Tips & Trick Mengembangkan Akun Instagram Hingga Populer


source: gadgetren.com

Halo, sobat semua. Kali ini, saya pengen sharing tentang gimana sih cara membuat akun Instargram kita bisa populer dan punya banyak followers. Mungkin hal ini menjadi pertanyaan besar bagi sobat, khususnya buat sobat yang saat ini tengah berkarya dan merintis sebuah akun Instagram, baik tentang bisnis, quotes, islami, dsb. Oleh sebab itulah, pada kesempatan ini saya ingin membagikan tips & trick untuk mengembangkan akun Instagram sobat.

Sedikit cerita, saya saat ini tengah mengelola dua buah akun Instagram, yaitu tentang anime dan juga kata-kata. Nah, akun IG saya yang cukup sukses dan saat ini sudah memiliki sekitar 30k followers ialah akun IG saya yang anime, yaitu tentang kata bijak anime One Piece – nama akun IG saya @katabijak.OP, nanti bisa kalian cek di IG. Saya merintis akun tersebut mulai nol dan alhamdulillah sekarang sudah berkembang dengna bagus. Perjuangan merintis akun IG tersebut memang tidaklah mudah bagi saya, apalagi di awal-awal saya berkarya. Hanya sedikit orang yang tertarik untuk mem-follow akun saya. Namun, saya terus berusaha dan berpikir untuk terus mengembangkan akun tersebut.

Nah, itu tadi sedikit pengantar sebelum kita masuk ke inti pembahasan artikel ini. Langsung saja yuk kita lihat tips & trick mengembangkan akun Instagram hingga populer.

1. Konten yang Berkualitas & Unik
Dalam berbagai bidang apapun, konten adalah raja sekaligus faktor yang paling penting untuk menentukan kesuksesan sebuah usaha, semisal Blog, Youtube, dan Instagram. Kalau kita ingin akun Instagram kita berkembang dan diminati oleh followers, sebaiknya kita tidak membuat konten yang asal-asalan – dalam hal ini gambar atau video yag kita upload. Kita harus mengemas konten tersebut dengan menarik dan eye-catching. Konten yang menarik akan membuat pengunjung terpancing untuk melihat profil Instagram kita dan tentu mereka juga akan tergerak untuk men-share konten kita di snapgram mereka.

Nah, selain konten yang kita sajikan berkualitas, ada satu lagi faktor yang tidak boleh kita lupakan adalah konten kita itu unik atau paling tidak berbeda dibandingkan dengan konten-konten lain yang serupa. Mungkin, dari segi visual atau video kita buat beda sehingga followers akan hafal dengan ciri khas akun Instagram kita.

2. Fokuskan Target Pasar
Selain memikirkan konten, sobat juga perlu memikirkan target pasar yang menjadi sasaran sobat. Saya yakin, tidak semua kalangan cocok dan tertarik dengan konten yang sobat sajikan. Oleh sebab itu, pemfokusan target pasar ini penting untuk dilakukan.

Di samping itu, apabila sobat sudah mengetahui target pasar yang sesuai dengan konten sobat, sobat juga akan tahu bagaimana strategi yang tepat untuk mengelola akun Instagram sobat. Misalkan, kalau target pasar kalian adalah kaum milennial, tentu kalian tidak akan menggunakan bahasa yang terlalu formal, justru kalian akan menggunakan bahasa yang easy going dan juga familiar di telinga kaum milennial.

3. Interaksi yang Baik dengan Followers
Poin ini sangat penting untuk sobat perhatikan. Ketika mengelola sebuah akun Instagram, selalu utamakan followers. Mereka adalah pengunjung yang perlu sobat perlakukan dengan baik. Jadilah admin yang ramah dan cepat tanggap dengan mereka, khususnya melalui kolom komentar atau pas mereka men-DM sobat. 

Paling tidak, balaslah sebagian komentar-komentar mereka meskipun kadang jumlahnya ada puluhan dan juga sempatkan untuk membalas DM dari para followers. Dengan cara itu, sobat akan memiliki kesan yang sangat baik di mata para followers. Mereka akan nyaman untuk sharing dengan sobat.

4. Jalin Kerjasama dengan Sesama Influencer
Selain menjalin interaksi yang baik dengan para followers, sobat juga perlu bekerja sama dengan influencer lain yang bergerak di bidang yang sama dengan sobat. Para influencer tersebut akan memberikan feedback yang sangat positif terhadap perkembangan akun sobat.

Misalkan, sobat saat ini mengelola akun Instagram tentang anime, sebaiknya sobat juga berteman baik dengan admin-admin lain yang juga mengelola akun anime seperti sobat. Apabila sobat sudah menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, sobat bisa bekerjasama untuk saling promote akun di snapgram sobat dan mereka. Cara ini juga terbukti ampuh untuk menambah jumlah followers sobat dan sifatnya juga saling menguntungkan.

5. Gunakan Caption yang Menarik dan Hastag yang Relevan
Selanjutnya, gunakan caption yang menarik setiap kali sobat mem-posting sesuatu di Instagram. Caption yang menarik akan menambah nilai plus bagi konten sobat. Bahkan, saat ini sebagian influencer rela mengeluarkan biaya hanya untuk menyewa jasa pembuatan caption demi totalitas konten mereka.

Di samping itu, jangan lupa sertakan hastag yang relevan dengan konten sobat. Namun, jangan terlalu berlebihan ya sob karena itu kurang baik dan juga jangan gunakan hastag yang dilarang oleh Instagram yang sifatnya mengandung spam.

Baca juga: Tips Menemukan Passion Buat Kamu yang Masih dalam Proses Pencarian

6. Rutin Update
Agar akun Instagram sobat terlihat aktif di mata followers, sobat perlu update konten setiap hari. Jangan sampai sobat bolos atau absen nge-post konten karena itu akan terlihat buruk di mata followers. Jika sobat males dan jarang nge-post, kemungkinan besar sobat akan kehilangan beberapa followers sobat. Mereka menganggap sobat kurang serius dalam mengelola akun sobat. Paling tidak, sobat minimal post satu kali sehari. Kalau lebih itu malah lebih bagus.

7. Selalu Pantau Insight Instagram
Insight Instagram berisi tentang grafik perkembangan akun sobat, seperti interaksi dengan para pengunjung, jumlah tayangan akun sobat selama satu minggu, konten sobat yang populer, serta informasi-informasi penting lainnya. Dengan memantau perkembangan grafik tersebut, sobat dapat membuat strategi serta menentukan keputusan terkait pengembangan akun sobat ke depan.

8. Konsisten dan Fleksibel
Tips terakhir yang bisa saya share kali ini adalah sobat harus konsisten dan fleksibel dalam mengelola akun Instagram sobat. Dalam perjalanannya nanti, pasti sobat akan menemukan kendala-kendala, seperti haters, like yang sepi, dsb. Kendala-kendala tersebut adalah wajar dan sobat hanya perlu konsisten menjalankan akun Instagram sobat.

Yang tak kalah penting adalah sobat harus fleksibel dan selalu menawarkan sesuatu yang beda kepada para followers sobat. Pada suatu titik, followers akan merasa jenuh jika akun sobat monoton begitu-begitu saja. Oleh sebab itu, sobat perlu melakukan pembaharuan, khususnya dari segi visual.
*****
Nah, mungkin itu saja sobat beberapa tips dan trick dalam mengelola akun Instagram hingga sukses dan populer. Semoga apa yan saya share kali ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Jangan patah semangat dan teruslah berkarya. Sekian dari saya. Salam inspirasi!


EmoticonEmoticon