Mengenal Zankensoki, Empat Teknik Dasar Pertarungan yang Dikuasai Oleh Shinigami


Shinigami mempunyai tugas utama dalam membasmi para Hollow dan membimbing para jiwa agar mereka bisa meninggalkan dunia dengan tenang. Para Shinigami rata-rata memiliki energi spiritual yang sangat besar sekaligus keahlian bertarung tingkat tinggi.

Dalam bertarung, Shinigami menguasai empat teknik dasar yang dikenal dengan istilah Zankensoki. Zan mengacu pada teknik pedang. Ken berhubungan dengan pertarungan tangan kosong. So berhubungan dengan teknik pergerakan dan Ki mengacu pada Kidō.

Penjelasan lebih lanjut tentang hal itu bisa kalian lihat di bawah ini.

1. Zanjutsu

Zanjutsu merupakan seni keahlian berpedang sekaligus teknik dasar yang harus dikuasai oleh Shinigami. Jika mereka tidak menguasai teknik ini, mereka tidak akan mampu menggunakan Zanpakuto mereka secara maksimal dalam pertempuran.

Ada banyak Shinigami kuat yang sangat ahli dalam menggunakan pedang. Sebagai contoh, kita bisa melihat Zaraki Kenpachi yang bisa bertarung brutal dengan pedangnya. Dia bisa menebas musuh-musuhnya tanpa rasa gentar.

2. Hakuda

Berbeda dengan teknik sebelumnya, Hakuda merupakan sebuah teknik yang mengandalkan tangan kosong dalam pertarungan. Teknik ini mirip seperti taijutsu yang membutuhkan fisik yang kuat dan terlatih.

Salah satu pengguna Hakuda yang paling hebat dalam cerita adalah Sui-Feng. Dia mampu bergerak dengan kecepatan tinggi dan menyerang musuh tanpa senjata. Selain Sui-Feng, Mashiro Kuna juga lebih suka menggunakan serangan berbasis fisik daripada teknik berpedang.

Baca juga: 9 Variasi Teknik Cero yang Paling Menarik dalam Cerita Naruto

3. Hohō

Selanjutnya, ada teknik dasar bernama Hohō yang berfokus pada penggunaan kaki. Kecepatan sekaligus kelincahan menjadi kunci utama dari teknik ini. Bila seorang Shinigami menguasai teknik ini, pergerakannya jadi sulit untuk diprediksi oleh lawan.

Penerapan dari teknik ini bisa kita lihat melalui teknik Shunpo. Setidaknya, ada dua pengguna Shunpo yang paling hebat dalam cerita Bleach, yaitu Yoruichi Shihōin dan Tenjirō Kirinji.

4. Kidō

Kidō merupakan sebuah teknik pertarungan yang berbasis penggunaan mantra. Shinigami bisa menggunakan Reiryoku atau energi spiritual mereka untuk menciptakan sebuah mantra Kidō yang sangat berguna dalam pertempuran.

Kidō dibedakan menjadi dua kategori, yaitu Hadō yang berfungsi untuk menyerang dan Bakudō yang berguna untuk pertahanan. Selain itu, mantra Kidō juga mempunyai kode tertentu sesuai dengan tingkat kekuatannya.

Baca juga; 6 Anggota Baraggan Fraccion dalam Cerita Bleach

Previous Post Next Post

Contact Form