Daftar Film Spider-Man yang Paling Keren Sepanjang Masa


Spider-Man adalah salah satu superhero Marvel yang sangat populer di seluruh dunia. Superhero ini memiliki kekuatan super laba-laba dan ia bertarung melawan seluruh kejahatan yang ada di kota tempat tinggalnya. Selain itu, superhero ini memiliki slogan yang sangat terkenal, yaitu with great power comes great responsibility.


Sejauh ini, ada banyak film Spider-Man yang telah dirilis dan menuai pujian dari banyak fans. Berikut ini, MogiMogy ingin mengulas seluruh film Spider-Man yang paling keren dan recommended buat ditonton. Yuk, langsung kita bahas aja!


11. The Amazing Spider-Man 2 (2014)



Sekuel kedua dari The Amazing Spider-Man ini memiliki jalan cerita yang cukup bagus dan emosional. Setelah kematian ayah Gwen, Peter mulai menjauhi Gwen hingga mereka akhirnya memutuskan untuk berpisah karena ia tidak ingin menempatkan Gwen dalam bahaya.


Musuh utama dalam film ini adalah seorang pria bernama Max yang berubah menjadi Electro setelah mengalami sebuah kecelakaan saat memperbaiki kerusakan teknis di perusahaan Oscorp. Nggak hanya itu, Peter juga harus berhadapan dengan Harry Osborn yang sekarat dan berperan sebagai Green Goblin.


Film ini cukup seru karena melibatkan konflik dari berbagai sisi antara Max dengan Peter dan Harry yang ingin memburu Spider-Man. Selain itu, pergolakan hubungan antara Peter dan Gwen juga menjadi bumbu yang cukup membuat cerita jadi agak rumit. Sayangnya, film ini berakhir dengan ending yang sangat menyedihkan karena Peter gagal melindungi Gwen.


10. Venom: Let's There Be Carnage (2021)



Meskipun film ini tidak bercerita tentang petualangan Spider-Man, tak bisa kita pungkiri bahwa Venom adalah salah satu karakter penting dalam universe Spider-Man. Ia adalah musuh bebuyutan Spider-Man yang sangat populer hingga dia mendapat jatah filmnya sendiri.


Film ini melanjutkan kisah seru Eddie Brock setelah menjadi host dari Venom. Ia harus berhadapan dengan seorang pembunuh berantai bernama Cletus Kasady yang sangat kejam. Ia tanpa sengaja berubah menjadi Carnage setelah dia menggigit tangan Eddie ketika Eddie mengunjungi sel tahanannya.


Eddie mau nggak mau harus menanggung resiko atas kelalaiannya dan bertarung mati-matian melawan Carnage yang lebih kuat dari dirinya. Adegan dalam film ini lebih didominasi nuansa serius dan tidak terlalu mengandung unsur humor, berbeda dengan film yang pertama. Terlepas dari hal itu, film ini secara keseluruhan sangat menarik buat ditonton.


9. Spider-Man 3 (2007)



Jika dibandingkan sekuel sebelumnya, cerita dari Spider-Man 3 mungkin banyak mendapat kritikan dari para fans. Namun, cerita dari film ini juga tak kalah seru dan memiliki banyak hal-hal menarik yang disuguhkan dalam cerita.


Ada banyak konflik yang bermunculan dalam film ini, mulai dari kemunculan Sandman dan Venom hingga pertengkaran antara Peter melawan Harry dan Eddie Brock. Peter sempat dirasuki oleh Venom dan membuat dirinya menjadi liar dan jahat. Kostum Spider-Man miliknya juga berganti menjadi hitam dan tampak cool.


Namun, Peter akhirnya menyadari kejanggalan yang ada pada dirinya dan bisa terlepas dari Venom. Masalah baru kembali muncul ketika Venom memilih Eddie Brock sebagai host barunya. Karena sempat dipermalukan Peter, Eddie ingin menuntut balas dsn memiliki rencana yang licik untuk mengalahkan Spider-Man.


8. Venom (2018)



Film yang satu ini adalah film pertama dari Venom yang sangat menarik. Meskipun ia adalah musuh bagi Spider-Man, Venom pada dasarnya adalah villain yang menarik sehingga karakter ini bisa dieksplorasi lebih jauh dalam cerita.


Venom adalah alien symbiote yang bertahan hidup dengan memanfaatkan manusia sebagai host atau wadah. Venom pada akhirnya bertemu Eddie dan memutuskan untuk menjadikan Eddie sebagai wadahnya.


Keduanya memiliki hubungan yang sangat menarik dan tampak kurang solid pada awalnya. Eddie memiliki sisi yang baik, sedangkan Venom sangat liar dan ingin memakan manusia. Musuh utama Venom dalam film ini adalah Riot, symbiote yang lebih kuat dari dirinya. Ia dan Eddie harus bekerja sama untuk mengalahkannya.


7. The Amazing Spider-Man (2012)



Film yang diperankan oleh Andrew Garfield ini adalah sekuel pertama dari The Amazing Spider-Man. Film ini menyajikan nuansa yang berbeda dari film Spider-Man terdahulu dan karakter Peter Parker pun punya kepribadian yang lebih acak-acakan setelah dia ditinggal pergi oleh kedua orang tuanya.


Peter mendapatkan kekuatan Spider-Man setelah dia digigit laba-laba radioaktif pada saat ia menyelidiki lab khusus di perusahaan Oscorp. Setelah itu, dia mulai memiliki kemampuan super dan membuat ia perlahan bertarung sebagai Spider-Man. 


Peter dalam film ini tidak bisa menembakkan jaringnya dari pergelangan tangan secara langsung, tetapi dia harus menciptakan device khusus yang ia pasang di pergelangan tangannya. Peter juga harus berhadapan dengan Dr. Curt Connors yang terobsesi dengan kemampuan regenerasi reptil hingga dia mengubah dirinya menjadi Lizard.


6. Spider-Man: Homecoming (2017)



Homecoming merupakan salah satu film yang termasuk dalam serangkaian film MCU. Film ini bercerita tentang petualangan Peter Parker setelah dia terlibat konflik dengan Avengers selama pertempuran Civil War.


Peter Parker yang diperankan oleh Tom Holland ini memiliki sifat yang sangat naif dan masih perlu latihan sebagai pahlawan. Dari segi kedewasaan, dia masih cukup labil sehingga dia seringkali membuat masalah yang rumit karena dia salah mengambil keputusan.


Konflik yang disajikan dalam film ini sebenarnya cukup simple dan tak terlalu kompleks. Peter harus berhadapan dengan Adrian Toomes alias Vulture yang merupakan ayah dari pacarnya sendiri. Vulture juga terobsesi dengan teknologi Stark Industries sehingga dia berniat mengincarnya.


5. Spider-Man (2002)



Film pertama dari Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire merupakan salah satu film ikonik Spider-Man yang sangat populer pada masanya. Film ini menceritakan awal kisah Peter Parker yang digigit oleh laba-laba sehingga dia bisa menjadi Spider-Man.


Film ini cukup menyajikan momen-momen emosional, khususnya pada saat kematian Paman Ben yang membuat Peter merasa terpukul. Pesan terakhir dari Paman Ben membuat Peter terus melangkah maju dan dia terus melindungi orang-orang dari kejahatan.


Musuh besar Peter dalam film ini adalah Norman Osborn, ayah dari sahabatnya sendiri. Setelah melewati eksperimen militer yang masih dalam tahap uji coba, Norman memiliki perubahan kepribadian dan dia akhirnya menjadi Green Goblin yang sangat kejam dan tak berperasaan.


4. Spider-Man: Far From Home (2019)



Far For Home adalah sekuel kedua Spider-Man dalam serangkaian film MCU kedua yang mengambil timeline setelah insiden Blip dan kekalahan Thanos dalam Infinity War. Cerita dari film ini lebih rumit dan emosional dibandingkan film Homecoming.


Kematian Tony Stark membawa luka yang cukup dalam pada diri Peter. Dia sempat diberi kepercayaan oleh Tony Stark untuk memegang device khusus yang sangat canggih dan terhubung dengan Stark Industries. Peter awalnya mempertanyakan hal tersebut karena dia merasa tidak pantas menerima hal tersebut.


Namun, Peter membuat kesalahan besar setelah menyerahkan device itu kepada Mysterio yang ternyata hanyalah seorang penipu yang bertingkah sebagai Hero. Peter pun terlibat konflik dengan Mysterio dan mengalami masa-masa sulit karena Mysterio menggunakan teknologi canggih yang bisa menciptakan ilusi. 


Setelah melewati situasi sulit, Peter berhasil mengatasi ilusi yang diciptakan Mysterio. Kematian Mysterio di akhir film ini menjadi katalis yang memicu konflik dalam film Spider-Man: No Way Home.


3. Spider-Man 2 (2004)



Dari ketiga film Spider-Man yang diperankan Tobey Maguire, sekuel kedua inilah yang memiliki alur cerita paling seru dan banyak disukai oleh para penggemar. Film ini menyuguhkan aksi pertarungan yang sangat menegangkan sekaligus romansa manis antara Peter dan Mary Jane.


Dalam film ini, Peter harus berhadapan dengan ilmuwan bernama Otto Octavius alias Dr. Octopus. Ia memiliki tentakel kuat yang sangat liar dan sulit untuk dikendalikan. Selain itu, dia menjadi jahat setelah ia mengalami kegagalan dalam uji coba generator fusi yang membuat istrinya tewas dalam insiden itu.


Kekuatan Dr. Octopus terletak pada tentakel mekanisnya yang sangat kuat dan sulit untuk dihancurkan. Namun, dia berhasil disadarkan oleh Peter di akhir cerita dan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan kota dari kehancuran. Dalam film ini juga, Mary Jane mengetahui identitas asli dari Peter Parker sebagai Spider-Man.


2. Spider-Man: Into Spider-Verse (2018)



Di urutan kedua, ada film animasi Spider-Man yang dibuat dengan grafik yang sangat keren dengan berbagai efek yang luar biasa. Film ini berfokus pada seorang anak muda bernama Miles Morales yang sangat menyukai musik.


Kehidupannya sebagai remaja biasa perlahan berubah setelah dia digigit oleh laba-laba radioaktif yang memberinya kekuatan sebagai Spider-Man. Ia kemudian bertemu dengan Peter Parker dari universe lain dan terlibat konflik serius dengan Kingpin.


Nggak hanya itu aja, ada beberapa Spider-Man lain yang datang dari universe berbeda berkat eksperimen yang dilakukan oleh Kingpin. Mereka semua bekerja sama dengan Miles untuk menghentikan kegilaan Kingpin agar mereka bisa kembali ke universe asli mereka.


1. Spider-Man: No Way Home (2021)



Sejak trailer film ini dirilis, No Way Home telah menyita banyak perhatian dari para penggemar Spider-Man. Pada saat kematiannya, Mysterio mengungkap identitas Peter Parker sebagai Spider-Man kepada publik.


Hal itu membuat citra Peter Parker dan Spider-Man menjadi buruk di mata publik hingga ia dianggap sebagai pembunuh. Peter yang merasa frustasi kemudian datang menemui Dr. Strange agar penyihir hebat itu membuat seluruh orang lupa bahwa Peter Parker adalah Spider-Man.


Namun, aksi sihir Dr. Strange tanpa diduga memiliki dampak yang jauh lebih dahsyat. Ia telah membuka gerbang dari universe lain yang membuat musuh-musuh Spider-Man dari cerita film sebelumnya kembali muncul di universe Peter saat ini. Meski sempat berbuat kekacauan, uniknya Peter malah ingin menyelamatkan mereka dan memberi kesempatan kedua untuk mereka.


Kejutan dalam film ini nggak hanya berhenti di situ, kedua Spider-Man (Andrew Garfield dan Tobey Maguire) dari movie sebelumnya juga ikut hadir dalam film ini dan membantu Peter Parker muda untuk menyelesaikan konflik yang sedang dia hadapi. Yang jelas, film ini sangatlah seru dan sesuai ekspektasi karena banyaknya plot twist dalam cerita, termasuk ending film ini yang sangat emosional. Karena itulah, fans memberi rating yang sangat tinggi di IMdB untuk film ini.

Previous Post Next Post

Contact Form