Tipe-Tipe Stand yang Ada dalam Cerita JoJo’s Bizarre Adventure


JoJo’s Bizarre Adventure merupakan salah satu manga dan anime petualangan yang sangat seru buat dinikmati. Dalam anime tersebut, ada sebuah kekuatan menarik yang disebut Stand. Kekuatan tersebut adalah manifestasi dari energi kehidupan seseorang.

Secara umum, Stand dapat dikategorikan ke dalam berbagai tipe berdasarkan kemampuan dan wujud. Untuk informasi selengkapnya, cek pembahasan dari MogiMogy berikut ini!

KLASIFIKASI BERDASARKAN KEMAMPUAN

Pemahaman tentang kemampuan Stand musuh sangatlah penting dan berguna dalam pertarungan. Setelah mengetahui karakteristik Stand milik musuh, seseorang bisa mengetahui cara yang tepat untuk menghadapinya.

Jika dilihat derdasarkan kemampuan, Stand terbagi ke dalam empat tipe sebagai berikut ini.

Close Range Stand

Sesuai namanya, Close Range Stand adalah Stand yang sangat unggul dalam pertempuran jarak dekat. Tipe ini biasanya mampu memberikan damage fisik secara langsung terhadap musuh. 

Selain itu, tipe ini kebanyakan mampu bergerak dengan cepat. Meskipun demikian, tipe ini cukup rentan saat berhadapan dengan musuh yang berada di luar jangkauannya. Contoh dari tipe ini adalah Silver Chariot milik Jean Pierre Polnareff atau Crazy Diamond milik Josuke.

Long Range Stand

Berbeda terbalik dengan tipe sebelumnya, Long Range Stand alias Remote Control Stand mempunyai keunggulan dalam pertarungan jarak jauh. Stand tersebut mampu bergerak beberapa kilometer dari lokasi pengguna. 

Tipe ini biasanya memanfaatkan jangkauan serangannya yang luas untuk menyerang musuh. Meskipun demikian, pengguna Stand tipe ini menjadi rentan terkena serangan jarak dekat. Salah satu contoh tipe Stand jarak jauh adalah Aerosmith milik Narancia.

Automatic Stand

Sesuai namanya, Automatic Stand adalah tipe Stand bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah pengguna. Stand tipe ini biasanya tidak terkoneksi secara langsung dengan pengguna sehingga pengguna tidak akan terluka saat Stand tersebut diserang oleh lawan.

Automatic Stand uniknya bisa dikategorikan ke dalam dua sub-tipe, yaitu Autopilot dan Posthumos. Tipe Autopilot mampu berpergian dalam jarak jauh tanpa kehilangan kekuatan, sedangkan tipe Posthumos mampu tetap bertahan walaupun penggunanya sudah mati.

Baca juga: Daftar Lengkap Serial JoJo's Bizarre Adventure Beserta Sinopsisnya

Range Irrelevant Stand

Range Irrelevant Stand termasuk tipe Stand yang sangat merepotkan untuk dilawan karena tipe ini tidak terpengaruh oleh jarak. Jadi, Stand ini bisa menyerang musuh dalam jarak dekat ataupun jarak jauh.

Stand tipe ini biasanya mempunyai kemampuan yang berhubungan ruang-waktu. Contohnya adalah The World milik DIO. Stand tersebut bisa memungkinkan DIO untuk menghentikan waktu sehingga dia bisa menyerang musuh secara bebas tanpa batasan jarak.  

KLASIFIKASI BERDASARKAN WUJUD

Selain dibedakan berdasarkan kemampuan, Stand juga bisa dikategorikan sesuai dengan wujudnya. Ada lima wujud Stand yang paling sering muncul dalam cerita JoJo’s Bizarre Adventure

Apa sajakah itu? Cek ulasannya di bawah ini!

Natural Humanoid Stand

Natural Humanoid Stand merupakan Stand yang berwujud seperti manusia. Stand tipe ini mampu menunjukkan ekspresi sesuai dengan penggunanya. Selain itu, tipe ini biasanya memiliki ukuran seperti manusia normal pada umumnya. 

Artificial Humanoid Stand

Berbeda dengan tipe sebelumnya, Artificial Humanoid Stand lebih mirip seperti robot yang mempunyai tubuh mekanik atau artifisial. Tipe ini biasanya tidak mempunyai mulut dan tidak bisa menunjukkan ekspresi.  

Natural Non-Humanoid Stand

Selain berwujud humanoid, sebuah Stand juga bisa berwujud sebuah objek tertentu, seperti bentuk kehidupan alami atau objek mati. Stand yang berwujud hewan atau tumbuhan bisa disebut dengan istilah Natural Non-Humanoid Stand.

Artificial Non-Humanoid Stand

Selanjutnya, ada Artificial Non-Humanoid Stand yang berwujud benda mati, seperti peralatan, barang mekanik, kendaraan, dan benda sejenisnya. Stand tipe ini bisa digunakan sebagai senjata pengguna secara langsung dalam pertarungan.

Phenomenon Stand

Selain keempat kategori sebelumnya, ada tipe menarik bernama Phenomenon Stand. Stand tersebut tidak mempunyai bentuk fisik dan menunjukkan sebuah fenomena supernatural. Selain itu, tipe ini bisa juga memungkinkan pengguna untuk mempunyai kekuatan super. 

Baca juga: 12 Pengguna Hamon dalam Cerita JoJo's Bizarre Adventure

KATEGORI SPESIAL

Meskipun tidak disebutkan secara resmi dalam cerita, ada beberapa tipe Stand yang bisa dibilang spesial. Stand berikut ini mempunyai karakteristik yang sangat unik dan ramai diperbincangkan di kalangan penggemar JoJo’s Bizarre Adventure.

Bound Stand

Bound Stand merupakan Stand yang terhubung dengan objek-objek tertentu, seperti alat transportasi atau boneka. Karena itulah, tipe ini bisa dilihat oleh orang-orang yang tidak mempunyai Stand. 

Stand ini bisa mengecoh musuh dalam pertarungan. Salah satu contoh tipe ini adalah Superfly milik Kanedaichi Toyohiro yang berwujud menara besi.

Colony Stand

Colony Stand termasuk tipe Stand yang sangat unik karena wujudnya terdiri dari koloni atau pasukan tempur. Tipe ini biasanya berwujud mungil dan berjumlah sangat banyak. Selain itu, tipe tersebut bisa menyerang musuh dari berbagai arah.

Ada beberapa contoh Colony Stand yang menarik dalam cerita, yaitu Bad Company milik Keicho Nijimura dan Sex Pistol milik Guido Mista. Karena kekuatan Stand tersebut terbagi sesuai jumlah, pengguna jadi sulit dilukai dalam pertarungan. 

Evolved Stand

Sesuai namanya, Evolved Stand merupakan tipe Stand yang mampu berevolusi menjadi lebih kuat. Stand bisa berevolusi secara alami layaknya seekor kupu-kupu yang mengalami metamorfosis, contohnya adalah Echoes milik Koichi yang berkembang dari ACT 1 hingga ACT 3.

Selain itu, Stand bisa berkembang lebih kuat berdasarkan faktor dari luar. Contohnya adalah pengaruh dari panah pembangkit Stand. Dalam cerita Vento Aureo, panah tersebut mampu mengaktifkan bentuk Requiem dari sebuah Stand.

Sentient Stand

Normalnya, setiap Stand bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh pengguna. Akan tetapi, ada sebuah kasus yang menunjukkan bahwa Stand mampu bergerak sesuai dengan kehendaknya. Stand tersebut bisa disebut sebagai Sentient Stand.

Salah satu contoh menarik dari Sentient Stand adalah Spice Girl milik Trish Una. Stand tersebut mampu melakukan tindakan tanpa perlu diperintah oleh Trish. Meskipun begitu, Stand tersebut masih mematuhi perintah dari si pengguna.

Shared Stand

Dalam kebanyakan kasus, setiap indivius hanya bisa mempunyai satu Stand. Uniknya, ada Stand yang bisa digunakan oleh lebih dari satu orang. Stand dengan karakteristik tersebut dikenal dengan istilah Shared Stand.

Sebagai contoh, kita bisa melihat dua buah tikus dalam cerita Diamond is Unbreakable. Kedua tikus itu berbagi Stand yang sama bernama Ratt. Selain itu, Cheap Trap juga bisa berpindah pengguna apabila pengguna sebelumnya tewas. 

Baca juga: 10 Stand yang Terkuat dalam Cerita Golden Wind

Previous Post Next Post

Contact Form