10 Lagu Barasuara yang Paling Keren



source pic: kumparan.com

Barasuara merupakan grup musik indie rock asal Jakarta yang beranggotakan Iga Massardi (vokal/gitar), TJ Kusuma (gitar), Gerald Situmorang (bass), Marco Steffiano (drum), Asteriska (vokal), dan Puti Chitara (vokal). Grup musik ini saat ini telah mengeluarkan album, yaitu Taifun pada tahun 2015 dan Pikiran & Perjalanan pada tahun 2019.

Lagu-lagu Barasuara biasanya penuh semangat dan menggebu-gebu sesuai dengan aliran grup musik mereka yang mengusung rock. Di samping itu, lirik yang terdapat pada lagu Barasuara menyimpan makna yang dalam yang mengangkat tentang kehidupan serta lingkungan sosial.

Nah, langsung saja kita bahas yuk lagu-lagu Barasuara yang paling keren dan enak didengarkan.

1. Sendu Melagu


Lagu ini merupakan salah satu lagu favorit saya. Pesan dari lagu ini adalah kita harus selalu menghargai apa yang ada dalam hidup kita, jika tidak mungkin kita akan menyesal karena menyia-nyiakan hal yang berharga dalam hidup. Lagu ini pas banget kamu dengarkan ketika suntuk dan merasa bahwa kamu ingin menyerah. Jangan sampai pilihanmu untuk menyerah membuat menyesal di kemudian hari.

2. Pikiran dan Perjalanan


Lagu ini menceritakan sebuah ambisi serta kegundahan seseorang dalam menata langkah menuju masa depan. Memang, perjalanan itu tidak mudah. Kadangkala kita terjebak dalam ketidakpastian. Kadang kita marah dengan diri kita sendiri karena apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Namun, yang paling penting adalah kita sendirilah yang dapat menentukn masa depan kita. Jangan sampai orang lain yang menentukan masa depanmu ya!

3. Taifun


Lagu ini terdengar sangat sederhana dan tidak terlalu nge-beat jika dibandingkan lagu Barasuara yang lain. Melalui lagu ini, Barasuara mengingatkan kepada kita bahwa dalam hidup kita harus tahu, kapan saatnya kita berlari atau berhenti atau berdamai dengan diri sendiri. Di samping itu, kita juga harus selalu berhati-hati menjalani kehidupan agar kita tidak salah mengambil keputusan.

4. Mengunci Ingatan


Lagu ini bercerita tentang seseorang yang terjebak dengan luka dan kesedihan di masa lalu. Ia tidak merasakan kedamaian baik di pagi hari atau malam hari. Semakin ia mengingat kesedihan itu, kesedihan itu malah semakin nyata. Melalui lagu ini, Barasuara mengajak kita untuk menyembuhkan luka yang membiru itu. Jangan sampai hidup kita stuck dan ingatan kita terkunci pada hal-hal yang sudah berlalu.

Baca juga: 8 Lagu Coldplay yang Paling Enak Didengarkan

5. Hagia


Judul lagu ini diambil dari sebuah bangunan di Turki, Hagia Sopia yang merupakan bersejarah karena pernah dijadikan gereja dan juga masjid. Inti dari lagu ini mengajarkan kita untuk saling menghormati antar umat beragama. Jangan sampai ada pertengkaran hanya karena cara beribadah kita berbeda. Semua orang punya kepercayaan masing-masing dan kita harus saling menghargai satu sama lain.

6. Bahas Bahasa


Lagu ini bercerita tentang cara berkomunikasi. Saat ini, cara orang berkomunikasi sudah bertransformasi. Dulu, orang harus bertemu secara langsung untuk berkomunikasi. Sekarang, orang bisa mengirim pesan ke banyak orang dalam satu waktu. Di samping itu, lagu ini menurut saya juga berpesan agar kita selalu berhati-hati dalam berbahasa serta memandang situasi siapa lawan bicara kita.

7. Api dan Lentera


Melalui lagu ini, Barasuara berpesan agar kita melepas segala belenggu yang mengikat diri kita. Kita tidak boleh membiarkan bara semangat yang ada dalam diri kita redup atau bahkan padam. Kita harus melepas segala keraguan dan melakukan apa yang kita yakini. Lagu ini pas banget buat kamu yang saat ini tengah ragu dengan apa yang kamu jalani.

8. Guna Manusia


Lagu ini berisi sebuah sindiran terhadap guna seorang manusia. Memang, terkadang setiap langkah yang dibuat oleh manusia itu menimbulkan kerusakan, seperti pencemaran lingkungan, perusakan ekosistem laut, atau penebangan hutan ilegal, dan masih ada banyak lagi kelakuan manusia yang merusak alam. Lagu ini seoalah memaksa kita untuk merenungkan kembali apa sejatinya guna manusia hidup di bumi ini.

9. Menunggang Badai


Isi dari lagu ini bercerita tentang seseorang yang hidupnya dipenuhi dengan kebencian. Dia menyimpan dendam dan luka hati yang dia simpan sendirian. Intinya, seseorang yang diceritakan dalam lagu ini selalu memandang sesuatu yang sangat negatif. Melalui lagu ini, Barasuara mengingatkan bahwa orang yang hidup dengan kebencian pasti sangat menderita ibarat menunggang sebuah badai.

10. Nyala Suara




Lagu ini memiliki pesan untuk kita agar selalu mengeluarkan ide, tujuan, dan pemikiran yang ada dalam kepala kita selama ide itu masih menyala dan panas ibarat bara. Jangan sampai ide itu hanya menjadi bara di dalam sekam yang nantinya meredup pelan-pelan. Oleh sebab itu, buat kamu yang saat ini punya ide atau tujuan keluarkan dan eksekusi ide itu agar menjadi kenyataan.
****
Nah, mungkin itu saja sob beberapa lagu Barasuara yang keren menurut saya. Sejujurnya, lirik lagu Barasuara agak susah ditafsirkan karena penuh kiasan dan metafora. Saya mengambil referensi dari medcom.id serta menambahkan opini saya sendiri dalam menafsirkan lagu-lagu Barasuara yang saya sebutkan di atas.

Mungkin, itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini menginspirasi sobat sekalian. Thanks.


EmoticonEmoticon