Mengenal Daftar Anggota CP9 di One Piece




CP9 atau dikenal dengan istilah Chiper Pol Number 9 adalah sebuah organisasi rahasia yang terdiri dari agen-agen kuat yang menguasai teknik beladiri bernama Rokushiki. Mereka adalah musuh utama Topi Jerami dalam cerita Water Seven dan juga Enies Lobby. Dalam menjalankan misi, mereka bergerak secara rahasia dan berhati-hati. Bahkan, sebagian dari mereka bersedia menyamar dan membaur dengan target untuk mensukseskan misi mereka, contoh kasus Lucci dan Kaku yang menyamar sebagai tukang kapal.

Dalam cerita Water Seven, anggota CP9 mendapatkan misi untuk mengambil blueprint senjata kuno Pluton yang dipegang oleh Franky. Blueprint itu awalnya dipegang oleh Iceborg, walikota Water Seven. Namun, Iceburg memberikan blueprint senjata kuno itu kepada Franky karena Iceburg sudah diincar oleh Pemerintah Dunia. Meskipun demikian, rencana Iceburg gagal karena Lucci dan anggota CP9 yang lain sudah mengetahui bahwa blueprint itu berada di tangan Franky karena mereka sudah menyamar dan bekerja di sana begitu lama. Selain itu, mereka juga mendapatkan misi untuk menangkap Nico Robin yang juga merupakan kunci dari kebangkitan Pluton karena dia mampu membaca Ponelyph.

Berbeda dengan organisasi lainnya, CP9 diberikan wewenang untuk membunuh warga sipil apabila itu bertujuan untuk mencapai misi mereka. Nah, daripada kita berbasa-basi panjang lebar, langsung saja yuk kita bahas bareng-bareng para anggota CP9.

1. Rob Lucci



Rob Lucci ialah orang terkuat di CP9. Dia memiliki kekuatan sebagai manusia super dengan kemampuan 4000 Doriki. Selain itu, Rob Lucci juga memiliki kekuatan buah iblis tipe Zoan, Neko Neko no Mi model Leopard. Ketika bertransformasi dalam wujud Zoan, kekuatan Rob Lucci menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, dia juga sangat ahli dalam menguasi teknik Rokushiki, khususnya Shigan.

Salah satu teknik terkuatnya adalah Rokougan, teknik Shigan yang lebih tinggi, yang berupa efek kejutan seperti Impact Dial hingga menyebabkan luka fatal pada organ dalam target. Serangan ini pernah memberikan luka yang sangat fatal terhadap Luffy. Selain itu, Lucci juga sangat gesit dalam pertarungan dan ia bisa bergerak dengan sangat cepat.

Pada arc Enies Lobby, Lucci dan Luffy bertarung habis-habisan. Dalam pertarungan itu, Luffy hampir tak berdaya dan berada di ambang kematian. Namun, tekad Luffy yang begitu kuat membuat dia mampu memenangkan pertempuran mematikan itu. Setelah dikalahkan oleh Luffy, Rob Lucci pun dikeluarkan dari CP9. Dua tahun kemudian, ia bergabung menjadi anggota dari CP0.

2. Kaku



Kaku ialah anggota terkuat kedua di CP9. Dia memiliki kemampuan Doriki dengan jumlah 2200. Selain itu, dia juga memiliki kekuatan buah iblis Ushi Ushi no Mi model Jerapah. Dari semua anggota CP9, Kaku merupakan orang yang paling pintar menggunakan dua pedang dengan kedua tangannya.

Dia juga sangat mahir menggunakan teknik Rokushiki dan dia sangat ahli dalam menggunakan Rankyaku, sebuah teknik Rokushiki yang memungkinkan pengguna mengeluarkan serangan angin tajam dari kedua kakinya. Dengan kombinasi antara teknik Rankyaku dan juga kedua pedangnya, Kaku mampu menguasai teknik empat pedang atau disebut Yontoryu.

Selama pertarungan di Menara Keadilan, Kaku terlibat pertempuran sengit dengan Zoro. Mereka bertempur habis-habisan hingga membuat gedung Menara Keadilan terbelah. Kekuatan Kaku sempat membuat Zoro berada pada situasi yang mengerikan. Namun, Kaku akhirnya berhasil dikalahkan Zoro dengan teknik terkuatnya yang bernama Ashura. Saat ini, Kaku juga bergabung menjadi anggota CP0 sama seperti Lucci.

3. Jyabura



Jyabura merupakan orang terkuat ketiga di CP9 dengan jumlah Doriki 2180. Kekuatan Jyabura tidak jauh berbeda dengan Kaku. Namun, mereka memiliki teknik dan keterampilan bertarung yang berbeda. Jyabura lebih dominan bertarung dengan tangan kosong dan mengandalkan kemampuan buah iblis Inu Inu no Mi model Serigala. Dalam organisasi ini, Jyabura adalah satu-satunya orang yang mampu bergerak ketika menggunakan teknik Tekkai atau pengerasan tubuh.

Selama cerita di Enies Lobby, Jyabura sempat terlibat bentrok dengan Zoro dan Usopp. Kemudian, ia akhirnya terlibat pertarungan yang serius dengan Sanji. Gaya bertarung Jyabura juga kadang penuh tipu daya. Namun, tipuan-tipuan itu tidak ada gunanya ketika berhadapan dengan Sanji yang tak kalah cerdik. Ia pun akhirnya dikalahkan Sanji dengan tendangan api Diable Janbe yang ganas.

Baca juga: Mengenal Daftar Anggota Baroque Works di One Piece

4. Blueno



Orang terkuat selanjutnya adalah Blueno. Dia memiliki jumlah Doriki, yaitu 820. Tidak hanya itu, Blueno juga memiliki kekuatan buah iblis Doa Doa no Mi yang membuatnya mampu menciptakan pintu dimanapun. Selain itu, dia juga memiliki fisik yang kuat dan ahli menggunakan teknik Rokushiki.

Di Enies Lobby, Blueno sempat terlibat pertarungan dengan Luffy. Dia awalnya percaya diri dengan kemampuannya. Bahkan, Luffy mengakui bahw Blueno merupakan orang yang sangat kuat. Namun, kekuatan Blueno tidak mampu mengimbangi serangan dan kecepatan Gear 2nd milik Luffy. Ia pun akhirnya kalah oleh Luffy yang berkembang dengan pesat sejak terakhir kalinya mereka bertemu.

5. Kumadori



Kekuatan Kumadori kemungkinan hanya beda tipis dengan 810. Berbeda dengan anggota lainnya, Kumadori bukanlah seorang pengguna buah iblis. Meskipun demikian, kekuatan Kumadori tidak dapat diremehkan. Dia memiliki teknik unik Seimei Kikan yang membuatnya mampu memanipulasi rambutnya dan memanfaatkannya sebagai senjata dalam pertarungan. Selain itu, dia juga menggunakan tongkat yang membantunya bertarung.

Kumadori menjadi musuh utama Chopper di Enies Lobby. Kekuatan Chopper tidak dapat dibandingkan dengan Kumadori. Dengan skill bertarungnya, Kumadori unggul jauh dan bahkan mampu membuat Chopper terpojok. Hal itu membuat Chopper memaksakan diri dan berubah menjadi monster tak terkendali dengan memakan tiga buah Rumble Ball sekaligus. Kumadori pun kalah telak dihadapan monster Chopper yang mengamuk.

6. Fukuro



Anggota CP9 yang terkuat selanjutnya adalah Fukuro dengan kekuatan Doriki sejumlah 800. Dia memiliki teknik spesial yang bernama Teawase. Dengan teknik itu, Fukuro mampu mengukur kekuatan Doriki anggota lainnya. Fukuro juga bukan pengguna buah iblis, seperti Kumadori. Ia juga dikenal sebagai orang yang suka membocorkan rahasia dan memiliki ciri khas karena sering mengatakan Chapapapa.

Di Enies Lobby, Fukuro sempat berhadapan dengan Franky. Mereka terlibat pertarungan yang sengit dan saling beradu pukulan. Pertarungan mereka juga terlihat konyol karena Franky kehabisan Cola di tengah-tengah pertarungan. Namun, Fukuro berhasil dikalahkan oleh Franky setelah energi Cola di tubuhnya terisi kembali.

Baca juga: 7 Pendekar Pedang yang Mampu Menggunakan Banyak Pedang di One Piece

7. Califa



Califa merupakan satu-satunya agen wanita di organisasi ini. Dia memiliki kemampuan Doriki sebesar 600. Ia termasuk karakter yang cukup kuat, meski ia seorang wanita. Kekuatan Califa meningkat setelah memakan buah Fuwa Fuwa no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi sabun. Dengan kemampuan itu, Califa juga mampu membersihkan tubuh lawannya hingga menjadi licin. Efek sabun itu juga mampu mengurangi energi lawan dalam bertarung.

Awalnya, Califa berhadapan dengan Sanji. Mereka sempat terlibat pertarungan dan Califa dapat dengan mudah mengalahkan Sanji yang tidak bisa menyerangnya. Ia kemudian berhadapan dengan Nami. Meskipun awalnya Nami sempat kewalahan karena kekuatan Califa, ia akhirnya bisa mengalahkan Califa setelah mengetahui kelemahan buah iblis milik Califa.

8. Nero



Berbeda dengan anggota lain, Nero merupakan anggota yang baru direkrut di CP9. Ia juga merupakan satu-satunya agen CP9 yang belum bisa menggunakan Shigan. Alhasil, Nero selalu membawa pistol untuk berjaga-jaga jika berhadapan dengan lawan yang kuat. Jumlah Doriki miliknya tidak diketahui karena tidak disinggung dalam cerita.

Dalam cerita, Nero mendapatkan tugas untuk menjaga gerbong kereta yang membawa Robin dan Franky menuju Enies Lobby. Ia kemudian terlibat pertarungan dengan Franky yang berhasil bebas dari rantai yang mengikatnya. Bagi Nero, Franky merupakan lawan yang sangat sulit dikalahkan karena tubuh Franky terbuat dari besi yang tidak dapat ditembus. Nero pun dapat dikalahkan dengan mudah oleh Franky setelah melalui pertempuran sengit di atas kereta.

9. Spandam



Spandam adalah seorang pemimpin sekaligus anggota terlemah CP9 yang hanya memiliki Doriki sebesar 9. Namun, ia merupakan karakter yang cukup cerdas dan licik, meskipun dia juga ceroboh dalam melakukan sesuatu. Karena lemah, Spandam selalu membawa senjata berupa pedang khusus bernama Funkfreed. Pedang itu telah memakan buah iblis Zou Zou no Mi model Gajah. Pedang itu selalu mengikuti perintah Spandam dan juga berperan sebagai bodyguard-nya.

Di akhir cerita Enies Lobby, Spandam terlihat luka parah karena seluruh tulangnya diretakkan oleh Robin sebagai bentuk balas dendam karena telah menyiksanya. Entah karena suatu alasan tertentu, Spandam saat ini juga bergabung menjadi anggota CP0 sama seperti Lucci dan Kaku.
***
Nah, mungkin itu saja ya guys daftar anggota CP9 yang ada di One Piece. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dalam penulisan artikel ini. Semoga artikel ini bisa menambah referensi kalian seputar One Piece ya. Thanks.

Baca juga: Mengenal Anggota Bajak Laut Kurohige


EmoticonEmoticon