10 Pengguna Kenbunshoku Haki yang Paling Hebat dalam Cerita One Piece


Kenbunshoku Haki merupakan salah satu dari tiga jenis Haki yang muncul dalam cerita One Piece. Kemampuan tersebut memungkinkan pengguna untuk merasakan hawa kehadiran seseorang dan memprediksi gerakan lawan dalam pertarungan.

Lebih jauh lagi, pengguna Kenbunshoku mampu melihat sekilas ke masa depan. Mereka jadi sulit untuk diserang dan dihadapi dalam pertempuran. 

Berikut ini, MogiMogy ingin membagikan opini tentang 10 pengguna Kenbunshoku Haki yang paling hebat berdasarkan beberapa informasi yang telah diperlihatkan dalam cerita manga. Siapa sajakah mereka? Cek pembahasannya berikut ini!

10. God Usopp

Usopp pertama kali membangkitkan kemampuan Kenbunshoku Haki saat dia bertarung di Dressrosa. Saat itu, dia ingin menyelamatkan Luffy dan Law dari serangan Sugar. Tanpa dia duga, dia bisa melihat aura mereka secara jelas.

Berkat penglihatan tersebut, tembakan Usopp menjadi akurat dan bisa mengenai targetnya dengan tepat. Apabila Usopp terus mengasah Kenbunshoku Haki miliknya, keahliannya sebagai sniper akan menjadi jauh lebih hebat dalam memburu targetnya. 

9. Vinsmoke Sanji

Setelah berlatih selama dua tahun di Kamabakka bersama Ivankov, keahlian bertarung Sanji meningkat dengan sangat pesat. Bukan hanya tendangannya saja, dia juga mampu menggunakan Haki dalam pertarungan.

Dalam SBS Vol. 71, Oda pun menegaskan bahwa Sanji mempunyai keunggulan dalam penggunaan Kenbunshoku Haki. Dengan kemampuan tersebut, Sanji bisa dengan mudah menghindari tembakan Katakuri saat dia berada di altar pernikahan bersama Pudding. 

8. Rayleigh 

Jika berbicara tentang Haki, Rayleigh merupakan salah satu karakter yang paling capable. Dia menguasai ketiga jenis Haki. Selain itu, dia bisa menjatuhkan pasukan musuh dengan mudah saat dia berada di Sabaody.

Saat menggunakan Kenbunshoku Haki, Rayleigh bisa dengan mudah menghindari serangan gajah raksasa di Pulau Rusukaina. Selain itu, dia bisa menghitung estimesi jumlah binatang di pulau tersebut dengan mudah.

Baca juga: 10 Jurus Luffy dalam Mode Gear 5 yang Paling Keren dan Menarik

7. Fujitora 

Keahlian Fujitora dalam menggunakan Kenbunshoku Haki terlihat begitu jelas. Dia bisa melihat aura dari orang-orang di sekelilingnya. Berkat kemampuan tersebut, dia masih bisa bereaksi dengan lingkungan sekitarnya walaupun dia buta.

Tidak hanya itu, Fujitora bisa menerapkan kemampuan Haki dalam pertarungan. Dia mampu menghindari serangan musuh tanpa kesulitan. Selain itu, dia mampu mengeluarkan serangan yang destruktif dengan kekuatan gravitasi Zushi Zushi no Mi.

6. God Enel 

Di Skypiea, Kenbunshoku Haki lebih dikenal dengan istilah Mantra. Salah satu pengguna Mantra yang paling hebat adalah God Enel. Dia bisa mengkombinasikan kemampuan itu dengan kekuatan buah iblisnya, Goro Goro no Mi.

Enel mampu memprediksi pergerakan lawannya dengan mudah. Selain itu, dia mampu mendengar perkataan dari orang-orang yang ada di seluruh Skypiea. Dengan cara itu, dia bisa memberikan hukuman dengan mudah bagi siapapun yang menentangnya.

5. Kaido

Pada awalnya, Kaido terlihat sangat unggul dalam menggunakan Busoshoku Haki dan Haoshoku Haki. Akan tetapi, dia kemudian mengaku bahwa dia juga mampu melihat sekilas ke masa depan dengan Kenbunshoku Haki.

Pada chapter 1042, Kaido memperlihatkan kemampuan itu saat dia menghadapi Luffy dalam bentuk Snakeman. Dengan kemampuan tersebut, dia bisa menghindari serangan-serangan dari Luffy yang sangat cepat. 

Baca juga: Perkembangan Harga Buronan Vinsmoke Sanji dari Masa ke Masa

4. Monkey D. Luffy

Pengguna Kenbunshoku Haki terhebat berikutnya adalah Monkey D. Luffy. Setelah melewati pertarungan hidup dan mati melawan Katakuri, Luffy pun mampu melihat masa depan secara sekilas hingga dia menyamai level Katakuri.

Luffy juga beberapa kali menggunakan kemampuan tersebut selama pertempuran di Wano. Akan tetapi, dia lebih berfokus untuk meningkatkan kekuatan Busoshoku Haki dan Haoshoku Haki demi mengalahkan Kaido.

3. Charlotte Katakuri

Jika dibandingkan dengan Luffy, kemampuan Kenbunshoku Haki milik Katakuri tentu saja lebih hebat. Dia telah mengasahnya sejak lama hingga dia mampu menggunakannya dengan sangat terampil dalam pertarungan.

Saat menggunakan penglihatan masa depan, Katakuri membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kemampuan tersebut tidak akan efektif apabila fokusnya terganggu oleh lawan. Berkat kemampuan itu, dia jadi lawan yang sangat sulit untuk dikalahkan.

2. Yasopp

Yasopp merupakan penembak jitu dalam kelompok bajak laut Topi Jerami. Dalam One Piece Vol. 4000000000, terungkap informasi menarik bahwa dia mempunyai Kenbunshoku Haki yang jauh lebih hebat dibandingkan Katakuri.

Jika Katakuri hanya bisa melihat masa depan secara sekilas, Yasopp bisa melihatnya dalam kurun waktu yang lebih lama. Kemampuan tersebut memang belum diperlihatkan dalam cerita manga, tapi kita bisa melihat kemampuan Yasopp secara sekilas dalam film One Piece: RED.

1. Shanks

Sejauh ini, Shanks bisa diasumsikan sebagai pengguna Haki yang paling kuat dalam cerita. Kita bisa melihat cuplikan kekuatan Shanks dalam berbagai momen, seperti saat dia berhadapan dengan Shirohige atau saat dia mengintimidasi admiral Ryokugyu dengan Haoshoku.

Dalam Vol. 4000000000, Shanks dijelaskan mampu meniadakan kemampuan Kenbunshoku Haki milik lawan sehingga mereka tidak bisa melihat masa depan. Informasi tersebut bisa menjadi tolak ukur betapa kuatnya Haki yang dimiliki oleh Shanks

Meskipun masih sekedar asumsi dan teori, kemungkinan besar Shanks mampu melihat jauh ke masa depan. Hal itu bisa kita lihat saat dia meminta Shirohige untuk menghentikan Ace yang ingin memburu Kurohige. Dia sepertinya tahu bahwa akan ada insiden besar yang terjadi pada saat itu.

Baca juga: Mengapa Kaido Bisa Dikalahkan Oleh Luffy?

Previous Post Next Post

Contact Form