Mengapa Kaido Bisa Dikalahkan Oleh Luffy?


Kaido merupakan salah satu Yonko yang ditakuti dan dikenal dengan julukan makhluk terkuat di dunia. Dia memakan buah iblis Uo Uo no Mi Model: Seiryu yang membuat dia bisa berubah menjadi naga.

Bukan hanya itu saja, Kaido menguasai ketiga jenis Haki dan mampu mengkombinasikannya dalam pertempuran. Kekuatannya pun terbilang overpower hingga dia sangat sulit dikalahkan oleh Luffy pada awalnya.

Selama pertempuran di Wanokuni, Kaido dan Luffy bertarung dengan sangat intens hingga melewati beberapa ronde. Meskipun begitu, hasil akhir pertempuran tersebut sudah bisa ditebak, yaitu Luffy keluar sebagai pemenang.

Kekalahan Kaido mungkin terkesan dipaksakan, mengingat kekuatannya sangat besar. Namun, ada beberapa alasan yang membuat dia kalah. Beberapa alasan tersebut juga berkaitan dengan kesalahan Kaido pribadi.

Nah, apa sajakah itu? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

Terlalu Bermurah Hati Kepada Lawan

Meskipun Kaido dikenal sebagai bajak laut yang kejam, dia masih mempunyai sisi murah hati kepada lawan. Jika Kaido mau, dia bisa langsung menghabisi nyawa lawan. Namun, dia memberikan kesempatan kepada bajak laut yang telah dia kalahkan untuk menjadi bawahannya. 

Contohnya adalah kasus Kid dan Luffy. Mereka sempat ditahan di penjara Udon dan dipaksa untuk bekerja rodi. Bagi mereka berdua, hukuman itu masih lebih mending daripada tunduk terhadap Kaido.

Kebaikan hati Kaido tidak berhenti di situ saja. Dia punya kesempatan yang bagus untuk menghabisi Luffy saat dia bertarung di puncak Onigashima. Namun, dia malah membuangnya ke laut hingga Luffy diselamatkan oleh Bajak Laut Heart.

Meremehkan Luffy

Pola kekalahan Kaido cukup mirip dengan musuh-musuh Luffy sebelumnya, khususnya Crocodile. Mereka berdua sama-sama meremehkan kekuatan Luffy karena mereka melihat Luffy bukanlah ancaman serius.

Hal itu sebenarnya tidaklah mengherankan karena Kaido menyandang status Yonko sehingga dia merasa superior. Namun, sikap itu menjadi titik awal dari kehancurkan Kaido.

Baca juga: 6 Wilayah Kekuasaan Yonko yang Diketahui dalam Cerita One Piece

Kehilangan Banyak Stamina

Selama pertempuran di Onigashima, Kaido terlalu banyak bertarung hingga dia kehilangan stamina. Dia mungkin punya regenerasi yang mengesankan karena dia adalah pengguna Zoan. Namun, dia tetap saja mempunyai batas.

Kaido sempat bertarung melawan beberapa musuh, seperti Akazaya Nine, 5 Supernova, dan Yamato. Pertarungan tersebut memang dia menangkan, tetapi pertarungan tersebut membuat staminanya banyak terkuras.

Belum lagi, Kaido menggunakan kekuatannya untuk mengangkat pulau Onigashima dan memindahkannya ke Ibukota Bunga. Dari situ saja sudah bisa dilihat bahwa Kaido tidak bertarung dalam kondisi full power.

Kebangkitan Nika

Kaido sempat yakin bahwa dia sudah menghabisi Luffy dengan serangan terkuatnya. Namun, dia tidak menduga bahwa Luffy bangkit lagi dan mendapatkan kekuatan sekaligus wujud baru, yaitu Hito Hito no Mi Model: Nika & Gear 5th.

Kekuatan Nika sangatlah overpower dan berbeda dibandingkan buah iblis pada umumnya. Dengan kekuatan tersebut, Luffy mampu membanting tubuh Kaido dan mempermainkannya layaknya belut sawah.

Luffy juga mampu mengeluarkan serangan-serangan di luar nalar, seperti membesarkan ukuran tubuhnya, mengubah sekeliling menjadi karet, hingga memegang petir. Dia pun punya regenerasi super yang hebat.

Kaido sama sekali tidak berkutik di hadapan kekuatan baru Luffy. Andai dia masih berada dalam kondisi prima, dia mungkin bisa memberikan perlawanan. Namun, dia telah kehilangan banyak stamina sehingga dia pun K.O. walau dia mengeluarkan teknik terkuatnya.

Nasib Seorang Villain

Sejak awal, sudah menjadi nasib Kaido untuk kalah karena dia adalah musuh yang menjadi penghalang bagi Luffy. Bukan hanya itu saja, dia telah membuat rakyat Wano menderita selama bertahun-tahun.

Kekalahan Kaido memberikan dampak yang besar terhadap dunia One Piece karena keseimbangan lautan secara otomatis menjadi goyah. Selain itu, kekalahannya bisa memicu konflik yang lebih besar ke depannya.

***

Barangkali itu saja penjelasan tentang alasan di balik kekalahan Kaido. Makasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini!

Baca juga: 10 Fakta Menarik Silvers Rayleigh dalam Cerita One Piece

Previous Post Next Post

Contact Form