10 Merk yang Dianggap Nama Barang Oleh Masyarakat Indonesia



Salah satu keunikan yang ada di masyarakat kita adalah penyebutan nama merk yang dianggap seolah-olah sebagai barang itu sendiri. Fenomena ini masih kerapkali kita temui di lingkungan kita terutama di lingkungan pedesaan.

Mungkin salah satu alasan mengapa fenomena ini masih sering terjadi adalah karena masyarakat lebih mudah menghafal dan menyebut nama merk tersebut. Selain itu, merk-merk dagang tersebut juga sudah dikenal luas serta menjadi produk yang kerapkali digunakan oleh masyarakat. Nah, sudah penasaran merk-merk apa sajakah yang kerapkali dianggap sebagai nama barang. Langsung simak saja berikut ini.

1. Aqua

source: betigaklaten.com

Aqua merupakan salah satu produk air mineral dalam kemasan atau AMDK. Jaman sekarang ada banyak produk-produk air mineral seperti Club, Vit, Le Mineral, dsb. Lucunya masih ada banyak orang yang masih menyebut merk Aqua ketika ingin membeli air mineral. Padahal yang dia beli sebenarnya memiliki merk lain.

2. Levi’s

source: wikipedia.org

Orang Indonesia biasanya sering menyebut celana jeans dengan Levi’s. Padahal, Levi’s merupakan salah satu merk celana jeans yang diproduksi oleh perusahaan Levi Strauss & Co. Produk jeans ini memang pernah hits pada tahun 50’an dan diminati oleh kalangan anak muda.

3. Odol

source: tribunnews.com

Odol merupakan salah satu produk pasta gigi yang diproduksi oleh perusahaan Jerman, Dresden Chemical Laboratory Linger. Produk ini pernah populer di Indonesia pada masa penjajahan Hindia Belanda. Saat itu, ada salah satu perusahaan yang mendistribusikan produk ini ke tanah air. Saat ini, kata “odol” telah diserap dalam KBBI sebagai sinonim dari “pasta gigi”.

4. Toa

source: toa.jp

Orang Indonesia masih suka menyebut pengeras suara atau megafon dengan sebutan TOA. Padahal TOA sendiri merupakan sebuah nama perusahaan yang memproduksi megafon. Perusahaan ini didirikan di Jepang pada 1 September 1934 dengan nama TOA Electronic Manufacturing Company oleh Tsunetaro Nakatani.

5. Pralon

source: pabrikpipapvc.com

Pralon merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi pipa berbahan PVC. Masyarakat masih suka menyebut pipa air dengan sebutan merk ini. Lucunya, pengucapannya pun masih sedikit diselewengkan dari “pralon” menjadi “paralon”.

6. Pylox

source: mygundamtricks.com

Orang-orang masih gemar menyebut cat semprot dengan sebutan Pylox. Padahal, Pylox merupakan sebuah nama merk. Pylox sendiri biasanya sering digunakan oleh orang-orang yang suka seni grafiti atau suka memodif motor. Mungkin karena pengucapannya yang mudah dan gampang dihafal maka masyarakat masih sering menyebut cat semprot dengan sebutan Pylox.

7. Softex

source: emotionalflutter.com

Mungkin sebagian orang sudah tahu bahwa Softex merupakan sebuah nama merk. Akan tetapi, orang masih suka menyebut merk ini ketika ingin membeli pembalut wanita. Padahal masih banyak merk-merk lainnya. Mungkin karena istilah Softex gampang dihafal dan mudah untuk diucapkan sehingga masyarakat masih gemar menggunakan kata ini.

8. Pampers

source: conzumr.com

Pampers merupakan sebuah merk popok bayi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Oleh sebab itu masyarakat kita senang menggunakan istilah “pampers” atau “pempes” untuk menyebut popok bayi. Sebenarnya masih ada merk lain dari popok bayi seperti Mamy Poko atau Merries. Namun karena Pampers populer lebih dulu, maka masyarakat lebih senang menggunakan istilah tersebut.

9. Tipp-Ex

source: clasohlson.com

Tipp-Ex seringkali digunakan oleh para siswa untuk menghapus coretan atau kata yang salah pada kertas. Para pelajar mungkin seringkali menggunakan istilah ini di lingkungan sehari-hari. Padahal Tipp-Ex merupakan salah satu merk produk perusahaan Jerman.

10. Thermos
source: youtube.com

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Thermos merupakan salah satu merk produk dari salah satu perusahaan Amerika Serikat. Karena sudah sangat terkenal, masyarakat pun sudah terbiasa menyebut tempat minuman air panas dengan sebutan Thermos. Padahal nama asli dari benda tersebut adalah vacuum flask.


EmoticonEmoticon