Karakter-Karakter Spongebob Squarepants Paling Legendaris

spongebob squarepants

Spongebob Squarepants adalah salah satu kartun yang paling legendaris dan sangat populer di kalangan anak-anak. Kartun dari Nickelodeon ini bercerita tentang kehidupan Spongebob laut bersama teman-temannya yang tinggal di Bikini Bottom, sebuah kota bawah laut. Keseruan mereka seringkali menemani masa-masa kecil kita, khususnya di hari-hari libur.

Nah, kali ini MogiMogy pengen sharing daftar karakter Spongebob yang paling legendaris dan pasti sudah familiar banget buat kalian yang dulu sering nonton kartun ini di TV. Langsung saja yuk kita simak berikut ini.                                                                                                             
1. Spongebob Squarepants



Nah, siapa yang nggak kenal spons kuning yang satu ini? Ya, Spongebob Squarepants adalah tokoh utama dalam kartun ini. Karakter ini memiliki sifat yang sangat cerita dan selalu penuh warna. Dia juga senang menjalin pertemanan dengan siapapun. Dia juga merupakan sahabat baik dari Patrick Star.

Spongebob sehari-hari bekerja sebagai juru masak di restoran Krusty Krabs. Dia selalu menyiapkan Krabby Patty sepenuh hati kepada pelanggannya. Selain itu, dia juga sering mengganggu Squidward yang bekerja di kasir.

Spongebob tinggal di sebuah rumah nanas di Bikini Bottom. Dia juga memiliki siput peliharaan yang bernama Garry. Selain itu, Spongebob juga memiliki berbagai macam hobi, seperti berburu ubur-ubur dan juga latihan karate bersama Sandy.

2. Squidward Tentacle



Squidward adalah seekor gurita sekaligus tetangga dari Spongebob dan Patrick. Dia memiliki sifat yang pemalas dan juga kurang ambisius dalam menjalani hidup. Dia juga paling benci apabila hari bersantainya diganggu oleh kedua tetangganya yang berisik.

Sehari-hari, Squidward bekerja sebagai penjaga kasir di Krusty Krab. Sayangnya, Squidward sering menampilkan ekspresi datar dan kadang tidak ramah terhadap pelanggannya. Meskipun demikian, Squidward sangat hobi bermain klarinet. Dia juga menganggap dirinya sebagai seorang seniman yang hebat. Squidward juga memiliki saingan utama sejak dia sekolah, yaitu Squilliam Fancyson.

3. Patrick Star



Bintang laut yang satu ini adalah teman baik dari Spongebob Squarepants. Meskipun Patrick seringkali lambat dan kurang paham dengan apa yang mereka bicarakan, Patrick adalah sahabat yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Spongebob. Dia juga sangat menjunjung tinggi arti sebuah pertemanan. Bisa dikatakan juga bahwa Patrick adalah karakter paling bodoh di Bikini Bottom karena sikap konyolnya.

Patrick tinggal di sebelah rumah Squidward, tepatnya di bawah batu besar. Sehari-hari, dia hanya menghabiskan waktu dengan tiduran dan bermalas-malasan di rumahnya. Dia juga selalu menunggu Spongebob pulang bekerja agar dia bisa bermain bersama. Selain itu, Patrick juga tidak perlu belanja karena semua perlengkapannya sudah dipenuhi oleh kedua orang tuanya.

4. Eugene H. Crabs



Eugene H. Crabs adalah kepiting pemilik restoran Krusty Krab dan tergila-gila dengan uang. Saking cintanya terhadap uang, Mr. Crabs menjadi sosok yang sangat pelit dan tidak rela mengeluarkan sepeserpun dari kantongnya. Mr. Crabs juga merupakan saingan berat dari Plankton, pemilik restoran Chum Bucket yang dagangannya tidak pernah laku. Mr. Crabs juga memiliki seorang putri yang bernama Pearl.

5. Garry The Snail



Garry adalah seekor siput peliharaan Spongebob. Uniknya, dia selalu mengeluarkan suara seperti halnya seekor kucing. Dia juga memiliki sifat yang pendiam dan juga baik. Selain itu, dia juga tidak suka mandi. Garry akan selalu berontak setiap kali dia hendak dimandikan.

Baca juga: Asal-Usul dan Kekuatan Anggota Fantastic Four

6. Sandy Cheeks



Sandy Cheeks adalah seekor tupai yang tinggal di dalam laut. Karena dia merupakan binatang darat, dia selalu memakai pakaian pelindung layaknya astronot yang berisi udara pada helmnya agar dia bisa bernafas di dalam laut. Selain itu, Sandy sangat menyukai karate dan adegan-adegan berbahaya yang memacu adrenalin.

Sandy berasal dari Texas dan kini tinggal di Bikini Bottom. Ia kemudian mejalin persahabatan dengan Spongebob. Dia tinggal di sebuah kubah akuarium yang kedap air dan berisi udara. Selain itu, rumahnya juga khas karena terdapat pohon yang besar. Sandy sendiri bekerja sebagai seorang ilmuwan di Treedome Corporation dengan bosnya seekor monyet.

7. Sheldon J. Plankton



Sheldon J. Plankton merupakan pemilik rumah makan Chum Bucket yang selalu sepi pengnjung. Dia selalu percaya bahwa jika dia mendapatkan resep milik Mr. Crabs, rumah makan miliknya pasti akan laku keras. Oleh sebab itu, Plankton selalu berusaha untuk mencuri resep Mr. Crabs dengan berbagai macam cara.

Sialnya, upaya Plankton selalu gagal dan berujung kesialan bagi dirinya. Plankton pun akhirnya mengubah restorannya menjadi toko Souvenir pada episode “New Leaf”. Plankton juga memiliki seorang istri yang berupa komputer bernama Karen.

8. Flying Dutchman



Karakter yang satu ini terlihat sangat kejam nih guys. Flying Dutchman adalah seorang hantu bajak laut yang suka menakut-nakuti siapapun. Dia terlihat seperti orang tua dengan jenggot yang panjang dan tidak memiliki kaki. Flying Dutchman berwarna hijau dan tinggal di sebuah kapal berhantu yang melayang di Bikini Bottom.

9. Mrs. Puff



Mrs. Puff adalah seekor ikan gembung yang menjadi pemilik sekaligus pengajar di sekolah mengemudi “Mrs. Puff Boating School”. Namun, Mrs. Puff sudah sangat lelah mengajari Spongebob karena muridnya selalu saja ceroboh dalam mengemudi.

10. Pearl Krabs



Pearl Krabs adalah anak dari Mr. Krabs dan sangat terobsesi menjadi cheerleaders sekaligus memiliki hobi untuk bersenang-senang dengan teman-temannya. Sayangnya, hobi Pearl sangat bertolak belakang dengan sikap Mr. Crabs yang pelit dan tidak mau mengeluarkan uang sepeserpun.

Pearl adalah salah satu siswi di Bikini Bottom High School dan tinggal bersama ayahnya. Dia juga menyukai berbagai macam perhiasan, tetapi keinginannya sering tidak terpenuhi karena ayahnya sangat pelit.

11. Mermaidman



Mermaidman adalah seekor ikan duyung tua sekaligus mantan pahlawan bertopeng yang diidolakan di Bikini Bottom. Saat ini, dia tinggal bersama dengan rekannya Barnacleboy di sebuah panti jomp Shady Goals. Meskipun sudah tua, Mermaidman juga masih sering beraksi di situasi darurat, meskipun performanya sudah tidak setangguh dulu. Dia juga sering pikun dan lupa memarkirkan mobilnya yang tidak terlihat.

Baca juga: 10 Karakter Teenage Mutant Ninja Turtle yang Paling Populer

12. Barnacle Boy



Barnacle Boy adalah partner dari Mermaidman. Meskipun usianya sudah tua, dia masih dianggap layaknya anak kecil oleh Mermaidman. Dia juga memiliki hidung yang mirip dengan Squidward hehe. Ketika masih muda, Barnacle Boy memiliki kekuatan super layaknya Mermaidman. Namun, kekuatannya saat ini tidak sehebat dulu.

13. Larry



Larry adalah seekor lobster yang memiliki tubuh yang kekar. Dia merupakan penjaga di pantai Goo Lagoon. Dia merupakan binaragawan dan juga sangat terobsesi dengan olahraga. Selain itu, dia juga sering terlihat mengangkat burble untuk melatih otot-ototnya.

14. Fred Rechid



Fred adalah ikan coklat yang sering muncul dalam cerita Spongebob. Dia juga merupakan pelanggan setia Krusty Krab. Yang paling unik adalah dia sering berteriak “Arrghh!” dan juga “KAKIKU”.

15. Karen Valencia Plankton



Karen Plankton adalah istri komputer Plankton yang diciptakan pada tahun 1972. Uniknya, Karen bisa menirukan perasaan manusia dan membantu Plankton mencuri resep rahasia Krabby Patty.

16. Patchy the Pirate



Patchy adalah seorang bajak laut yang sangat terobsesi dengan Spongebob. Dia juga memiliki seekor burung Beo yang bernama Potty. Keduanya selalu menonton kartun Spongebob di rumahnya. Selain itu, dia juga ditampilkan sebagai manusia dalam episode-episode tertentu.

17. Squilliam Fancyson



Squilliam Fancyson adalah gurita yang juga teman sekolah Squidward. Dia digambarkan sebagai sosok yan glamour dan sangat kaya raya. Hal itu yang membuat Squidward iri dan minder dengan Squilliam. Selain itu, Squilliam juga pandai memainkan musik dan berjiwa seni yang tinggi.

18. Manray



Manray adalah musuh utama Mermaidman dan Barnacle Boy. Dia memiliki tubuh yang berotot dengan kostum warna merah dan helm biru. Dia menguasai keterampilan bertarung dan mampu mengeluarkan sinar laser dari kedua tangannya.

19. Old Man Jenkins



Old Man Jenkins adalah orang tua yang dulu tinggal di Krusty Krabs sebelum diubah menjadi restoran. Saat ini, dia tinggal di rumah jompo Shady Shoals.

20. Strangler



Strangler adalah kriminal yang memiliki hobi mencekik targetnya. Dia juga pintar menyamar dan mengelabuhi Spongebob yang menjadi targetnya. Namun, rencananya untuk beraksi selalu gagal karena selalu aja ada gangguan.

Baca juga: 22 Daftar Transformasi Alien yang Pertama Muncul dalam Series Original Ben 10

21. Harold Squarepants dan Margaret Squarepants



Kedua karakter ini adalah orang tua asli Spongebob. Mereka berdua lebih terlihat seperti spons lain dibandingkan Spongebob yang kotak seperti spons dapur hehe.

22. King Neptune



King Neptune adalah raja lautan. Dia tinggal di Atlantis bersama dengan putrinya Mindy dan Ratu Amphitritre. Dia digambarkan sebagai seorang raja yang berbadan kekar dan mengenakan mahkota di kepalanya.

23. Johnny



Ikan yang berbentuk realistis ini serig muncul dan menjadi pembaca berita di Bikin Bottom. Biasanya yang tampak hanya bagian kepalanya dan kadang memakai pakaian lengkap seperti kemeja dengan jas dan juga dasi. Tetapi, kadang dia juga hanya memakai topi salju jika menyiarkan di musim dingin.

24. Reg



Karakter yang satu ini mungkin tidak asling lagi bagi kita karena sering menjadi bahan meme “seberapa greget lu”. Nah, ikan yang satu ini namanya Reg. Dia merupakan penjaga Salty Spiton dengan tato love bertuliskan mom di dadanya.

25. Nat Peterson



Ikan yang satu ini juga sering muncul dalam berbagai episode Spongebob. Namanya Nat Peterson. Di salah satu episode, dia pernah dibayar oleh Karen untuk menjadi pelanggan setia Chum Bucket.

26. Kevin the Sea Cucumber



Nah, Kevin adalah timun laut yang mengaku-aku sebagai pemimpin organisasi penangkap ubur-ubur yang terkenal, padahal dia hanya menipu. Dia juga memiliki sikap yang sangat takabur Padahal, kemampuannya tidak ada apa-apanya.               
Previous Post Next Post

Contact Form