Kenali Manfaat Diffuser dan Humidifier yang Membuat Ruangan Jadi Lebih Nyaman

diffuser dan humidifier


Memiliki ruangan yang nyaman di dalam rumah merupakan impian bagi semua orang. Ketika kita berada di sebuah ruangan yang nyaman, kita bisa jadi lebih rileks dan enjoy saat bekerja atau melakukan aktivitas tertentu.


Salah satu tips yang bisa dicoba untuk membuat ruanganmu jadi lebih nyaman dan fresh adalah dengan memasang alat diffuser dan humidifier. Apa itu diffuser dan humidifier?


Kedua alat itu sekilas mungkin tampak serupa serupa, tetapi kedua alat itu sebenarnya mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat aja yuk penjelasannya berikut ini!


Cara Kerja dan Manfaat Diffuser


Saat ini, penggunaan diffuser tengah menjadi sebuah tren yang diminati banyak orang. Selain berfungsi untuk membuat ruangan jadi lebih nyaman, alat ini juga bisa dijadikan dekorasi yang mempercantik ruangan di rumah.


Diffuser merupakan alat khusus yang bisa mengubah essential oil atau minyak esensial menjadi uap yang berbentuk kabut dan menciptakan efek aromaterapi yang wangi dan segar. Uap minyak tersebut akan menyebar ke seluruh ruangan dan membuat kita jadi lebih rileks ketika kita menghirupnya.


Diffuser biasa digunakan sebagai alat relaksasi. Dengan adanya alat ini, efek minyak esensial jadi bisa lebih optimal saat digunakan. Aroma wangi yang tersebar dari alat ini bisa merangsang indera penciuman dan sistem saraf sehingga efek aroma tersebut bisa mengurangi tingkat stress dan membuat pikiran kita jadi lebih tenang. Pikiran yang tenang dapat meningkatkan fokus kita dan menjaga mood kita dalam aktivitas sehari-hari.


Selain itu, aroma wangi dari alat tersebut juga membuat tidur jadi lebih nyenyak. Karena itulah, diffuser sangat cocok digunakan dalam ruangan untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan rileks. 


Supaya kita lebih aman saat memakai diffuser, alangkah baiknya kita membaca petunjuk pengggunaan secara seksama. Selain itu, kita perlu membatasi waktu penggunaan agar tidak terlalu lama dan secukupnya aja. Jangan lupa juga, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik ketika kita menggunakan diffuser!


Fungsi dan Kegunaan Humidifier


Meski hampir mirip dengan diffuser, humidifier memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Jika diffuser berfungsi untuk menciptakan efek aromaterapi, kegunaan utama humidifier adalah untuk menjaga kelembapan di sebuah ruangan.


Humidifier berfungsi untuk menyemprotkan air ke udara agar kelembapan di sebuah ruangan tetap terjaga. Alat ini sangat cocok digunakan di ruangan yang terletak di area dengan cuaca yang panas. Selain itu, humidifier juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.


Alat ini bisa membantu mengatasi iritasi atau gejala yang disebabkan oleh udara yang kering, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, dan sakit tenggorokan. Namun, penggunaan alat ini juga harus tetap sesuai prosedur agar alat ini bisa tetap aman dan nyaman digunakan.


Humidifier harus rutin dibersihkan karena humidifier yang kotor malah bisa memperburuk kualitas udara di ruangan. Selain itu, humidifier yang kotor bisa memicu perkembangan bakteri dan jamur dan berdampak buruk pada pernafasan. Karena itulah, humidifier sebaiknya dibersihkan tiga hari sekali dengan cara yang benar supaya perkembangan jamur dan bakteri bisa terhambat. 


Nah, mungkin itu aja penjelasan terkait diffuser dan humidifier yang bisa kamu coba di rumah agar kamu lebih santai dan rileks ketika berada di dalam ruangan. 


Yang jelas, kedua alat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda serta mempunyai keunggulan masing-masing. Jadi, jangan sampai salah ya sobat!

Previous Post Next Post

Contact Form