan arc Pulau Wanita. Nah, mari kita bahas bersama mengenai jenis-jenis haki dalam dunia One Piece.

1. Kenbunshoku no Haki (Haki Pengamatan)


Kenbunshoku merupakan haki yang membuat seseorang mampu merasakan keberadaan musuhnya dengan sangat kuat. Jika seseorang mampu menguasai haki ini, dia dapat dengan mudah menghindari serangan-serangan dari musuhnya. Di pulau langit, dikenal dengan sebutan mantra.

Pada tingkat penguasaan yang lebih tinggi, orang dengan haki ini akan mampu melihat sedikit ke masa depan. Karakter yang sampai saat ini menunjukkan hal tersebut adalah Charlotte Katakuri. Ia mampu melihat ke masa depan dengan Kenbunshoku miliknya. Kemungkinan, Luffy juga akan mampu menguasai Kenbunshoku hingga tingkat ini. Selain mereka berdua, ada kemungkinan bahwa Shanks juga mampu melihat ke masa depan.

Selain itu, haki tipe ini juga mampu membuat seseorang melihat aura orang-orang dari jarak jauh. Hal ini diperlihatkan ketika Usopp hendak menembak Sugar dari jarak jauh. Kenbunshoku miliknya tiba-tiba aktif dan dia mampu melihat aura dari Luffy dan Law. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pengembangan dari kekuatan Kenbunshoku ini masih misterius dan menjadi perdebatan karena belum diterangkan oleh Oda.

2. Busoshoku no Haki (Persenjataan)


Busoshoku no Haki merupakan haki yang memungkinkan seseorang untuk menggunakan semangat mereka sebagai perisai untuk perlindungan diri dari serangan dan juga dapat digunakan untuk memperkuat serangan mereka hingga lebih ampuh.

Haki ini juga dapat dialirkan ke senjata yang digunakan untuk bertarung. Perempuan dari suku Kuja menggunakan haki ini untuk memperkuat anak panah mereka sehingga kerusakan yang ditimbulkan lebih parah dibandingkan senjata yang tidak dialiri oleh haki. Selain itu, pengguna haki ini juga mampu menimbulkan rasa sakit atau luka pada pengguna buah setan terutama pengguna logia yang seperti tidak terkalahkan.

Sebelum time skip, bentuk dari haki ini masih transparan. Namuns setelah time skip, dalam cerita diperkenalkan konsep “koka” yang berfungsi untuk mengeraskan atau bentuk proteksi pada bagian tubuh atau senjata yang dialiri haki ini. Contoh kasus adalah tangan Luffy yang berubah menjadi hitam ketika hendak menyerang atau pedang Zoro yang berubah menjadi hitam saat hendak menyerang Pika. Berkat haki ini, kerusakan pada pedang Zoro dapat diminimalisir setelah menyerang lawan.

Namun, ada juga karakter yang sangat menguasai haki ini hingga sampai pada tahap full body. Mereka mampu mengaliri haki ini ke seluruh tubuhnya. Sejauh ini karakter yang diperlihatkan mampu menggunakan ini adalah Vergo dan Pika.

3. Haoshoku no Haki


Haoshoku no Haki merupakan haki raja penakluk yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Konon, haki ini hanya mampu dikuasai oleh satu dari sejuta orang. Orang yang memiliki ini mampu memaksakan kehendak mereka atau mengintimidasi lawan sehingga orang dengan haki ini dikatakan memiliki kualitas seorang raja.

Dalam dunia One Piece, pengguna dari haki ini hanya beberapa contohnya adalah Shanks, Luffy, Doflamingo dan Rayleigh. Haoshoku milik Shanks sendiri terbilang sangat mengerikan. Ia mampu menumbangkan anak buah Shirohige dan membuat kayu-kayu di kapal Shirohige bergetar setelah terkena efek Haoshoku miliknya. Sedangkan, Haoshoku milik Luffy mampu menumbangkan 50.000 musuh di pulau manusia ikan. Mereka yang menguasai haki ini berpotensi untuk menjadi seorang raja suatu hari nanti.

*****
Barangkali, cukup sekian saja dari saya. Semoga tulisan ini memberikan informasi yang cukup mengenai jenis-jenis haki di dunia One Piece. Mohon maaf apabila ada kurang lebihnya. Thanks.

Baca juga: 25 Art Keren One Piece x Overwatch


EmoticonEmoticon