Mengenal Daftar Anggota Baroque Works yang Muncul di One Piece


Baroque Works adalah sebuah organisasi kriminal yang didirikan oleh mantan Sichibukai, Crocodile yang telah berjalan selama beberapa tahun. Tujuan dari organisasi ini adalah menggulingkan kerajaan Arabasta dan menciptakan negara baru yang ideal.

Para agen Baroque Works memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Mereka biasanya berperan sebagai pemburu angkatan laut dan merampas serta membunuh bajak laut yang baru memasuki Grand Line. Selain itu, mereka juga diberikan tugas untuk menyebarkan fitnah dan kebohongan terhadap raja Arabasta dengan tujuan akhir pengambilalihan kekuasaan raja Arabasta oleh Crocodile. Para anggota Baroque Works juga dijanjikan status sosial yang tinggi ketika negara baru nanti telah dibentuk oleh Crocodile.


Berbeda dengan organisasi lain, sistem nama dari Baroque Works menggunakan kode sederhana. Semua nama para anggota dirahasiakan. Bahkan, para anggota pun awalnya tidak tahu siapa pemimpin mereka hingga akhirnya Crocodile memperkenalkan dirinya sendiri kepada para agen utama yang bertugas untuk menyelesaikan rencana akhir Crocodile untuk menggulingkan kerajaan Arabasta. Semakin kecil kode nama agen tersebut, maka agen tersebut memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam bertarung.

Nah, mungkin sebagian dari kalian sudah tahu siapa saja anggota Baroque Works tersebut. Berikut ini adalah daftar anggota Baroque Works yang muncul di One Piece, baik di manga maupun anime.

EXECUTIVES
Mr. 0


Crocodile adalah pemimpin Baroque Works dengna kode nama Mr. 0 yang juga pernah menjabat sebagai anggota Ouka Sichibukai dengan bounty 81.000.000 Berry. Ia merupakan karakter yang sangat licik dan juga pintar menyusun strategi. Selain bertujuan untuk menggulingkan kerajaan Arabasta, Crocodile juga bertujuan untuk mengincar senjata kuno yang berada di Arabasta, yakni Pluton.

Sebagai seorang Sichibukai, Crocodile memiliki kekuatan dan juga pamor yang sangat terkenal di dunia bajak laut. Dia bahkan ditakuti oleh bajak laut pemula yang baru memasuki Grand Line. Dia memiliki kekuatan buah iblis Suna Suna no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi pasir. Dengan kekuatannya, Crocodile bahkan mampu membuat Luffy hampir mati dua kali. Tidak hanya itu, Crocodile juga sangat ahli dalam memanfaatkan kekuatan buah iblisnya sehingga menjadi senjata mematikan di pertempuran.

Meskipun demikian, Crocodile berhasil dikalahkan oleh Luffy yang memiliki tekad tinggi demi menyelamatkan kerajaan Vivi. Setelah dikalahkan oleh Luffy, ia pun dijebloskan ke dalam penjara terkuat di dunia, Impel Down level 6. Lucunya, dia pun kembali bebas dari penjara tersebut setelah kabur bersama-sama dengan Luffy dan membantu Luffy pada perang terbesar di dunia, yakni perang Marineford. Keberadaannya saat ini belum diketahui pasti. Yang jelas, Crocodile kemungkinan besar berada di New World dan menyusun kembali kekuatannya.

Miss All Sunday



Sebelum bergabung ke dalam bajak laut Topi Jerami, Nico Robin sempat menjadi pasangan atau tangan kanan dari Crocodile di organisasi Baroque Works dengan kode nama Miss All Sunday. Dia memiliki bounty yang tinggi saat menjadi anggota organisasi, yakni 80.000.000 karena ia bisa membaca Poneglyph sehingga dia menjadi ancaman sendiri bagi angkatan laut. Kejahatan itu ditutupi oleh Pemerintah Dunia dan mereka mengabarkan kepada dunia bahwa Nico Robin mampu menghancurkan kapal perang angkatan laut di usia delapan tahun.

Alasan utama Nico Robin bergabung dengan Crocodile adalah mencari tempat berlindung di bawah orang kuat. Ia bahkan tidak berniat sama sekali membantu Crocodile untuk membangkitkan Pluton yang mampu mengguncangkan dunia. Dia bahkan menyelamatkan Luffy yang notabene-nya adalah musuh. Tidak hanya itu, dia pun juga berkhianat kepada Crocodile di akhir arc Arabasta lalu bergabung dengan Luffy.

OFFICER AGENTS
Officer Agents merupakan agen utama di organisasi Baroque Works. Mereka memiliki kekuatan yang lumayan tinggi dibandingkan agen-agen lain. Mereka juga mengemban tugas-tugas penting dalam rencana Utopia dalam penggulingan kerajaan Arabasta yang akhirnya digagalkan oleh Luffy dan kawan-kawan.

Mr. 1


Daz Bones dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin dari West Blue. Dengan kode nama Mr.1, dia juga merupakan orang yang menduduki peringkat tertinggi sebagai officer agent di Baroque Works. Saat bergabung dengan Crocodile, dia memiliki bounty yang cukup tinggi, yakni 75.000.000 Berry. Selain itu, dia juga memiliki kekuatan buah iblis Supa Supa no Mi yang membuatnya mampu merubah seluruh tubuhnya menjadi benda tajam.

Pada arc Arabasta, Daz Bones berhadapan dengan Zoro. Pertarungan tersebut merupaka pertarungan yang mematikan bagi Zoro karena Daz Bons adalah lawan yang sangat kuat bagi Zoro saat itu. Daz Bones juga tidak terlalu kesulitan melawan Zoro. Ia bahkan memberikan luka yang sangat parah terhadap Zoro dengan teknik buah iblisnya yang mematikan.

Namun, keadaan menjadi berbalik setelah Zoro mengingat kembali pelajaran gurunya mengenai intisari pedang. Ia pun akhirnya memiliki kemampuan untuk menebas besi. Dengan teknik Ittoryu Shisi Son Son, Zoro akhirnya mampu menebas tubuh Daz Bones. Setelah dikalahkan oleh Zoro, Daz Bones juga dijebloskan ke penjara Impel Down level 4.

Miss Doublefinger



Zala merupakan nama asli dari Miss Doublefinger yang juga menjadi partner bertarung dari Mr.1. Dia juga memiliki nama samaran Paula ketika bekerja di Spiders Café sebagai pelayan. Zala memiliki kemampuan buah iblis Toge Toge no Mi yang membuatnya mampu merubah seluruh anggota tubuhnya menjadi duri yang tajam sehingga ia bisa melubangi apapun. Ia juga memiliki bounty sebesar 35.000.000 Berry.

Pada saat arc Arabasta, Zala menjadi lawan yang sangat tangguh bagi Nami. Dia bahkan sangat menyepelekan kemampuan bertarung Nami yang suka kabur-kaburan. Kekuatan Zala juga tidak main-main. Dia mampu merobohkan tembok dengan tekniknya yang mematikan. Tak hanya itu, dia juga memiliki kemampuan fisik yang lumayan tinggi sebagai seorang perempuan. Namun, Zala pun akhirnya dikalahkan oleh Nami dengan senjata Clima Tact buatan Usopp.

Baca juga: 15 Buah Iblis yang Bersifat Destruktif dan Memiliki Daya Hancur yang Tinggi

Mr. 2


Bentham atau Bon Clay adalah orang yang menduduki posisi Mr. 2 di organisasi Baroque Works. Dia merupakan seorang okama yang menguasai teknik okama kenpo. Berbeda dengan agen yang lain, Mr. 2 tidak memiliki pasangan dalam organisasi ini. Meskipun demikian, Mr. 2 adalah orang yang tangguh dalam pertarungan karena ia memiliki kaki yang sangat kuat. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan buah iblis Mane Mane no Mi yang membuatnya mampu meniru bentuk fisik orang lain. Ia juga memiliki bounty yang lumayan tinggi, yaitu 32.000.000 Berry pada saat berada di organisasi ini.

Di Arabasta, Mr. 2 berhadapan dengan Sanji. Mereka melalui pertempuran yang sangat sengit dan hampir seimbang. Kekuatan serangan Mr. 2 mampu membuat Sanji babak belur dan beberapa tulangnya patah. Namun, pertarungan itu akhirnya dimenangkan oleh Sanji dengan tekniknya yang bernama Veau Shot.

Pasca pertarungan itu, Mr. 2 mencoba bekerja sama dengan Luffy dkk untuk kabur dari angkatan laut. Namun, Mr. 2 dan segenap anggotanya mengorbankan diri agar Luffy dkk bisa kabur dan bergegas menemui Vivi untuk mengucapkan perpisahan. Setelah itu, Mr. 2 dijebloskan ke penjara Impel Down level 3 dan ia bertemu dengan Luffy di sana. Pada arc Impel Down pun, Mr. 2 masih mengorbankan dirinya agar Luffy bisa kabur dari penjara dan menyelamatkan Ace dari eksekusi.

Mr. 3



Mr. 3 adalah agen Baroque Works yang sempat bentrok dengan Luffy dkk di pulau Little Garden. Mr. 3 memiliki nama Galdino. Ia memiliki penampilan yang sangat unik karena rambutnya dia kuncir sehingga membentuk angka tiga, sesuai dengan julukannya. Tak hanya itu, dia juga karakter yang sangat licik sekaligus menjunjung tinggi profesionalitas dalam pekerjaannya. Dia memiliki kemampuan buah iblis Doru Doru no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi lilin. Selain itu, dia juga memiliki bounty sebesar 42.000.000 Berry.

Dari segi kekuatan, Mr. 3 sebenarnya lebih lemah dari Mr. 4, tetapi Crocodile memberikan dia kode nama tersebut karena dia mengakui kecerdasan Mr. 3 dalam menjalankan misi. Memang, Mr. 3 lebih sering mengandalkan otak dibandingkan kekuatan fisik dalam bekerja. Dia dapat dengan mudah mengalahkan raksasa Brogy dan Dory dengan rencana busuknya. Selain itu, ia juga mampu membuat Zoro berada dalam situasi kesulitan. Namun, dia akhirnya dikalahkan oleh Luffy hanya dalam sekali serang.

Pasca insiden Arabasta, Mr. 3 juga ditangkap dan dijebloskan ke penjara Impel Down level 2. Kemudian, ia kabur bersama dengan tahanan lain dan membantu Luffy dalam peperangan di Marineford. Kini, ia menjadi anggota bajak laut Buggy.

Miss Golden Week



Miss Golden Week ialah seorang pelukis dan juga partner kerja Mr. 3 selama di Baroque Works. Ia memiliki nama asli Marianne dan juga bounty sebesar 29.000.000 Berry. Dia memiliki kemampuan bertarung yang cukup unik dengan mengandalkan lukisannya yang bernama Colour Trap. Dengan teknik itu, dia mampu mengubah kepribadian seseorang sesuai dengan warna tertentu.

Untuk menggunakan teknik itu, Miss Golden Week menggambar sebuah simbol pada target. Kemudian, target akan terhipnotis dan juga akan berubah sesuai dengan warna yang ada pada simbol tersebut. Beberapa warna tersebut antara lain ialah Black of Betrayal yang membuat target mengkhianati temannya, Yellow of Laughter yang membuat target tertawa terus menerus, Blue of Sadness yang membuat target bersedih.

Mr. 4



Mr. 4 adalah salah satu agen Baroque Works yang tidak memiliki kemampuan buah setan. Meskipun demikian, dia memiliki kekuatan fisik dan juga kemampuan bertarung yang tinggi. Buktinya, dia mampu mengangkat sebuah alat pemukul dengan berat sebesar 4 ton tanpa kesulitan. Mr. 4 memiliki nama asli Babe dan juga bounty yang relatif kecil, yakni 3.200.000. Ia juga memiliki kepribadian yang aneh karena dia sangat lambat dalam berbicara.

Di Arabasta, dia bersama dengan Miss Doublefinger bekerja sama melawan kombinasi Usopp dan Chopper. Mr. 4 merupakan lawan yang sangat tangguh bagi mereka berdua. Mr. 4 mampu memukul bola tenis dalam jumlah yang banyak yang keluar dari anjing peliharaannya yang bernama Lasoo. Uniknya, bola tenis itu memiliki efek ledakan dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, Mr. 4 juga mampu meremukkan tulang musuhnya hanya dengan satu kali pukulan, contohnya pada saat ia memukul kepala Usopp hingga membuat tengkorak kepalanya retak.

Miss Merry Christmas



Miss Merry Christmas adalah pasangan dari Mr. 4 dalam menjalankan misi. Dia memiliki nama asli Drophy dan juga bounty sebesar 14.000.000 Berry. Selain itu, dia memiliki kemampuan buah iblis Zoan, yakni Mogu Mogu no Mi yang membuatnya mampu berubah menjadi manusia tikus tanah. Berbeda dengan Mr. 4, ia berbicara dengan sangat cepat dan juga cerewet.

Di Arabasta, dia menunjukkan kemampuan bertarung yang cukup mematikan. Dia dapat menggali lubang di tanah dan berpindah-pindah tempat hingga membuat Chopper dan Usopp kewalahan. Selain itu, dia juga mengkombinasikan kemampuan bertarungnya dengan kemampuan bertarung Mr. 4 untuk memberikan seragan mematikan kepada musuhnya.
Mr. 5 



Mr. 5 adalah officer agen terendah dalam organisasi ini. Dia memiliki nama asli Gem dan juga bounty 10.000.000 Berry. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan buah iblis Bomu Bomu no Mi yang membuat seluruh anggota tubuhnya menjadi bom. Dia pertama kali muncul di Whiskey Peak bersama dengan Miss Valentine untuk menangkap Vivi yang menyamar sebagai agen Baroque Works.

Di Whiskey Peak, Mr.5 sempat terlibat bentrok dengan Luffy dan Zoro. Sayangnya, kekuatan Mr. 5 tidaklah sebanding dengan mereka berdua. Mr. 5 dapat dikalahkan dengan mudah. Begitupun ketika ia menjalankan misi di Little Garden, Mr. 5 langsung kalah setelah mendapatkan satu tebasan dari Zoro. Meskipun demikian, Mr. 5 memiliki serangan spesial yang cukup unik bernama Bomb Fancy, yakni serangan bom dengan mamanfaatkan upilnya.

Miss Valentine



Miss  Valentine ialah partner kerja Mr. 5 selama berada di organisasi Baroque Works. Dia memiliki nama asli Mikita dan juga bounty sebesar 7.500.000 Berry. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan buah iblis Kilo Kilo no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi berat tubuhnya antara 1 kg hingga 10.000 kg. Berkat kemampuan buah iblis itu juga, Miss Valentine dapat terbang di udara.

Sama seperti Mr. 5, dia juga sempat terlibat bentrok dengan Luffy dan kawan-kawan di Whiskey Peak dan Little Garden. Ia juga bukan musuh yang cukup tangguh sehingga dia dapat dikalahkan dengan mudah oleh Nami dan Vivi ketika berada di Little Garden.

FRONTIER AGENTS
Berbeda dengan officer agents, para frontier agents memiliki misi yang berbeda. Mereka biasanya tersebar di berbagai pulau yang berada di Grand Line dengan tujuan mengumpulkan uang atau pasokan makanan yang berguna bagi organisasi. Berikut ini adalah beberapa frontier agents yang dimunculkan dalam cerita.

Mr. 7



Mr. 7 adalah agen Baroque Works baru yang ditunjuk untuk menggantikan agen sebelumnya dengan kode nama yang sama yang meninggal saat menjalankan misi. Dia merupakan agen sekaligus seorang sniper yang berpasangan dengan Miss Father’s Day. Dia memiliki sebuah pistol berwarna kuning yang berupa flintlock yang sudah dimodifikasi.

Selain itu, dia menggunakan sebuah peluru unik yang berbentuk seperti dadu. Uniknya, peluru itu dia tembakkan bertepatan dengan peluru milik Miss Father’s Day hingga peluru itu berbenturan dan menyebabkan sebuah ledakan. Pada arc Arabasta, dia dan pasangannya ditugaskan untuk menjaga meriam raksasa yang berada di menara jam hingga meledak.

Miss Father’s Day



Miss Father’s Day ialah pasangan dari Mr. 7 yang sama-sama ditugaskan untuk menjaga meriam raksasa di menara jam Alubarna. Dia juga seorang penembak jitu dan memiliki pistol unik berbentuk kodok yang dia namakan Gero Gero Gun. Tak hanya itu, dia juga memiliki penampilan yang cukup unik dengan warna serta atribut pakaian yang kental dengan kodok.

Mr. 8



Mr. 8 adalah agen Baroque Works yang bertugas di pulau Whiskey Peak. Di sana, ia bersama dengan para pemburu hadiah di tempat itu menjebak para bajak laut yang baru memasuki Grand Line dengan membuat pesta. Ketika para bajak laut itu tertidur, para pemburu hadiah di sana akan membunuh mereka dan merampas harta mereka.

Identitas asli Mr. 8 adalah Igaram yang berprofesi sebagai kepala pertahanan kerajaan Arabasta. Ia bersama dengan putri kerajaan menyusup ke dalam organisasi kriminal tersebut untuk mengungkap dalang di balik organisasi tersebut. Terlepas dari itu, Igaram termasuk agen yang cukup tangguh hingga membuatnya mampu menduduki posisi tersebut. Ia memiliki serangan unik dengan senjata Saxophone miliknya yang mampu mengeluarkan peluru. Selain itu, dia juga mampu menembakkan peluru dari rambutnya yang unik.

Miss Monday



Miss Monday adalah agen Baroque Works yang menjadi pasangan Mr. 8 selama menjalankan misi. Meskipun seorang perempuan, Miss Monday memiliki fisik yang sangat kekar layaknya lelaki. Dalam bertarung, ia pun juga mengandalkan kemampuan fisiknya. Dia sempat beradu pukulan dengan Zoro, meskipun kemampuannya masih kalah jauh dibandingkan Zoro saat itu. Di samping itu, dia juga memiliki karakter setia kawan. Terbukti saat dia membantu Vivi melarikan diri dari kejaran Mr. 5 dan Miss Valentine.
Mr. 9



Mr. 9 adalah agen Baroque Works yang muncul di Twin Capes dengan misi membunuh Laboon, paus raksasa. Dia memiliki penampilan yang cukup aneh dengan mahkota emas di kepalanya dan juga angka sembilan di pipinya. Dalam bertarung, Mr. 9 menggunakan dua buah alat pemukul dari besi. Di balik senjata itu juga terdapat semacam rantai yang bisa memanjang. Selain itu, Mr. 9 juga memiliki skill akrobatik yang dia manfaatkan dalam pertarungan.

Miss Wednesday



Miss Wednesday adalah agen Baroque Works yang berpartner dengan Mr.9. Identitas asli dari Miss Wednesday adalah seorang putri dari kerajaan Arabasta yang bernama Vivi. Ia bersama Igaram menyusup ke dalam organisasi tersebut untuk mengungkap dalang di balik kerusuhan Arabasta. Vivi cukup berani melibatkan dirinya dalam sebuah organisasi berbahaya tersebut.

Sebagai agen, dia bertarung menggunakan sebuah senjata bernama Kujaku Slasher yang dia gunakan untuk melukai musuh. Ia juga menggunakan semacam parfum yang beraroma kuat yang membuat musuh merasa pusing. Selain itu, dia juga biasa bertarung dengan bebek peliharannya yang bernama Karu.

Mr. 11



Mr. 11 adalah seorang agen Baroque Works yang tertangkap oleh pasukan angkatan laut di bawah pimpinan Smoker. Dia memiliki tato kode namanya di wajahnya. Dia merupakan seorang pendekar pedang dan memiliki salah satu Meito yang bernama Kashu. Sayangnya, dia kalah duel oleh Tashigi dan pedangnya diambil alih oleh Tashigi. Namun, ia dibunuh oleh salah satu agen Billion yang bernama Mr. Mellow. 

UNLUCKIES
Berbeda dengan agen lain, Unluckies berperan sebagai eksekutor yang memberikan hukuman kepada para frontier agen yang gagal menjalankan misi.

Mr. 13



Mr. 13 adalah agen yang menjadi tim dari Unluckies yang berperan sebagai pembawa pesan dari Mr. 0 kepada para agen. Selain itu, Mr. 13 mampu menggunakan sebuah senjata berupa cangkang kerang kembar dengan cakar pisau untuk menyerang musuh. Selain itu, dia juga memiliki kepintaran yang lumayan tinggi karena dia mampu memahami bahasa manusia.

Miss Friday



Miss Friday ialah seekor burung unta yang merupakan pasangan dari Mr. 13 dan memiliki tugas yang sama. Ia biasa menjatuhkan bom untuk menghukum para agen yang gagal menjalankan misi. Selain itu, dia juga menggunakan mesin penembak di punggungnya yang cukup kuat untuk menghancurkan lilin Mr. 3 yang cukup keras. Dia dan juga Mr. 13 dikalahkan telak oleh Sanji ketika berada di Little Garden.

BILLIONS



Billions adalah para agen yang berada di bawah komando para officer agents. Total jumlah dari Billions adalah 200 orang. Namun, mereka semua dihancurkan oleh Portgas D. Ace ketika berada di Arabasta. Selain itu, Billions juga termasuk agen yang diberi tugas untuk menyusupkan bubuk penari yang menyebabkan mosi tidak percaya dari rakyat kepada raja Arabasta.  

MILLIONS


Millions adalah agen yang bekerja di bawah frontier agents. Mereka semua berjumlah 1800 orang. Sebagian besar mereka merupakan para pemburu hadiah. Contoh dari para Millions ini adalah orang-orang yang berada di Whiskey Peak yang membantu para frontier agents untuk mengalahkan bajak laut yang baru memasuki Grand Line.
***
Nah, mungkin itu saja guys daftar anggota Baroque Works. Sekali lagi, para anggota di atas adalah para anggota yang muncul di One Piece. Untuk agen-agen lain, seperti Mr. 6 dll tidak saya bahas karena tidak ada informasi detail dan kontribusinya tidak terlalu signifikan dalam cerita. Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kalian tentang One Piece.

Baca juga: 12 Pengguna Buah Iblis dengan Pertahanan Terkuat


EmoticonEmoticon