Tips-Tips Memilih Wedding Venue yang Cocok Buat Kamu yang Mau Nikah

wedding venue
source: pixabay

Setiap orang pasti pengen merayakan pesta pernikahan karena itu adalah momen yang sangat berharga dalam hidup. Oleh karena itu, memilih wedding venue yang tepat merupakan salah satu hal penting yang penting untuk dipersiapkan oleh pasangan yang mau menikah.

Namun, kamu mungkin masih bingung untuk menentukan venue yang cocok buat kalian. Hal itu memang wajar karena pasti ada banyak pertimbangan yang perlu kamu pikirkan. Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memilih wedding venue yang cocok buat pesta pernikahanmu.

1. Tentukan konsep pernikahan

Sebagai permulaan, kamu bisa memikirkan konsep pernikahanmu nanti. Kamu dapat mendiskusikannya dengan pasanganmu terlebih dahulu. Mungkin, kalian menginginkan pesta pernikahan dengan mengusung konsep adat Jawa atau adat tradisional lainnya.

Atau mungkin, kalian lebih cocok dengan nuansa pernikahan yang lebih modern atau menggunakan gaya vintage. Selain itu, kamu juga bisa memikirkan, apakah kamu berniat menggelar pesta pernikahan secara in door atau out door?

Jika kamu sudah merasa cocok dengan konsepnya, kamu bisa menyesuaikannya dengan wedding venue yang cocok sesuai kriteriamu.

2. Pertimbangkan budget yang kamu miliki

Untuk mengadakan pesta pernikahan, tentu kamu membutuhkan budget yang enggak sedikit. Ingat, keperluanmu enggak hanya buat nikah aja, tetapi kamu pasti perlu mengatur biaya lain setelah menikah, seperti untuk honeymoon atau menabung untuk beli rumah.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mencari venue yang tepat dan pas dengan budget kamu. Buatlah pertimbangan yang sangat matang akan hal ini!

3. Perkirakan jumlah tamu undangan

Saat menggelar pesta pernikahan, tentu kamu akan mengundang tamu undangan, mulai dari teman atau relasimu hingga tamu dari kedua keluarga besar pengantin. Perkiraan jumlah tamu undangan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menentukan venue pernikahanmu.

Semakin banyak tamu yang kamu undang, kamu pasti membutuhkan tempat yang luas dan nyaman untuk semua tamu. Begitupun sebaliknya, jika yang kamu undang enggak banyak, kamu bisa memilih venue yang tak terlalu luas tetapi tetap menawarkan interior yang elegan.

4. Cari lokasi yang mudah untuk diakses

Tips berikutnya yang bisa kamu jadikan pertimbangan ialah lokasi wedding venue tersebut. Sebaiknya, kamu memilih wedding venue yang lokasinya gampang diakses oleh banyak orang atau dekat pusat kota sehingga tamu undanganmu enggak butuh waktu yang lama buat datang ke pesta pernikahanmu.

Jika lokasi pernikahanmu jauh, takutnya nanti para tamu undangan mereka datang terlambat akan mengeluh atau. Jadi, pertimbangkan ini baik-baik, ya!

5. Tanyakan fasilitas yang tersedia

Poin yang satu ini penting banget buat kamu lakukan. Biar kamu tambah yakin, kamu bisa menanyakan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh venue tersebut, seperti vendor rekanan atau biaya-biaya tambahan yang mungkin ada.

Biasanya, pihak venue telah mempunyai vendor rekanan yang ikut menyukseskan acara pernikahan, seperti vendor dekorasi atau catering. Jika kamu mempunyai vendor pilihan sendiri, kamu bisa mengkomunikasikannya terlebih dahulu dengan pihak venue.

Selain itu, jangan ragu-ragu yang untuk bertanya kepada pihak venue tentang hal-hal penting atau detail lain yang sekiranya mengganjal di benak kamu!

6. Usahakan survey lokasi terlebih dahulu

Meskipun poin ini sifatnya opsional, hal ini juga tak kalah penting  untuk dilakukan. Sebaiknya kamu datang ke lokasi terlebih dulu untuk memastikan venue yang kamu pesan sudah sesuai dengan harapanmu dan pasanganmu atau mungkin masih ada kekurangan yang perlu dilengkapi.

7. Jangan lupa booking lebih awal

Tips terakhir nih buat kamu yang penting banget. Jika kamu udah sreg dan cocok banget dengan venue pilihan kalian, lakukan pemesanan lebih awal. Takutnya, kamu nanti malah didahului pasangan pengantin lain yang ingin menyewa venue tersebut.

***

Nah, mungkin itu aja beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk menentukan wedding venue yang tepat dan sesuai buat pernikahan kamu nanti. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu ya sobat.

Previous Post Next Post

Contact Form