Pembagian Kategori Buah Iblis Tipe Zoan di One Piece



Zoan merupakan salah satu tipe buah iblis yang muncul di One Piece. Pengguna buah iblis ini mampu bertransformasi menjadi hewan atau spesies tertentu. Biasanya pengguna Zoan memiliki tiga bentuk utama dalam pertarungan, yaitu human form (bentuk asli pengguna), human-beast form (bentuk manusia setengah hewan), dan beast form (bentuk full hewan). Buah iblis ini dikatakan lebih kuat dibandingkan buah iblis tipe Paramecia karena meningkatkan kekuatan fisik pengguna dan cocok untuk pertarungan jarak dekat.

Sepanjang cerita, ada banyak karakter yang memiliki kemampuan buah iblis ini, contohnya adalah Chopper, Dalton, Rob Lucci, dll. Selain itu, buah iblis tipe ini juga seringkali ditanamkan dalam senjata yang digunakan untuk bertarung, seperti pedang Funkfreed milik Spandam dan juga basoka miliki Mr. 4. Namun, buah iblis ini juga terbagi lagi menjadi beberapa kategori lho guys. Kategori tersebut sudah saya rangkum berdasarkan informasi dari wikia One Piece dan juga pengalaman saya selama menonton One Piece berikut ini. 

1. Carnovorous Zoan


Carnovorous Zoan merupakan buah iblis Zoan tipe karnivora yang buas dan bersifat agresif serta haus darah sesuai sifat alami hewan karnivora. Para pengguna buah iblis Zoan tipe ini memiliki fisik yang sangat kuat dan juga memiliki keuntungan karena memiliki cakar dan juga taring yang dapat digunakan untuk melukai musuhnya.

Salah satu contoh nyata dari kekejaman buah iblis Zoan ini adalah Rob Lucci yang sangat haus darah dan tidak mampu menyembunyikan hasratnya untuk membunuh. Selain itu, ada juga Jyabura yang tak kalah liar dalam bertarung menggunakan kemampuan buah iblisnya.

2. Ancient Zoan


Berbeda dengan sebelumnya, Ancient Zoan yang merupakan buah iblis Zoan tipe purba yang langka ditemukan. Buah iblis tipe ini memungkinkan penggunanya untuk berubah menjadi hewan-hewan yang sudah punah, seperti dinosaurus dan mammoth. Kekuatan buah iblis Zoan tipe ini lebih kuat dibandingkan dengan tipe Zoan lainnya.

Contoh pengguna buah iblis ini adalah Jack, Queen, King, Page One, dan X-Drake. Jack mampu berubah menjadi Mammoth dan dia dapat menghancurkan banyak bangunan dalam sekali ayunan belalainya yang kuat. Sementara itu, Page One ketika berubah menjadi Spinosaurus memiliki kulit yang sangat keras dan susah ditembus. Drake mampu menembus pertahanan Pacifista ketika berubah dalam mode Allosaurus. Dan King dapat dengan mudah mengkaramkan kapal Big Mom ketika berada di Wano.

3. Mythical Zoan


Mytichal Zoan merupakan buah iblis mistik yang membuat penggunanya mampu bertransformasi menjadi makhluk legenda, seperti Phoenix, Kyubi, dan Yamata no Orochi. Buah iblis tipe ini merupakan yang paling langka di antara tipe Zoan yang lain. Bahkan, keberadaan buah iblis ini lebih langka daripada buah iblis tipe Logia.

Uniknya, pengguna buah iblis ini juga memiliki kemampuan khusus sesuai dengan jenis makhluk legenda pada buah iblis yang dimakan, seperti Marco yang berubah menjadi Phoenix dengan kemampuan regenerasi dan Sengoku yang mampu berubah menjadi Daibutsu atau Budha raksasa dengan kemampuan spesial yang mampu mengeluarkan shockwave. Beberapa pengguna buah Zoan tipe ini adalah Catarina Devon yang berubah menjadi Kyubi dan mampu meniru penampilan fisik orang lain.

4. Artificial Zoan


Tipe terakhir dari buah iblis Zoan ini adalah Artificial Zoan yang merupakan buah iblis buatan yang dikembangkan oleh Caesar Clown berdasarkan penelitian Dr. Vegapunk sebelumnya. Caesar menamakan buah iblis buatan ini dengan nama “SMILE” dengan bahan dasar zat yang bernama “SAD”. Buah iblis ini menjadi transaksi utama Doflamingo dengan Kaido yang berambisi menciptakan pasukan hewan buas terkuat di dunia.

Sayangnya, buah iblis ini tidaklah sempurna. Para pengguna buah iblis ini tidak bisa bertransformasi sepenuhnya, tetapi hanya bagian atau anggota tubuh tertentu yang mampu berubah. Meskipun demikian, para pengguna buah iblis ciptaan ini memiliki fisik yang kuat dan orang-orang terpilih. Contohnya adalah Daifuku, Holdem, Sheepshead, dll. Mereka semua adalah para anggota utama bajak laut Kaido.

***
Nah, selain kategori di atas, tidak ada pengklasifikasian terhadap pengguna Zoan lain pada umumnya, seperti Chopper, Dalton, Kaku, dll. Mereka adalah pengguna Zoan normal tanpa kategori khusus. Barangkali, itu saja yang bisa saya informasikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Sekian dari saya. Thanks.


EmoticonEmoticon