9 Kebiasaan Buruk Orang Indonesia yang Seharusnya Dihilangkan


via jawaban.com

Halo, sobat. Kali ini MogiMogy pengen membahas kebiasaan-kebiasaan buruk orang Indonesia yang masih seringkali kita temukan di lingkungan kita. Kebiasaan-kebiasaan ini tak jarang membuat kita jengkel dan sudah sepatutnya untuk kita hilangkan demi perubahan hidup yang lebih baik.

Nah, kebiasaan-kebiasaan buruk apa ya kira-kira yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia?  Langsung saja, mari kita bahas bersama.                  

1. Malas Membaca


via geraldprambudi.blogspot.com

Kebanyakan orang Indonesia itu malas membaca. Saya yakin kebanyakan dari kalian pun juga merasa demikian. Kita sejak kecil memang tidak dibiasakan untuk membaca, berbeda dengan masyarakat di negara maju yang menjadikan aktivitas membaca sebagai sebuah hobi wajib ketika senggang.

Masyarakat Indonesia memang lebih senang dengan tradisi lisan dan memiliki ketertarikan yang sedikit terhadap dunia literasi. Salah satu efek dari malas membaca ini ialah masyarakat sering percaya hoax atau kesalahan informasi karena hanya membaca judul saja tanpa memahami isi informasi tersebut secara keseluruhan.

2. Tidak Mau Antri


selipan.com

Salah satu kebiasaan buruk orang Indonesia ialah tidak mau antri. Mungkin kita masih sering menemukan orang-orang di luar sana yang suka menyerobot antrian orang lain padahal dia datang belakangan. Parahnya, ia tidak sadar jika yang dia lakukan itu salah dan dia kurang memiliki rasa menghargai terhadap orang lain.

Budaya ngantri semacam ini mungkin sepele, tetapi memang perlu dibiasakan sejak dini agar kita bisa belajar menghargai orang lain. Kan enak, kalau kita antri dan berbaris dengan rapi, iya enggak?

3. Tidak Sabaran

via merdeka.com

Orang Indonesia itu tidak sabaran. Mereka suka yang instan, padahal di dunia ini tidak ada yang instan karena semua butuh proses. Contoh kecil saja, kita lebih senang membeli buku-buku tips cepat kaya, tetapi tidak ada aksi nyata. Ya kan percuma kalau kita gak berusaha.

Contoh lain bahwa orang Indonesia itu gak sabaran adalah pas lampu merah. Saya sering banget mengalami hal ini. Padahal baru aja lampu berganti hijau, para pengendara sudah pada mencet klakson keras-keras hehe.

Baca juga: 20 Seni Jalanan Karya Tom Bob yang Unik

4. Kurang Disiplin/Jam Karet


via inovasee.com

Kebiasaan ini merupakan ciri khas orang Indonesia banget. Kebanyakan dari kita sangat susah untuk disiplin. Seringkali, kita selalu datang terlambat ketika ada janji dengan seseorang. Contoh saja ketika kita ada janji untuk berkumpul pada pukul 8, maka kita datang setelah jam 8. Kebiasaan kurang disiplin ini harus kita rubah karena bisa jadi kita yang akan merugi jika kita kurang disiplin.

5. Buang Sampah Sembarangan


via boombastis.com

Masalah sampah merupakan masalah yang masih cukup memprihatinkan di lingkungan kita. Banyak masyarakat kita yang masih suka buang sampah sembarangan. Padahal, sampah-sampah tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan serta dapat memicu banjir jika suatu waktu hujan turun dengan sangat deras. Jangan salahkan pemerintah jika banjir datang, jika kita sendiri masih suka buang sampah sembarangan.

6. Ngegosip


via sumseltoday.com

Kebiasaan ngegosip sepertinya masih menjamur di masyarakat kita khususnya di kalangan ibuk-ibuk. Malah kegiatan ngegosip ini diangkat ke layar televisi melalui acara-acara gosip yang gak jelas. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ngegosip ini merupakan kegiatan yang asik dilakukan ketika waktu senggang, apalagi ketika ada kabar-kabar yang sedang panas dan layak untuk diperbincangkan.

7. Wacana

via wacana.siap.web.id

Salah satu kebiasaan buruk orang Indonesia ialah suka membuat wacana. Kita mungkin seringkali merencanakan sesuatu bersama teman-teman kita semisal hendak tamasya bersama ke sebuah tempat. Namun rencana itu gagal dan hanya berujung wacana belaka tanpa ada eksekusi nyata.

8. Suka Ikut-Ikutan


via hipwee.com

Salah satu ciri khas orang Indonesia adalah suka ikut-ikutan terutama apabila ada hal-hal baru. Misalkan ada temen kita yang baru beli pakaian baru, kita pun juga ikut-ikutan membelinya. Contoh lain, ketika ada teman kita yang sukses melakukan sesuatu, kita pun juga meniru langkah suksesnya dan berharap kita bisa sukses seperti dia.

9. Fallin in Love with People We Can’t Have


via elgamaulinaputri.com

Nah, mungkin ini adalah kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan oleh orang Indonesia. Kita sangat sering jatuh cinta dengan orang yang gak bisa kita miliki. Padahal, masih ada orang yang mencintai kita, namun kita malah berjuang untuk seseorang yang tidak mungkin mencintai kita.
****
Barangkali itu saja teman-teman beberapa kebiasaan buruk orang Indonesia. Sudah sepatutnya kita mengurangi kebiasaan buruk tersebut agar hidup kita bisa berjalan lebih baik. Semoga artikel ini menghibur dan menginspirasi. Thanks.


EmoticonEmoticon